Rumah Adat Provinsi Provinsi di Pulau sumatra, Nama, Gambar dan Penjelasannya

Keberagaman arsitektur hunian atau rumah berbagai suku di wilayah kepulauan nusantara pada masa silam merupakan sebuah anugerah khusus dari Tuhan Yang Maha Esa yang hanya dimiliki Indonesia. Anugerah ini tidaklah dimiliki negara-negara lain di belahan dunia manapun, sehingga patut kita sukuri, salah satunya dengan memperkenalkannya pada anak cucu kita agar ia tetap lestari tak lekang oleh waktu.

Rumah Adat di Pulau Sumatra


Keragaman arsitektur hunian suku-suku di Indonesia yang beragam dapat kita buktikan dengan banyaknya bentuk dan model rumah adat suku-suku di Indonesia dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Berikut ini kami akan secara lengkap membahas satu persatu rumah adat di Indonesia tersebut sebagai bahan pembelajaran bagi kita untuk mengenal khasanah warisan leluhur kita dalam bidang arsitektur. Selamat menyimak!

Rumah Adat Aceh


Nah salah satu rumah adat aceh salah satu yang mempunyai nama krong bade, Biasanya rumah adat ini banyak orang yang mengatakan dengan nama rumoh aceh. Krong bade merupakan dari sebuah rumah panggung dengan tetangga yang terdapat dibagian depan.

Bahkan untuk material dalam penyusunan bahkan ini hampir 100% yang berasa dari kayu. Adapun dari cara membuatnya, rumah ini akan dilakukan dengan angwur atau sembarangan.

Ini juga bisa dikombinasikan ritual lainnya, misalkan seperti hari yang baik, upacara kenduri, dan pemeliharaan material. Ini akan dilakukan dan hanya untuk mendapatkan rumah yang terlihat yang nyaman untuk ditempati.

Nah bagi masyarakat aceh, ini salah satu yang sangat berfungsi dan menjadi pemenuhan pada kebutuhan papan. Rumah krong bade akan mempunyai fungsi sebagai identitas budaya sendiri. Kendati begitu, ketika semakin jarang lagi untuk ditemukan rumah adat ketika berkunjung ke Aceh.

Selain itu karena biaya pembuatan yang cukup mahal apabila kita bandingkan dengan rumah modern, bahkan untuk biaya perawatan rumah bisa dibilang cukup besar.

Rumah Adat Sumatra Utara


Salah satu dari rumah adat sumatra utara merupakan salah satu yang mempunyai nama rumah bolon. Rumah adat khas suku batak, dulunya tempat tinggal 13 seorang raja yang sudah berkuasa di wilayah sumatra utara.

Nah adapun dilihat dari arsitekturnya, rumah balon terdiri dari beberapa macam, misalkan seperti rumah balon karo, rumah alon mandailing, rumah balon pakpak, dan rumah balon angkola.

Salah satu macam arsitektur rumah balon tersebut ini sangat dipengaruhi dengan kearifan dan kondisi alam sumatera utara yang terlihat cukup luas.

Nah salah satu bentuk rumah balon sendiri hampir sama dengan rumah adat sumatera yang lainnya, misalkan yang berwujud dengan rumah panggung dengan tangga bagian depannya.

Apabila ini dilihat nampak unik, jika dilihat dari atas rumah balon dan akan membentuk segi empat.Bentuk inilah yang bisa menjadi ciri khas dari semua jenis rumah balon,

Rumah Adat Riau


Salah satu dari rumah adat riau yang sudah mempunyai nama rumah adat selaso jatuh kembar atau balai selaso jatuh. Ini salah satu yang mempunyai nama rumah adat yang di peruntukan sebagai tempat tunggal untuk masyarakat melayu riau.

Dia sangat digunakan sebagai balai pertemuan di setiap adat, hanya untuk melakukan musyawarah atau rapat-rapat adat.

Padahal kendati ini sangat berfungsi untuk rumah tinggal, rumah adat selaso jatuh kembar dan tetaplah terbagi beberapa ruangan saja. Bahkan ini terdapat ruangan tempat bersila, yang akan digunakan sebagai pertemuan yang mempunyai ukuran begitu luas, ada kamar tidur, dan ada dapur.

Rumah Adat Sumatera Barat


Nah salah satu rumah adat sumatera barat yang bernama rumah gedang. Bahkan ini tidak ada yang tahu, sebetulnya rumah gadang ini mempunyai beberapa julukan dan masih banyak sekali dengan sebutan lainnya.

Misalkan seperti rumah bagonjong, rumah banjuang, dan yang terakhir rumah gadang. Pasti semua orang tau dengan adanya arsitektur ini, dan bentuk rumah yang satu ini. Di setiap penjuru kota, kita semua bisa melihat gambar rumah gadang di setiap rumah makan khas padang.

Salah satu rumah adat tradisional Minangkabau ini terdapat di bagian atapnya yang akan menjulang, misalkan seperti tanduk kerbau.

Nah selain itu metrik gometris yang akan menghiasi dengan dinding rumah adat dan tidak kalah dengan artistik.

Rumah Adat Kepulauan Riau


Nah salah satu nama rumah adat kepulauan riau yaitu rumah belah bubung. Ini merupakan yang dinamai, padahal ini mempunyai atau hubungan yang bisa terbelah menjadi 2 sama besar.

Ini juga sama seperti rumah adat melayu lainnya, rumah belah bumbung mempunyai wujud rumah panggung dengan tangga yang berada di sebelah depan. Jika ini di runut yang begitu dalam.

Rumah belah bubung sejatinya akan mempunyai beberapa jenis lain, yang di dasarkan dengan bentuk dari atapnya. Kalau perlu Anda ketahui rumah atap layar bisa dibilang dengan atap lebu, dan atap di bagian bawah akan di tambahkan dengan atap yang lainnya.

Rumah Adat Kepulauan Bangka Belitung


Nah salah satu dari rumah adat kepulauan bangka belitung yang mempunyai nama rumah panggung. Bahkan ini sesuai dengan namanya. Rumah panggung yang memiliki tiang-tiang hanya untuk menyangga dengan berdiri secara tegak dan lurus.

Rumah adat di indonesia dan ciri khasnya bangka belitung sebenarnya ini hampir sama dengan rumah adat provinsi lain di pulau sumatera, padahal sampai sekarang ini masih berkarakteristek melayu.

Rumah Adat Jambi


Rumah Panggung Kajang Leko adalah salah satu adat khas jambi, padahal ini terbuat dari bahan kayu dan terbagi menjadi 8 ruangan.
  1. Ruang pertama terkadang ini sangat berfungsi untuk beristirahat, bahkan ini bisa di gunakan untuk menyimpan air.
  2. Ruangan Kedua yaitu digunakan serambi depan yang berfungsi untuk penerimaan tamu khusus cowok.
  3. Ruangan ketiga serambi dalam yang akan di gunakan sebagai tempat tidur anak laki-laki.
  4. Dan ruangan keempat yang berfungsi sebagai kamar pernikahan atau kamar pengantin baru.
  5. Ruangan kelima digunakan sebagai tempat tidur, hanya untuk anak perempuan yang masih belum nikah.
  6. 6Ruangan ke enam laren yang akan digunakan untuk menerima tamu perempuan.
  7. Ruangan ketujuh yang akan digunakan sebagai tempat memasak makan sebagai tempat penyimpanan air.
  8. Dan yang terakhir ruangan kedelapan yang akan digunakan untuk dapur dan untuk memasak makanan.

Rumah Adat Sumatera Selatan


Rumah adat sumatera selatan terkadang ini banyak orang yang mengatakan rumah limas. Dengan dinamai demikian bentuk atap rumah ini sudah terlihat seperti sebuah limas dari segi arsitekturnya.

Karena rumah adat sumatera selatan memiliki lantai yang betingkat, bahkan ini bentuk atap yang hampir sama dengan limas.

Padahal rumah limas ini mempunyai luas 400 sampai 1000 meter. Bangunan ini akan didirikan di atas tiang kayu ulin yang cukup kuat dan tahan air

Rumah Adat Bengkulu


Rumah rakyat adalah rumah adat yang akan digunakan untuk tempat tinggal orang-orang bengkulu. Bahkan rumah ini akan terbagi menjadi beberapa ruangan. Barendo atau beranda yang akan dipakai untuk menerima tamu.

Rumah Bubungan lima sendiri akan terbagi menjadi 3 bagian utama, misalkan seperti rumah bagian atas, dan rumah yang bagian bawah.

Rumah Adat Lampung


Rumah adat lampung salah satu yang mempunyai nama Numou Sesat, nama tersebut yang berasal dari kata Nuwou yang artinya sesar yang berarti. Karena rumah ini akan banyak digunakan sebagai tempat perkumpulan kepada pengurus adar dan warga purwatin.

Kendati bukanlah rumah tinggal, Nuwou sesat akan tetap terbagi menjadi beberapa ruangan saja dengan memiliki fungsi tertentu saja, Nah salah satu diantaranya digunakan untuk musyawarah, dan bisa juga digunakan untuk beristirahat.

Bahkan tempat ini pernah digunakan untuk penyimpanan alat musik tradisional dan pakaian adat lampung. Bahkan rumah adat lampung mempunyai wujud rumah panggung dengan adanya tiang yang menopang dengan tegaknya bangunan.

Ya, ini saja yang bisa kami sampaikan tentang rumah adat di indonesia, semoga apa yang bisa kami sampaikan bisa bermanfaat untuk kita semuanya.




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel