Pengertian Peta, Pembagian, Perbedaan dan Interpretasi Peta

Pengertian Peta

Peta adalah suatu gambaran dari unsur-unsur alam dan atau buatan manusia, yang berada di atas maupun di bawah per-mukaan bumi yang digambarkan pada suatu bidang datar dengan skala tertentu.Hakikatnya peta adalah gambar dari berbagai fenome yang ada di bumi,sehingga peta adalah sumber informasi yang baik.

Bentuk-bentuk muka bumi memiliki sebaran yang berbeda-beda antara wilayah yang satu dengan wilayah lainnya. Konsep geografi yang mengkaji sebaran fenomena geografi dalam ruang dipermukaan bumi disebut konsep pola. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kajian pola dan bentuk muka bumi merupakan kajian tentang macam-macam bentuk muka  dan objek geografi lainnya serta sebaran dari masing-masing bentuk muka bumi dalam satu wilayah.

Bentuk-bentuk muka bumi ndi dalam peta tidak digambarkan kedalam bentuk yang sesungguhnya,tetapi di gambarkan dalam bentuk simbol. Oleh karena itu kita semua harus memahami simbol-simbol yang ada dalam peta agar kamu dengan mudah membaca atau menginterprestasi peta.

b.Interprestasi Peta

Interprestasi Peta merupakan merupakan membaca peta dengan cara  memaknai isi peta atas dasar simbol-simbol yang ada. Hal ini disebabkan penggambaran bentuk-bentuk mika bumi dan objek geografi lainnya dalam peta tidak digambarkan sesui dengan bentuk aslinya,tetapi digambarkan dalam bentuk simbol.

Kita ketahui bahwa simbol peta dapat dibedakan menjadi simbol titik, garis,bidang,warna dan simbol piktorial. Untuk dapat  membaca dan menginterprestasi peta dengan baik maka kita harus memahami terlebih dahulu arti dari masing-masing simbol.Dengan memahami arti simbol kamu dapat dengan mudah menginterprestasi objek-objek geografi dan sebaran dari objek-objek geografidalam peta.

c.Pembagian Peta dan Perbedaannya

 Peta terbagi atas 2 bagian yaitu peta umum dan peta tematik.

Ø  Peta umum adalah peta yang menggambarkan berbagai kenampakan permukaan bumi. Dalam peta umum simbol-simbol yang digambarkan mengikuti simbol-simbol konvensional (bebas) dan tergantung dari si pembuat peta. Penggunaan simbol yang berbeda ini biasanya dalam bentuk simbol warna. Sebagai contoh warna cokelat tua dalam peta umum menunjukan daerah pengunungan tinggi, sedangkan dalam peta tematik mempunyai arti yang lain tergantung dari tema peta tersebut.Didalam atlas sebagian besar isinya  berupa peta umum.Contoh Peta Sumatra, Peta Jawa,Peta Kalimantan sampai peta berbagai negara di dunia.

Ø  Peta tematik atau peta khusus adalah peta yang hanya menggambarkan satu fenomena geografi. Adapun contoh peta tematik dalam atlas antara lain Peta Iklim, Peta Kepadatan penduduk, Peta Hasil Bumi, dan Peta Hasil Tambang

Sumber:https://kumpulansebuahskripsi.blogspot.com/2014/09/contoh-makalah-geografi.html?m=1




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel