PENGERTIAN DAN CONTOH TANGGUNG JAWAB TERHADAP DIRINYA SENDIRI

I. Pengertian Tanggung Jawab

Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menaggung akibatnya.

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.

II. Makna Tanggung Jawab

Makna dari tanggung jawab itu sendiri ialah siap menerima kewajiban atau tugas. Dalam artian disini bahwa ketika seseorang diberikan kewajiban atau tugas, seseorang tersebut akan menghadapi suatu pilihan yaitu menerima dan menghadapinya dengan dedikasi atau menunda dan mengabaikan tugas atau kewajiban tersebut.

III. Contoh Tangung Jawab

Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri

Menurut saya, manusia mempunyai masalah sendiri-sendiri dalam kehidupan pribadinya. Mereka berbuat dan bertindak sesuai keinginannya, disini tanggung jawab akan dilihat dari apa yang dia kerjakan. Karena apa yang kita kerjakan pasti memiliki resiko untuk di tanggung dan di jalani, jika seseorang tersebut mampu menanggung resiko yang dia dapat dari apa yang di lakukannya dia telah memenuhi Tanggung Jawab tersebut terhadap dirinya.

Salah satu jenis Tanggung Jawab

Manusia itu berjuang adalah memenuhi keperluannya sendiri atau untuk keperluan pihak lain. Untuk itu ia menghadapi manusia lain dalam masyarakat atau menghadapi lingkungan alam. Dalam usahanya itu manusia juga menyadari bahwa ada kekuatan lain yang ikut menentukan, yaitu kekuasaan Tuhan. Jika kita berserah diri, bertawakal, berdoa, brikhtiar dan berusaha sekuat mungkin, setulus dan seikhlas mungkin Insya Allah apa yang kita inginkan dan cita-citakan akan tercapai. Dengan demikian tanggung jawab itu dapat dibedakan menurut keadaan manusia atau hubungan yang dibuatnya, atas dasar ini, lalu dikenal beberapa jenis tanggung jawab, salah satunya yatu :

1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri

Tanggung jawab terhadap diri sendiri menentukan kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi yang bermanfaat. Dengan demikian bisa memecahkan masalah-masalah kemanusiaan mengenai dirinya sendiri menurut sifat dasarnya manusia adalah mahluk bermoral dan beragama, tetapi manusia juga pribadi. Karena merupakan seorang pribadi maka manusia mempunyai pendapat sendiri, perasaan sendiri, berangan-angan sendiri, keinginan sendiri, perilaku yang berbeda-beda. Sebagai perwujudan dari pendapat, perasaan dan angan-angan itu manusia berbuat dan bertindak. Dalam hal ini manusia tidak luput dari kesalahan, kekeliruan, baik yang sengaja maupun yang tidak. Jadi, sehendaknya kita sebagai manusia yang bermoral mempunyai tanggungjawab yang penting yang patut kita terapkan dalam bemasyarakat.

Contoh Tanggung Jawab Terhadap diri sendiri

Misalnya sebagai seorang pelajar/mahasiswa kita haruslah mengerti dan menyadari posisi kita untuk senantiasa belajar dan mengerjakan segala pekerjaan rumah dengan penuh dedikasi, karena hal-hal seperti itulah yang akan mempengaruhi kesuksesan kita sendiri pada akhirnya. Hal-hal tersebut tidak ada kaitannya sama sekali dengan orang lain, karena yang menentukan jalan hidup kita, masa depan kita adalah kita sendiri dan juga tidak lepas dari doa orang tua terutama seorang ibu serta berkat Allah SWT yang memberi kita jalan yang terbaik dalam menjalani hidup.




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel