Pengertian Gerak Semu Harian Matahari Proses Terjadinya, Dampak dan Fungsinya

Banyak sekali fenomena alam yang kita jumpai di planet Bumi. saking banyaknya fenomena alam, sampai kita sendiri lupa itu termasuk fenomena alam ataupun bukan. Fenomena alam yang menakjubkan di bumi ada yang mempengaruhi kehidupan manusia, bersifat merugikan maupun tidak. Dalam satu hari saja, apabila kita perhatikan akan kita jumpai banyak seklai fenomena alam. Mulai dari proses terbentuknya embun di malam hari, matahari terbit, bulan menghilang, proses terjadinya awan, proses terjadinya hujan, proses terjadinya pelangi, matahari tenggelam, muncul bulan denganmacam-macam fase bulan yang berbeda dan lain sebagainya. Semua itu merupakan fenomena alam yang tidak merugikan bagi manusia. Ada pula fenomena alam lain yang bersifat merugikan bagi manusia, yang sering kita sebut dengan bencana alam, seperti jenis gempa bumi, gunung meletus, angin ribut, tanah longsor dan lain sebagainya.

Membicarakan mengenai fenomena alam, pernahkah kita berfikir mengenai pergerakan matahari sehari- hari? Matahari terbit dari sebelah timur dan tenggelam di sebelah barat. Pada tengah matahari matahari ada di atas kepala, kemudian merangkak bergerak ke barat hingga akhirnya terbena, seolah- olah matahari berjalan sendiri. Nah, pergerakan matahari sehari- hari inilah yang akan kita bicarakan dan kita bahas bersama dalam artikel ini, yaitu mengenai gerak semu harian matahari.

Pegertian Gerak Semu Harian Matahari

Pembahasan mengenai gerak semu harian matahari akan kita awali dengan [pengertian dari gerak semu harian matahari terlebih dahulu. Gerak semu harian matahari merupakan fenomena alam dimana matahari seolah- olah matahari terbit dari sebelah timur dan tenggelam di sebelah barat dan seperti matahari selalu berjalan ke arah barat. Gerakan ini seolah- olah dilakukan oleh matahari sehingga kita bisa selalu menebak waktu berdasarkan posisi matahari yang berpindah- pindah tempat. Selain itu kita juga bisa menebak waktu dengan melihat bayangan benda melalui posisi matahari yang berbeda- beda ini. Sebenarnya gerak semu harian matahari ini adalah akibat dari gerakan rotasi bumi. Jadi, bumi yang bergerak bukan matahari yang bergerak. Rotasi bumi sendiri merupakan gerakan perputaran bumi pada porosnya yang berlangsung dari arah barat ke timur.

Proses Terjadinya Gerak Semu Harian Matahari

Gerak semu harian matahari terjadi akibat adanya gerakan rotasi Bumi. Waktu bumi untuk melakukan satu kali rotasi (kala rotasi) adalah sekitar 23 jam 56 menit dan 41 detik. Tidak ada proses khusus terjadinya gerak semu harian matahari. Gerak semu harian matahari ini ada karena Bumi bergerak dari arah barat menuju ke timur, sehingga menurut kita yang mana posisinya sebagai pengamat di Bumi akan memunculkan kesan bahwa matahari lah yang muncul dari sebelah timur dan berangsur- angusr bergerak menuju ke arah barat. Gerakan semua harian matahari ini hanya berlangsung sekitar 12 jam saja, padahal rota Bumi memakan waktu hampir 24 jam. Hal ini karena belahan bumi yang menghadap matahari hanya 12 jam, sisanya membelakang matahari sehingga tidak terlihat gerak semu harian matahari.

Dampak Gerak Semu Harian Matahari

Gerak semu harian matahari adalah fenomena alam yang terjadi setiap harinya. Fenomena alam ini tidak merugikan namun tetap memberikan dampak bagi kehidupan manusia. Dampak yang ditimbulkan dari gerakan semu harian matahari tentu tidak lepas dari dampak rotasi Bumi. namun untuk lebih jelasnya, mari kita simak mengenai dampak rotasi Bumi bagi Bumi dan juga bagi manusia pada khususnya. Beberapa dampak dari rotasi Bumi antara lain sebagai berikut:

Penentuan waktu

Dampak yang paling utama dirasakan oleh manusia mengenai adanya gerak semu harian matahari adalah tentang waktu. Adanya jam di dunia ini bisa jadi berdasarkan gerakan semu harian matahari. Kita bisa membedakan waktu antara pagi, siang, sore dan malam karena adanya gerakan ini. Sebelum ada jam, orang- orang pada zaman dahulu hanya memanfaatkan posisi matahari serta bayangan benda yang dibentuk oleh cahaya matahari sebagai penanda waktu telah berubah. Sebagai contoh adalah penentuan waktu sholat ketika belum ada jam, maka digunakanlah posisi bayangan benda. Ada matahari naik sejengkal brarti masuk waktu dhuha, bayangan benda tepat di benda tersebut berarti sudah masuk waktu dzuhur, dan lain sebagainya. Maka dari itulah ada yang namanya jam matahari, dimana jam tersebut hanya memiliki satu jarum yang tidak bergerak. Yang bergerak adalah matahari hingga bayangannya menunjukkan angka jam yang tepat.

Adanya perbedaan waktu

Gerakan semua harian matahari juga menyebabkan adanya perbedaan waktu antara satu daerah dengan daerah yang lainnya. Tidak jauh- jauh, di Indonesia saja wilayahnya dibagi menjadi tiga daerah waktu, yaitu waktu Indonesia Barat, Waktu Indonesia Tengah dan Waktu Indonesia Timur. Hal ini karena letak wilayahnya berbeda masa ketika menjumpai matahari. Sebelah timur lebih dulu terkena sinar matahari daripada sebelah barat, sehingga selisih waktu Indonesia timur adalah 2 jam lebih dulu daripada waktu Indonesia barat.

Fenomena alam yang menakjubkan

Fenomena alam yang menakjubkan juga dapat terbentuk dari gerakan semu harian matahari, yaitu fenomena matahari terbit dan matahari terbenam yang selali menampakkan sensasi tersendiri berupa bayangan warna merah yang ada di langit. Kedua waktu ini selalu menjadi best moment di setiap harinya dan seringkali untuk diabadikan.

Terjadinya siang dan malam

Tanpa kita sadari ternyata waktu bekerja dan waktu istirahat kita terjadi karena pengaruh dari gerak semu harian matahari. Adanya siang dan malam adalah akibat dari rotasi Bumi dan juga akibat adanya gerakan semu harian matahari ini.

Nah itulah beberapa dampak yang ditimbulkan dari gerak semu harian matahari. Dampak- dampak tersebut selalu kita rasakan dalam kehidupan kita sehari- hari.

Fungsi Gerak Semu Harian Matahari

Adanya dampak yang ditimbulkan dari gerak semu harian matahari tentu juga dimanfaatkan manusia dengan sebaik- baiknya. Fungsi yang paling ditonjolkan dari gerakan semu harian matahari adalah mengenai perbedaan waktu. Jadi gerak semu harian matahari sangat dimanfaatkan oleh manusia untuk menentuak waktu maupun perbedaan waktu antara satu daerah dengan daerah lain.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai gerak semu harian matahari. Semoga materi ini bisa bermanfaat bagi kita semua.




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel