Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan

Buah Alpukat. Semua pasti pernah mendengarnya. Apa lagi jika disajikan menjadi jus yang dingin. Alpukat dengan bahasa Latin Persea Americana berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Ameika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia. Buah alpukat selain enak dan nikmat, ternyata buah alpukat juga mengandung banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Mari kita simak artikel berikut ini.


Manfaat Buah Alpukat

Menurunkan Berat Badan

Masih banyak masyarakat Indonesia yang sangat terkejut bahwa makanan tinggi lemak dan kalori ini dianggap baik untuk menurunkan berat badan. Namun penelitian telah membuktikan bahwa asam lemak tak jenuh tunggal sangat baik digunakan sebagai pembakaran energi dan tidak disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Energi pembakaran yang lambat dan tentunya adalah perasaan kenyang yang akan anda rasakan berhari hari sangat cocok untuk mengurangi rasa lapar dan nafsu makan bagi anda yang sedang diet.

Mengurangi Resiko Stroke

Kandungan asam folat dalam alpukat dapat melindungi dan mencegah penyakit stroke. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi asupan kaya folat memiliki resiko yang lebih rendah terserang stroke.

Mencegah Kanker

Alpukat kaya akan fitokimia yang telah dilakukan penelitian dapat membantu mencegah perkembangan kanker tertentu. Ilmuwan yang meneliti karakteristik kemopreventif alpukat menyimpulkan bahwa phytochemical dari buah alpukat adalah strategi diet yang sangat baik dalam pencegahan kanker.

Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Penelitian telah menunjukan bahwa konsumsi omega-6 merupakan faktor penting dalam penyakit kardiovaskular. Mereka menyarankan menurunkan asupan lemak tak jenuh ganda dan meningkatkan jumlah asam lemak tak jenuh tunggal dalam makanan yang kita konsumsi. Alpukat merupakan sumber asam oleat tak jenuh tunggal yang telah teruji dalam sejumlah penelitian dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam darah.

Mengatasi Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang sangat berbahaya, terutama karena perkembangan makanan sehat yang sudah semakin sulit kita dapatkan. Jika anda merasa sering lapar, haus, sering kencing, berat badan turun drastis, anda patut memeriksanya ke dokter. Alpukat dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik dalam darah). Menjaga asupan kolesterol ini akan sangat membantu mengurangi resiko terjadinya diabetes.

Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Alpukat merupakan salah satu buah yang menjadi sumber kalium cukup besar, yang membantu dalam mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat alpukat juga dapat menghaluskan kulit dan membantu mencerahkan agar kulit terlihat sehat alami. Alpukat juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda lain dari penuaan dini dengan kandungan karotenoid antioksidan, vitamin E yang membantu menjaga terhadap penuaan dari paparan sinar matahari serta vitamin C yang terlibat dalam penciptaan elastin dan kolagen untuk menjaga elastisitas kulit agar tetap kencang.

Mengobati Penyakit Radang Sendi dan Encok

Penyakit ini lebih sering menyerang Anda yang sudah mulai berumur. Osteoarthritisadalah penyakit yang menyebabkan peradangan sendi dan rasa nyeri yang hebat. Alpukat memiliki zat anti-inflamasi yang merupakan salah satu dari beberapa makanan yang dapat mengurangi rasa sakit pada rematik.
Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, pitosterol dan antioksidan seperti vitamin E, vitamin C dan berbagai zat karotenoid yang dapat membantu dengan mengurangi peradangan yang mengarah ke penyakit arthritis.

Membuang Radikal Bebas

Manfaat antioksidan dalam tubuh kita adalah untuk membuang radikal bebas yang mungkin dapat menyebabkan penyakit tertentu hingga kanker. Buah ini merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik untuk tubuh dalam mengeluarkan racun melalui keringat atau air seni kita.

Membantu Kesehatan Mata

Alpukat adalah sumber lutein karotenoid, yang dikenal untuk membantu melindungi kesehatan mata yang disebabkan oleh bertambahnya usia seperti degenerasi makula dan katarak.

Manfaat Untuk Kehamilan

Alpukat adalah sumber alami folat di mana yang sangat penting gabi perkembangan janin yang sehat. Versi sintetis asam folat direkomendasikan untuk semua wanita yang berencana mau hamil dan makan buah alpukat adalah pilihan yang lebih sederhana, enak dan alami.




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel