Contoh Soal Latihan Soal Toefl Terbaru dan Pembahasannya

Hari ini kita akan sedikit membahas tentang soal Structure and Written Expression tes TOEFL. Tes Structure and Written Expression terdiri dari 40 soal dan dikerjakan selama 25 menit. Banyak yang bertanya mengapa waktu yang diberikan begitu singkat, tidak seperti Listening atau Rading yang alokasi waktunya 55 menit. Jawabannya adalah, karena tes Structure and Written Expression ini adalah bagian termudah dari tes TOEFL, sehingga pengerjaannya lebih cepat. Banyak yang beranggapan bahwa jenis soal seperti sangat sulit, karena sebenarnya ada beberapa hal yang kurang dipertimbangkan dalam pengerjaan Structure and Written Expression, diantaranya:
1. Structure atau Grammar dalam Bahasa Inggris tidak akan pernah berubah, sehingga ketika sobat sudah menguasai suatu sub bab (multiple clause sentence, misalnya), maka besar kemungkinan sobat akan dapat mengerjakan soal yang berhubungan dengan multiple clause sentence tanpa kesulitan yang berarti.
2. Soal Structure and Written Expression sangat tipikal, yang artinya sobat akan terus menemui jenis soal yang sama dan familiar seperti Subject-Verb agreement, penggunaan gerund, penggunaan past participle, multiple clause sentence, conjunction, dsb. Yang berbeda hanyalah kalimat soal, namun strategi dan rumus yang digunakan tetaplah sama.
3. Faktanya, dua elemen yang paling mendasar dari Bahasa Inggris adalah Subject dan Verb, dan sebagian besar soal akan berfokus pada penggunaan dua elemen ini.
4. Dalam Bahasa Inggris sangat umum diketahui bahwa ada kombinasi yang diperbolehkan dan ada kombinasi yang tidak diperbolehkan, misal: Noun harus dikombinasikan dengan Adjective atau Reference, atau quantifier, namun tidak dengan Adverb, dst.
Jadi, kombinasi yang mungkin untuk Noun adalah
Adj + Noun seperti pada Beautiful girl
Reference + (Adjective) + Noun seperti pada That (beautiful) girl
dst.


Oke, sekarang mari kita mulai dengan beberapa contoh soal. Karena alasan copyright infringement dan segala keruwetannya itu, kak Ross putuskan untuk membuat contoh sendiri saja. Contoh yang ada mungkin tidak begitu bagus, tapi cobalah fokus pada penjelasan mengenai grammar nya.


1. Sun ________ from the East
a. it rises
b. is rising
c. which is rising
d. rises


Pada contoh ini, kita akan me-refer ke rule pertama pengerjaan structure and written expression.
Rule #1
Selalu pastikan bahwa sebuah kalimat setidaknya memiliki sebuah Subject dan sebuah Verb, selain ini disebut sebagai Complement dan sifatnya tidak wajib. Jika tidak ada salah satunya, maka kalimat tersebut salah secara gramatikal.
Pada contoh diatas, sudah terdapat sebuah Subject yaitu "Sun", namun kalimat ini belum memiliki Verb sehingga kemungkinan jawabannya adalah B dan D
Jawaban A pasti salah karena double Subject Sun dan It
Jawaban C pasti salah karena kalimat ini hanya memiliki satu klausa dan tidak membutuhkan connector "which"
Jawaban: D


Dalam kasus soal diatas, kalimat tersebut menjelaskan sesuatu yang sifatnya adalah fakta umum sehingga Verb yang paling tepat adalah Simple Present Tense, bukan Simple Continuous Tense.


2. Orang utans spend their time foraging in the jungle and ___________ for food they happen to find.
a. look
b looking
c. the look
d. looks


Pada contoh ini, kita akan me-refer rule mengenai penggunaan Conjunction (and/or)
Selalu pastikan bahwa apa yang ada sebeum dan setelah Conjunction setara.
Misal:
N (conjunction) N
V (conjunction) V
Gerund phrase (conjunction) Gerund phrase
dst


Karena sebelum conjunction "and" andalah sebuah gerund phrase "foraging the jungle", maka setelah conjunction "and" juga harus berupa gerund phrase "looking for food they happen to find"
Maka jawabannya adalah B


3. The man __________ a picture is my father
a. take
b is taking
c. who takes
d. took


Pada contoh ini, kita akan mengacu pada aturan penggunaan multiple clause dalam Bahasa Inggris. Diawal tulisan ini sudah dijelaskan bahwa sebuah kalimat tidak boleh memiliki dua verb, kecuali kalimat tersebut dibagi menjadi klausa yang berbeda. Dalam kasus ini, kita harus menggunakan connector.
Jawaban untuk soal diatas adalah C, karena C adalah satu-satunya jawaban yang memiliki connector "which"
Ada dua klausa di kalimat tersebut yaitu:
1. The man takes a picture
2. The man is my father
hence,
The man who takes a picture (clause 1) is my father (clause 2).
Jawaban A salah karena double verb take dan is
Jawan B salah karena double verb is taking dan is
Jawaban D salah karena double verb took dan is, serta konteks Tense yang tidak sesuai


4. Held at the Town Hall ___________ of traditional carving produced by local home industry
a. an exhibit
b. which is an exhibit
c. is an exhibit
d. an exhibit is


Pada contoh ini, kita akan mengacu pada aturan Reversed Subject and Verb dimana posisi Subject dan Verb dibalik dalam sebuah kalimat. Pada contoh diatas, sobat dapat melihat bagaimana kalimat Bahasa Inggris biasanya berupa kombinasi
S+V+C (O, Adv, gerund phrase, to infinitive phrase, etc)
Namun dalam contoh tersebut, posisi awal ditempat oleh Adverb of Place "Held at the Town Hall". hal ini lah yang membuat posisi Subject dan Verb dibalik (reversed) menjad Verb+Subject. Jawaban bagi soal ini adalah C, is an exhibit dimana is menjadi Verb dan an exhibit adalah Subject bagi kalimat tersebut. Ingat, setiap Subject diletakkan bukan di depan bersamaan dengan Verb, besar kemungkinan bahwa letaknya harus di reverse.


5. The pool is surrounded on __________ the verandas on the second floor.
a. the sides
b. its sides are
c. four sides by
d. the side of


Pada contoh ini kita akan mengacu pada aturan penggunaan kalimat pasif (passive voice). Di Bahasa Inggris sendiri terdapat kalimat aktif seperti:
Andi (S) takes (V) the book (O)


Dalam kalimat pasif, Object kalimat aktif tersebut menjadi Subject dan Subject kalimat aktif akan diubah menjadi Object atau dihilangkan.


Rumus kalimat pasif sendiri adalah:
S+Finite to be+Past participle + [by+O]


by+O sifatnya optional sehingga bisa dihilangkan. Sehingga versi pasif dari kalimat aktif "Andy takes the book" adalah "The book is taken by Andy".


Kembali ke soal. Pada contoh tersebut ada Subject, Finite to be, Past participle dan Object sehingga sudah bisa ditebak bahwa kita harus menggunakan aturan passive voice. Karena Subject dan Object sama-sama disebutkan dalam kalimat, maka kita akan membutuhkan "by", dan satu-satunya pilihan yang mengandung by adalah pilihan C "four sides by"
Sobat tidak perlu bingung dengan kata four sides. Kata ini adalah lanjutan dari preposition "on" yang menerangkan tempat (Adverb of Place), dan adverb sendiri letaknya bisa di depan, tengah, atau akhir kalimat.
sumber: brita



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel