Macam Macam Pelanggaran Dalam Bola Basket Lengkap Dengan Penjelasannya

Pelanggaran Dalam Bola Basket Permainan Basket merupakan olahraga yang cukup digemari terutama oleh pada remaja. Sehingga olahraga ini sudah sangat familiar dan juga terkenal hingga ke penjuru dunia. Olahraga yang berasal dari Negara Paman Sam ini dilakukan oleh dua tim yang terdiri dari lima orang pemain. Olahraga ini dilakukan dengan cara melemparkan dan memasukkannya ke dalam ke ranjang atau ring.

Dalam olahraga ini tentu ada aturan main yang sudah ditetapkan dan harus dipatuhi, hal tersebut dilakukan untuk menghindari pelanggaran dalam bola basket ini. Oleh karena itu para pemain sebaiknya mengetahui hal tersebut untuk menghindari hal tersebut terjadi di dalam pertandingan. Maka dari itu, berikut ini ada ulasan singkat mengenai macam-macam pelanggaran bola basket.



Pelanggaran Dalam Permainan Bola Basket:
  • Pelanggaran teknik.
  • Pelanggaran tim.
  • Pelanggaran perorangan.
  • Travelling.
  • Offensive Foul.
  • Foul out.
  • Three second violation.
  • 24 second violation.
  • Defensive three second.
  • Offensive three second.
  • Pushing.
1. Pelanggaran teknik

Dalam permainan basket tentunya ada seorang wasit yang akan mengatur permainan tersebut. Jika ada salah satu pemain yang melakukan gerakan yang salah maka wasit wajib menegur pemain tersebut. Tetapi jika pemain tersebut tidak mengindahkan peringatan dari wasir atau malah melakukan protes maka pemain tersebut maka hal tersebut bisa disebut sebagai pelanggaran teknik. Pelanggaran teknik ini termasuk dalam macam-macam pelanggaran dalam permainan basket yang sangat dilarang untuk dilakukan. Jadi sebaiknya untuk para pemain tetap memperhatikan peringatan wasit dan jangan sampai melakukan protes yang berlebihan dan tanpa alasan yang pasti.

2. Pelanggaran tim

Pelanggaran dalam permainan bola basket selanjutnya adalah pelanggaran tim. Pelanggaran ini akan dikenai dan diberikan kepada setiap tim dalam setiap babaknya. Hal ini bisa dilakukan ketika tim sudah mengantongi lima poin sehingga wasit akan memberikan free throw kepada lawan.

3. Pelanggaran perorangan

Pelanggaran perorangan ini masuk dalam jenis pelanggaran dalam basket yang dilakukan oleh seorang pemain. Pemain akan dinyatakan melakukan pelanggaran apabila melakukan kontak fisik dengan pemain lawn yang bisa menyebabkan keributan dan kericuhan antar tim. Dalam permainan bola basket ini, pemain hanya diperbolehkan melakukan pelanggaran sebanyak empat kali foul. Jika sampai melebihi maka pemain akan langsung dikenai foul out yang akan membuat pemain tersebut dikeluarkan dari pertandingan yang tentunya akan berpengaruh dalam permainan timnya karena kekurangan pemain.

4. Travelling

Travelling ini bukan merupakan kegiatan liburan yang akan membuat pikiran Anda lebih fresh. Tetapi travelling ini termasuk dalam macam-macam pelanggaran dalam bola basket. Pelanggaran ini bisa terjadi jika pemain basket tidak menggiring atau mendribel bola basket dalam tiga langkah karena peraturan basket ini mengharuskan pemain untuk mendribel bola dalam tiga langkah. Pelanggaran ini cukup sering dilakukan mengingat manusia memiliki sifat pelupa. Oleh karena itu, bagi para pemain sebaiknya benar-benar mencermati dan mengetahui aturan dalam permainan basket ini sehingga dapat menghindari terjadinya pelanggaran yang akan merugikan pemain tersebut dan juga timnya.

5. Offensive Foul

Pelanggaran ini dapat terjadi apabila seorang pemain menabrak pemain lawan yang akan melakukan illegal pick atau pada posisi hand up. Hal tersebut tentunya tidak diperbolehkan karena mengingat hal tersebut termasuk hal curang dan juga dapat membahayakan pemain tersebut. Jika hal tersebut terjadi maka wasit akan meniupkan peluitnya sebagai tanda bahwa hal tersebut merupakan pelanggaran. Sehingga sebaiknya para pemain basket harus bermain secara sportif agar tidak melakukan pelanggaran dalam bola basket.

6. Foul out

Foul out masuk adalah salah satu macam-macam pelanggaran dalam bola basket. Pelanggaran ini bisa terjadi apabila seorang pemain melakukan foul sebanyak lima kali pada aturan FIBA dan enam kali foul pada NBA. Jika hal ini sama terjadi maka pemain tersebut akan dikeluarkan dari pertandingan tersebut sehingga akan berdampak pada permainan timnya.

7. Three second violation

Terdapat macam-macam pelanggaran bola basket yang salah satunya adalah three second violation. Pelanggaran ini bisa terjadi apabila terdapat pemain yang berada di area tembakan bebas dalam waktu sekitar tiga detik. Jika hal tersebut dilihat wasit tentunya wasit akan segera memberikan peringatan kepada pemain tersebut. Sehingga pemain tersebut tahu dan tidak mengulangi kesalahan tersebut kembali.

8. 24 second violation

Dalam permainan basket sebaiknya para pemain menghindari tindakan-tindakan yang bisa menyebabkan pelanggaran. Salah satu dari macam-macam pelanggaran dalam bola basket yang perlu dihindari adalah 24 second violation. Pelanggaran ini dapat terjadi apabila seorang pemain tidak melakukan shooting atau lay out ke ring lawan dalam dalam batas waktu 24 detik. Batas waktu tersebut sudah mengalami perubahan karena dulunya batas waktu yang diberikan adalah tiga puluh detik. Namun dengan berbagai pertimbangan maka aturannya dirubah menjadi dua puluh empat detik. Jika 24 second violation ini terjadi maka wasit memutuskan memberikan bola kepada tim lawan.

9. Defensive three second

Sebagai seorang pemain basket sudah menjadi hal wajib untuk mengetahui jenis jenis pelanggaran dalam bola basket. Hal tersebut bertujuan agar para pemain tidak melakukan berbagai hal yang dilarang dalam pertandingan basket yang akan memberikan dampak buruk baik bagi pemain itu sendiri, timnya maupun pemain lawan. Salah satu pelanggaran yang harus dihindari adalah defensive three second.

Pelanggaran ini terjadi akibat pemain berdiam diri pada wilayah timnya selama tiga detik ketika saat itu lawan akan melakukan offense. Jika hal tersebut terjadi maka wasit akan memberikan satu throw in pada tim lawan. Hal tersebut tentunya akan memberikan kerugian bagi tim tersebut. Jadi sebaiknya berhati-hati dalam melakukan setiap tindakan dalam pertandingan basket tersebut.

10. Offensive three second

Offensive three second merupakan kebalikan dari defensive three second. Jika defensive three second terjadi akibat seorang pemain berdiam diri di wilayah timnya selama tiga detik ketika lawan sedang melakukan offense. Maka offensive three second ini terjadi akibat dari seorang pemain yang berdiam diri selama tiga detik di wilayah lawan ketika lawan sedang melakukan defense. Jika hal tersebut terjadi maka wasit akan memutuskan memberikan bola ke depan tim lawan. Hal itu tentunya akan merugikan tim tersebut. Oleh karena itu, untuk menghindarinya para pemain harus benar-benar mengetahui macam-macam pelanggaran dalam bola basket tersebut. Jika sudah mengetahui hal-hal tersebut maka kesalahan-kesalahan yang sederhana tersebut bisa dihindari.

11. Pushing

Mungkin di semua pertandingan melarang seorang pemain mendorong pemain lawan. Begitu juga dalam pertandingan bola basket. Karena hal tersebut merupakan tindakan yang tidak sportif yang dapat membahayakan pemain yang didorong tersebut. Karena dorongan tersebut bisa saja menyebabkan cedera pada pemain tersebut. Oleh karena itu, dalam setiap pertandingan apapun pasti diharuskan untuk bermain secara sportif agar tidak menimbulkan kericuhan antara pemain. Sebaiknya juga setiap pemain harus mengetahui terlebih dahulu macam-macam pelanggaran dalam permainan bola basket yang merupakan ilmu dasar dalam olahraga ini.

Setiap pertandingan tentunya memiliki peraturan-peraturannya sendiri yang sudah ditetapkan di awal dan tidak boleh dilanggar. Hal tersebut juga berlaku bagi permainan basket. Dalam permainan ini seoarang pemain sebaiknya mengetahui terlebih dahulu macam-macam pelanggaran dalam bola basket yang tidak boleh dilakukan. Maka dengan begitu para pemain tidak akan melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan pelanggaran dalam pertandingan tersebut.




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel