FAKTA FAKTA MENARIK TENTANG ASIAN GAMES 2018

  • Untuk pertama kalinya Asian Games ke-18 tahun 2018 diadakan di dua kota, yaitu di ibu kota Jakarta (yang kedua kalinya sejak tahun 1962, pada Asian Games yang ke-4) dan Palembang, ibu kota provinsi Sumarera Selatan. Asian Games 2018 awalnya akan diadakan di Hanoi, Vietnam, tetapi tidak jadi karena masalah finansial. Cabang olahraga juga nanti akan diadakan di tempat-tempat di Jawa Barat, yaitu di Bandung, Bogor, Bekasi, Cikarang, Subang, dan Depok.
Hasil gambar untuk jakarta palembang

  • Obor Asian Games akan dinyalakan pertama kali di stadiun Mayor Dhyan Chand di New Delhi, India, yang menjadi tempat pertama Asian Games. Api kemudian dipindahkan dengan pesawat terbang, dan diarak kelliling ke 12 provinsi dan 36 kabupaten dari tanggal 18 Juli sampai 18 Agustus 2018 menggunakan mobil, kapal, dan pesawat. Obor akan berakhir di Stadiun Nasional Bung Karno, Jakarta.

  • Maskot resmi Asian Games 2018 terdiri dari tiga hewan yang berbeda yaitu Bhin Bhin (burung cendrawasih), Atung (rusa Bawean), dan Kaka (badak Jawa) yang ketiganya melambangkan keragaman Indonesia dan kekayaan alam juga menyimbulkan tiga nilai penting dari olah raga. Bhin Bhin adalah burung surga (Paradisaea Apoda) melambangkan strategi. Atung adalah rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang menyimbulkan kecepatan dan ketangkasan. Kaka adalah badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang melambangkan kekuatan. Masing-masing maskot memakai pakaian khusus yang diambil dari pakaian tradisional Papua, Jakarta, dan Palembang.


  • Ada 42 cabang olah raga yang dilombakan dan ada 10 cabang olah raga baru, yaitu Panjat Batu (Rock Climbing), Paralayang, Kurash, Sambo, Jiu Jitsu, Pencak Silat, Jet Ski, Bola basket 3 pemain, Bridge, dan olah raga Roller (skateboard dan roller skating)

  • Ada sekitar 10.000 atlet dari 42 negara yang akan berlaga di Asian Games 2018. Selaman Asian Games para atlet ditempatkan di 10 wisma atlet di Kemayoran Jakarta Pusat dan 5 wisma atlet di Konplek Olah raga Jakabaring, Palembang.
  • Asian Games 2018 menghabiskan dana Rp. 5,5 trilion yang sebagian besar dialokasikan untuk pembaruan fasilitas olahraga dan pembangunan infrastruktur di Jakarta dan Palembang.
Hasil gambar untuk pembangunang jakarta palembang
  • Fasilitas baru pendukung Asian Games 2018 adalah LRT, Jakarta Velodrome, dan pusat pacuan kuda.

  • Atlet tertua dalam Asian Games 2018 adalah Lee Hung Fong dari Malaysia yang telah berusia 81 tahun.
Hasil gambar untuk Lee Hung Fong
  • Atlet termuda dalam Asian Games 2018 adalah atket skateboard bernama Nurmen Amri yang masih berusia 11 tahun.
Ian Nuriman Amri (foto: Instagram @ian_pg77)




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel