Kisah Sejarah Dibalik Penamaan Planet Planet di Tata Surya Kita

Di dalam ilmu astronomipun diselipkan unsur-unsur pemuja berhala dahulu kala. Ini NYATA pada penggunaan nama-nama yang dijadikan istilah-istilah dalam Astronomi. Itulah agenda tersembunyi iluminati daam menyerapkan semua ajarannya dalam perkara apa saja yang mereka dapat. Sehingga nama-nama planet dalam sistem tata surya kita yang selalu kita sebut pun adalah nama kepada dewa-dewi yang dipuja oleh mereka.



Mercury Planet Utarid

Mercury adalah seorang utusan dan seorang dewa perdagangan keuntungan dan perdagangan anak, Maia Maiestas juga dikenali sebagai Ops versi Rom Rhea dan Jupiter. Dalam bentuknya yang paling awal, beliau nampaknya berkaitan dengan dewa Etruscan Turms, namun sebahagian besar ciri dan mitologinya dipinjam daripada analogi dewa Greece, Hermes.

Mercury sama seperti Hermes, membawa lambang perubatan, sebatang tongkat dengan dua ular yang terjalin yaitu hadiah Apollo untuk Hermes. Mercury juga dianggap sebagai dewa kelimpahan dan kejayaan komersil, khususnya di Gaul.

Planet Merkuri dinamakan seperti namanya dkarenakan Dewa Mercury dikatakan bisa terbang dengan sangat cepat. Begitu juga dengan Planet Merkuri ialah planet yang memiliki laju paling cepat dalam matahari dibandingkan dengan planet-planet lain.


Venus Planet Kejora


Venus adalah nama dewi Romawi kuno terutama berkaitan dengan cinta, keindaha dan kesuburan yang memainkan peranan utama dalam banyak festival keagamaan Rom dan mitos. Dari abad ketiga SM, meningkatnya Helenisasi kelas atas Rom dikenal pasti sebagai padanan dari dewi Greek Aphrodite. Venus merupakan pasangan kekasih Mars. Planet Venus dinamakan seperti namanya karea planet itu merupakan planet paling cantik.

Earth Planet Bumi


Beberapa sumber mengatakan bahwa Earth merupakan nama lain Dewi Gaia; dewi yang menjaga alam semesta dan memberi kemakmuran serta kehidupan. Mungkin nama itu diberikan kepada planet tempat kita bermukim karena di sini merupakan tempat yang memiliki sumber kehidupan yang paling penting yaitu air.

Gaia itu bermakna tanah, atau Bumi. gaia adalah primordial dewi di kuil dewa-dewi Greek kuno dan dianggap sebagai Ibu Dewi atau Dewi Agung.

Dia setara dalam kuil dewa-dewi Romawi yaitu Terra Mater atau Tellus. Romawi, tidak seperti orang Greek, tidak konsisten dalam membedakan Dewi Bumi (Tellus) dengan dewi Gandum (Ceres).

Mars Planet Marikh


Mars adalah dewa perang Romawi, putera Juno dan Jupiter,suami Bellona dan kekasih Venus. Dia adaah yang paling menonjol daripada tentara dewa yang disembah oleh legion Romawi. Romawi menganggapnya kedua terpenting setelah Jupiter (dewa utama mereka). Festivalnya diadakan pada bulan Mac ( dinamakan untuknya) dan Oktober.

Tidak seperti Greek, Mars umunya dihormati dan menyaingi Jupiter sebagai dewa yang paling dihormati. Beliau juga merupakan dewa yang menyerupai Rom. Dia dianggap sebagai ayah legenda penggagas Rom yaitu Romulus, diyakini bahwa semua orang Romawi adalah keturunan Mars.

Perang adalah identik dengan darah yang berwarna merah. Maka Planet Mars dinamakan sama seperti namanya karena planet itu berwarna kemerahan.

Jupiter Planet Musytari


Dalam mitologi Romawi, Jupiter atau Jove adalah raja para dewa dan dewa langit dan guruh. Dia adalah Zeus dalam kuil para dewa Greek.

Sebagai dewa pelindung Rom purba, dia memerinta atas hukum dan susunan sosial. dia adalah ketua dewa Capitoline Triad, dengan saudara/istri Juno. Jupiter adalah ayah dewa Mars dan Juno. Oleh karena itu, Jupiter adalah datuk Romulus dan remus, penggagas legenda Roma.
Dia adalah putra Saturn, bersama dengan saudara-saudara Neptune dan Pluto. Raja dewa ini juga dikatakan bertubuh gergaji, maka sesuailah namanya diletakkan pada planet Jupiter karena planet ini terbesar dalam sistem tata surya kita.

Saturn Planet Zuhal


Saturn adalah dewa Rom utama pertania. Pada abad pertengahan dia dikenali sebagai dewa Rom pertanian, keadilan dan kekuatan. Beliau memegang sabit di tangan kiri dan seikat gandum di tangan kanannya. nama ibunya adalah Helen.

Dia pertama kali diidentifikasi pada zaman klasik Greek dengan dewa Cronus dan mitologi dari dua dewa yang biasanya dicampur. Istri Saturn ialah Ops(setara Rhea dalam mitos Romawi). saturn adalah ayah Ceres, Jupiter, Pluto dan neptune. Saturn selain digunakan sebagai nama planet Saturn (zuhal), juga digunakan pada hari saturday (Sabtu).

Uranus Planet Uranus


Uranus adalah bentuk Latin Ouranos, sebutan greek untuk langit. Dalam mitologi Greek Ouranos atau Bapa Langit, wujud sebagai anak dan suami dari Gaia, Ibu Bumi. uranus dan Gaia adalah nenek moyang dari sebagian dewa-dewi Greek, tetapi tidak ada kultus langsung di masa klasik.

Kebanyakan orang Greek menganggap Uranus sebagai primordial (protogenos), dan tidak memberinya asal-usul. Di bawah pengaruh ahi filsafah, Cicero, dalam De Natura Deorum (The Nature og the Gods), mendakwa bahwa dia adalah keturunan dewa-dewa kuno Aether dan Hemera, Udara dan Hari.

Menurut nyanyian rohani Orphic, Uranus adalah putra personifikasi malam, Nyx. Persamaannya dalam mitologi Romawi yaitu Caelus, yaitu kata lain untuk langit.

Neptune Planet Neptune


Neptune (Latin : Neptunus) adalah dewa air dan laut dalam mitologi romawi, saudara kandung Jupiter dan Pluto. Dia adalah sama tapi tidak identik dengan Poseidon dewa mitologi Greek. Konsep Rom Neptune berhutang besar kepada dewa Etruscan Nethuns. Untuk beberapa waktu ia dipasangkan dengan Salacia, dewi air garam.

Neptune berkaitan dengan air segar, sebagai lawan kepada Oceanus, dewa dunia laut. Seperti Poseidon, Neptune juga disembah oleh orang-orang Romawi sebagai dewa kuda, di bawah nama Neptune Equester pelindung pacuan kuda.

Planet Neptune mempunyai lautan air yang sangat luas, sesuai dengan Dewa Neptune yaitu Dewa Air dan Lautan.




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel