Klasifikasi Kingdom Plantae

Tumbuhan sebagai objek biologi diklasifikasikan dengan tujuan mudah untuk dipelajari. Kingdom plantae memiliki empat divisi yang mewakili anggota tumbuhan, yaitu :

Divisi Thallophyta (tumbuhan bertalus), tumbuhan yang struktur tubuhnya masih berupa talus (akar, batang dan daun semu atau tidak jelas). Contoh tumbuhan yang termasuk thallophyta adalah algae (alga).


Algae (alga)

Divisi Bryophyta (tumbuhan lumut), golongan lumut-lumutan dan digolongkan sebagai kormophyta, yaitu struktur tubuh sudah berkormus (akar, batang dan daun sejati). Contohnya lumut hati (hepaticae), lumut daun (musci) dan lumut tanduk.


Bryophyta

Divisi Pteridophyta (tumbuhan paku), golongan paku-pakuan dan digolongkan juga sebagai kormophyta, yaitu struktur tubuh sudah berkormus (akar, batang dan daun sejati). Tumbuhan paku terbagi menjadi empat subdivisio, yaitu Psilophyta (Psilotum sp.), lycophyta(Selaginella sp.), spenophyta dan pterophyta (Marsilea creanata, Asplenium nidus).


Pterydophyta

Divisi Spermatophyta (tumbuhan biji), kelompok tumbuhan yang memiliki biji sebagai alat reproduksigeneratif. Spermatophyta terbagi menjadi dua subdivisi, yaitu Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) dan Angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup). Gymnospermae terdiri dari empat famili, yaitu cycadinae (Cycas tumpii, pakis haji), gnetinae (Gentum gnemon, melinjo), coniferinae (Agathis alba, damar) dan ginkgoinae (Gingkgo biloba). Angiospermae terdiri dari dua kelas, yaitu kelas monocotyledonae (tumbuhan berkeping satu); contohnya padi, pisang, bambu dan kelas dicotyledonae (tumbuhan berkeping dua); contohnya pohon karet, mangga dan jambu.


Gymnospermae


Monocotyledon


Dicotyledon

sumber: wordbiology



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel