7 Negara yang Memiliki Keterkaitan Sejarah yang Sangat Erat dengan Indonesia

Sebagaimana yang kita ketahui, Indonesia memiliki sejarah yang amat panjang. Mulai dari zaman prasejarah, kerajaan, sampai menjadi kesatuan Republik Indonesia seperti saat ini. Sejarah juga mencatat, bahwa ada beberapa negara yang memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan Indonesia, baik dari zaman ribuan tahun silam hingga saat ini. Sulit dipercaya memang jika ternyata negara Indonesia memiliki keterkaitan dengan negara lain yang letaknya bahkan jauh dari Indonesia. Nah, kira-kira negara mana sajakah yang dipercaya merupakan yang memiliki keterkaitan sejarah dan dipercaya merupakan keturunan dari orang Indonesia? 

1. Suriname


Mungkin nama Negara Suriname masih sangat asing di telinga kita. Suriname merupakan negara di benua Amerika Selatan yang pernah dijajah oleh Belanda pada abad ke 17. Jumlah penduduk di negara ini hanya mencapai kurang lebih 533.000 orang. Sangat jauh jika dibandingkan Indonesia yang jumlah penduduknya kurang lebih mencapai 260 juta orang. 

Hubungan Suriname dengan Indonesia bisa diibaratkan seperti adik-kakak. Karena sebagian dari penduduk Suriname merupakan keturunan dari Indonesia. Sebanyak 14,7 % penduduk Suriname merupakan keturunan Jawa. Dan 13,5 % penduduknya beragama Islam. Keterkaitan antara Suriname dan Indonesia dikarenakan pada tahun 1890, para kolonial Belanda ikut memperebutkan tanah Suriname dengan negara-negara Eropa lainnya. Para penjajah Belanda membawa ribuan warga pribumi khususnya orang Jawa untuk dipekerjakan di sana. 

Selain itu, Negara Suriname juga memiliki kesamaan iklim dengan Indonesia. Suriname merupakan negara tropis yang memiliki suhu antara 29-34 derajat Celcius dan hanya memiliki dua musim, kemarau dan penghujan. Maka tak heran orang pribumi yang dibawa ke Suriname, tidak mengalami kesulitan untuk beradaptasi. Uniknya, mereka tetap menggunakan Bahasa Jawa dalam berkomunikasi hingga sekarang.

2. Madagaskar


Madagaskar merupakan negara republik yang berada di pesisir Timur Afrika, dan menjadi pulau terluas ke empat di dunia. Republik Madagaskar memiliki penduduk mencapai 22,4 juta orang. Negara ini juga merupakan negara jajahan Perancis yang dinyatakan merdeka pada 26 Juni 1960. Tapi tahukah kamu, Pulau Madagaskar tenyata memiliki nuansa Nusantara yang sangat kental. Para Ilmuwan bahkan memperkirakan, negara kepulauan ini ditemukan oleh seorang perempuan asal Indonesia.

Menurut sejarah, pulau Madagaskar pertama kali dihuni oleh pendatang asal Indonesia yang diyakini berlayar sejauh ribuan kilometer dari Kalimantan dan Sulawesi. Hasil tes DNA yang dilakukan oleh para ilmuwan mengungkap garis keturunan penduduk Madagaskar berasal dari Indonesia. Para peneliti asal Islandia Baru, menganalisis DNA dari 266 orang penduduk Madagaskar, dalam kelompok tersebut, mereka menemukan fakta 22% memiliki tanda genetik orang Indonesia. Jika hasil penelitian ini akurat, maka bisa diperkirakan ada sekitar 30 wanita Indonesia yang membentuk populasi awal di pulau Madagaskar. 

Walaupun sudah terpengaruh oleh bahasa Perancis, warga asli Madagaskar masih memelihara bahasa sendiri, yakni Bahasa Malagasy yang masih termasuk rumpun Bahasa Melayu Polynesia. Nasi juga menjadi makanan pokok penduduk sana.

3. Hawaii


Hawaii merupakan satu-satunya negara bagian Amerika Serikat yang terpisah dari benua Amerika. Hawaii ditemukan pada tahun 1778 oleh seorang penjelajah asal Inggris bernama James Cook. Hawaii memiliki jumlah penduduk mencapai 1,3 juta orang. Penduduk asli dari negara bagian Amerika Serikat ini adalah Suku Hawai’I yang berasal dari bahasa Polynesia. 

Tidak banyak yang tahu hubungan Hawaii dengan Indonesia khususnya Jawa. Menurut George Armilage, dalam bukunya berjudul A Brief History of Hawaii ada hubungan khusus antara Hawaii dengan penduduk Asia. Pertanyaan pun muncul dari mana asal-usul penduduk Hawaii? Dari mana datangnya para penghuni pulau yang jauh dari benua Amerika, jauh dari Asia, maupun dari benua Australia ini? Jawaban yang paling masuk akal adalah orang India dan bagian lain dari sisi selatan benua Asia.

Dugaan ini didukung dengan nama-nama daerah di Hawaii Seperti Oahu, yang konon juga masih ditemukan di daerah India Timur. Lalu dari manakah nama Hawaii diambil? Masih menurut versi yang sama, Hawaii berasal dari kata Jawai’i yang berarti Jawa kecil, dari sinilah kita menemukan hubungan erat antara Jawa dan Hawaii. 

4. Malaysia


Negara tetangga ini merupakan negara federasi yang merupakan jajahan Britania Raya dan menyatakan merdeka pada 16 September 1963. Negeri Jiran Malaysia memiliki jumlah penduduk sebanyak 30 juta orang. Pemerintahan Malaysia dikepalai oleh seorang Perdana Menteri. Saat ini yang menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia adalah Najib Tun Razak. 

Ada banyak alasan kenapa Malaysia menjadi negara yang memiliki hubungan darah paling dekat dengan Indonesia. Yang pertama tentunya karena kita masih satu ras dan rumpun dengan warga Melayu. Selanjutnya adalah hubungan darah, yang mana warga Malaysia masih banyak yang memiliki keturunan darah orang Indonesia.

Menurut catatan sejarah, nenek moyang kebanyakan warga Malaysia merupakan asli Indonesia. Baik itu dari suku Minang, Jawa, Bugis, Aceh, dan Medan. Bahkan mantan Perdana Menteri Malaysia, Tun Razak merupakan keturunan dari Sulawesi. Jadi tak heran kalau kita pergi ke Malaysia, masih banyak kesamaan antara budaya sana dan budaya Indonesia. 

5. Palestina dan Mesir


Jika kita melihat kembali sejarah Indonesia, betapa sulitnya perjuangan untuk mencapai kemerdekaan. Yang mana para kolonial Belanda masih ingin menguasai Nusantara. Indonesia tidak berjuang hanya dengan menggunakan senjata, melainkan juga dengan cara diplomasi meminta dukungan dari negara-negara lain. Dukungan yang paling nyata datang dari dua negara Timur Tengah, yaitu Palestina dan Mesir. 

Mesir adalah negara pertama yang ikut mengakui kemerdekaan Indonesia. Prajurit Mesir bernama Mohammad Abduk Mu’nim dengan berani menembus pertahanan Belanda untuk pergi ke Jogjakarta yang saat itu menjadi ibukota sementara. Ia mendapat amanah dari pemerintah Mesir untuk menyampaikan dokumen resmi jika Mesir mengakui kemerdekaan Indonesia. 

Dukungan tersebut dilanjutkan dengan perjanjian persahabatan antara Indonesia dengan Mesir. Tak hanya Mesir, Palestina pun menjadi negara yang mengakui kemerdekaan RI. Selain itu, Muhammad Ali Taher yang merupakan Pemimpin Palestina menyumbangkan sebagian hartanya untuk memperjuangkan kemerdekaan RI.

6. Jepang


Negara yang terdiri dari 6.852 pulau ini merupakan negara Monarki yang dipimpin oleh Kaisar dan pemerintahannya dikepalai oleh Perdana Menteri. Memiliki sekitar 127 juta penduduk, membuat Jepang menjadi negara ke-10 dengan populasi terbanyak di dunia.

Jepang memang pernah menjajah Indonesia 3,5 tahun, namun dari penjajahan inilah Indonesia memiliki hubungan erat dengan Jepang. Sebagaimana yang kita ketahui, Jepang merupakan salah satu negara dengan investasi tertinggi di Indonesia. Banyaknya produk Jepang yang laku keras di Indonesia membuat hubungan Jepang dengan Indonesia kian erat. Kerjasama dengan Jepang meliputi segala hal, mulai dari teknologi, pangan, sampai politik. 

Diplomasi dengan Jepang merupakan contoh keberhasilan diplomasi yang dilakukan oleh Indonesia. Jepang dan Indonesia sudah menjalin diplomasi selama 59 tahun lamanya. Hal itu menunjukkan betapa Indonesia sangat berarti bagi negara maju seperti Jepang. 

7. Tiongkok


Negara dengan penduduk terbanyak di dunia ini merupakan negara terbesar ke empat di dunia. Dan juga menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat di dunia, serta menjadi negara terbesar soal eksportir dan importir di dunia. Tidak heran kalau Negeri Tirai Bambu ini menjadi negara paling dipandang oleh negara lain. 

Indonesia dan Tiongkok sudah menjalin hubungan yang sangat lama. Bahkan menurut sejarah, Indonesia dan Tiongkok telah menjalin hubungan sejak abad ke-5. Banyaknya orang-orang Tionghoa yang melakukan penjelajahan ke Indonesia, menjadikan Indonesia dengan etnis Tionghoa terbesar di dunia setelah Tiongkok. Sampai saat ini, Tiongkok menjadi negara dengan mitra dagang terbesar di Indonesia setelah Jepang. 

sumber :
.



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel