TANDA TANDA AKAN TERJADINYA TSUNAMI

Tsunami merupakan salah satu kejadian alam yang telah cukup menelan banyak korban. Sepanjang sejarah manusia, ada ratusan ribu orang meninggal dunia akibat gelombang laut pasang ini.

Tsunami Aceh pada 2004 merupakan satu peristiwa tsunami yang terhebat dan terbesar sepanjang sejarah manusia. Kurang lebih 230 ribu orang meninggal dunia akibat tersapu gelombang laut yang seketika menyapu daratan.

Di balik kengeriannya, tsunami pada dasarnya bisa diprediksi dengan tanda-tanda alam yang terjadi sebelum tsunami. Dengan mengetahui tanda-tanda terjadinya, kamu bisa meminimalisir korban yang terjadi akibat bencana tersebut.

1. Suara Gemuruh Tiba-Tiba

Jika kamu mendengar suara gemuruh entah darimana, kamu perlu waspada akan bahaya tsunami yang akan terjadi. Suara gemuruh ini terjadi akibat adanya pergeseran lempeng bumi di bawah laut.

Hal inipun sempat terjadi ketika tsunami Aceh dan Banyuwangi terjadi. Para saksi sempat mendengar adanya suara gemuruh yang hebat, namun tidak begitu dihiraukan. Beberapa menit kemudian, terjadilah tsunami hebat di tempat tersebut.

2. Surut Air Laut

Pada proses awalnya, tsunami ditandai dengan surutnya air laut secara tiba-tiba. Hal ini disebabkan terbukanya lempengan bumi di bawah laut, otomatis air laut akan mengisi ruang yang dibuat oleh lempeng bumi yang terbuka.

Nah, pada proses ini, orang-orang yang tinggal di pantai akan langsung pergi ke laut untuk mengumpulkan ikan. Inilah yang tidak boleh kamu lakukan! Mengapa? Karena ketika lempeng bumi kembali menutup secara tiba-tiba, gelombang besar akan segera terjadi dan menyeret orang-orang tersebut.

Inilah yang terjadi ketika Tsunami Aceh. Ketika air laut surut, orang-orang pantai berkumpul untuk mengumpulkan ikan. Sayangnya, beberapa menit sejak air laut surut, gelombang laut besar muncul dan mengejutkan orang-orang tersebut.

3. Tanda dari Hewan

Tanda berikutnya yang bisa kamu mengerti adalah tanda-tanda hewan yang tidak lazim dari biasanya. Pada tahap ini, kamu tidak akan melihat adanya aktivitas burung-burung camar yang biasanya muncul di area laut.

Umumnya, binatang-binatang ini akan cenderung menjauhi laut karena insting mereka akan bahaya yang terjadi beberapa waktu kemudian. Tingkah laku dan kehidupan binatang ini bisa kamu jadikan tanda akan terjadinya tsunami.

4. Gempa Bumi Hebat

Tanda yang paling vital bisa kamu dapatkan adalah terjadinya gempa bumi yang besarnya di atas 7.0 skala ritcher dan pusatnya berada di dasar laut. Memang, tidak semua gempa bumi berujung pada tsunami, tapi 2 karakteristik diatas bisa dijadikan acuan.

Baik tsunami aceh maupun tsunami Jepang, keduanya diawali dengan gempa bumi dahsyat yang berpusat di dasar laut. Apapun alasannya, kamu harus bijak menyikapi fenomena gempa bumi yang terjadi di daerahmu.

5. Aktivitas Laut Yang Berbeda dari Biasanya

Karena tsunami berasal dari laut, sudah otomatis laut akan memberikan tanda terjadinya tsunami. Beberapa menit sebelum adanya gelombang besar, akan ada gelombang-gelombang kecil yang menandai kembalinya air laut.

Jika kamu melihat kejadian di pantai, jangan langsung keburu galau. Larilah menuju dataran tinggi, pegunungan, ataupun perbukitan untuk menyelamatkan diri dari sapuan gelombang laut.




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel