67 FAKTA FAKTA MENARIK TENTANG NEGARA OMAN YANG PERLU KITA KETAHUI


1. Oman adalah negara merdeka paling tua di Arab. 
Oman adalah salah satu tempat tertua di bumi yang ditempati manusia. Manusia diperkirakan sudah menetap di sana selama 106.000 tahun yang lalu.

2. Hari kemerdekaan Oman jatuh pada 18 November, yang merayakan kemerdekaan Oman dari Portugis pada tahun 1650.

3. Kijang oryx Arab adalah binatang nasional Oman. Sedangkan burung nasionalnya adalah elang.


4. Salah satu sejarawan awal Romawi bernama Yalainous yang hidup dari tahun 23-79 M, adalah sejarawan yang mentebut Oman dalam bukunya dengan sebutan Omana.

5. Bangsa Babilonia dan Assiria pernah menguasai Oman karena mereka ingin mengontrol rute perdagangan yang menghubungkan Asia ke laut Mediterania.

6. Ada lebih dari 100 makam yang seluruhnya berbentuk mirip sarang lebah yang berada di puncak dataran tinggi di Oman utara. Makam ini diperkirakan peninggalan dari tahun 3000 – 2000 SM. Makam ini tercatat dalam World Heritage Site pada tahun 1988.

7. Berdasarkan “Undang-undang Dasar Negara” tahun 1996, Oman adalah negara Monarki Absolut (kesultanan).

Ibu kota Oman adalah Muscat. Kota ini dikuasai Portugis selama 140 tahun (1508-1648). Setelah Portugis, diganti oleh Ottoman dan pernah juga dikuasai oleh Persia. Pada waktu itu negara ini dikenal dengan nama Muscat dan Oman.

Pada tahun 1749 dinasti Al Bu Said berkuasa di Oman, dan sejak itu Oman diperintah oleh seorang Sultan. Pada tahun 1970 Qaboos bin Said memecat ayahnya dari kekuasaan dan dia menjadi Sultan.

8 Sultan Oman bernama Sultan Qaboos bin Said adalah penguasa paling lama di Timur Tengah. Lahir pada 18 November 1940, dia adalah orang di belakang modernisasi Oman. Dia mulai berkuasa di Oman pada 23 Juli 1970. Dia belum menemukan penggantinya.


9. Simbol nasional Oman adalah sepasang Khanjar yang bersilang. Simbol ini juga terdapat di bendera Oman dan logo lain pemerintahan. Khanjar adalah simbol kejantanan dan keberanian.



10 Istana Sultan dibangun di bekas kedutaan besar Inggris, yang sekarang digunakan sebagai tempat seremonial Sultan Qaboos.

11. Jebel Shams dengan ketinggian 3000 m adalah puncak tertinggi di Oman.

12. Sebelum Islam masuk ke Oman, pendudul Oman menganut Ibadhisme, yaitu suatu sekte yang mengamalkan praktek toleransi.

13. Di Oman ada kota bernama Bahla yang terkenal sebagai pusat barang-barang tembikar.

14. Di Oman kita bisa melihat burung dari tiga benua, Asia, Eropa, dan Afrika. Oman dijuluki “the best-kept secret in the world of birdwatching” (tempat terindah di dunia untuk melihat burung).

15. Menara Jam Muscat adalah monumen tertua di Oman modern.


16. Di Oman hampir seluruh rambu-rambu dan papan tulisan tersedia dalam dua bahasa, yaitu bahasa Arab dan Inggris
.
17. Percaya atau tidak, Oman adalah negara yang tidak pernah terjadi kriminal.

18. Mountain Dew adala minuman paling laris di Oman. Di sana tidak ada Coca-Cola.


19. Orang Oman adalah peternak kuda Arab yang handal. Kudanya terjual dengan harga yang tinggi di seluruh dunia. Zaad Al Rakeb adalah kuda pertama di Arab dan kuda Oman adalah keturunannya.


20. Sampai tahun 1970 di Oman tidak ada hotel, tetapi sekarang menjamur banyak hotel. Turis adalah industri utama di Oman.

21. Minyak dan gas adalah ekspor utama Oman, disamping tembaga dalam jumlah terbatas.

22. Universitad pertama di Oman adalah Sultan Qaboos University, yang dibuka pada tahun 1986.


23. Tradisi di Oman dalam menghormati tamu adalah dengan menyuguh semangkuk kurma, qahwa (kopi dengan kardamom), dan buah.

24. Di Oman, Ramadhan (bulan puasa) dan festival Islam lainnya adalah sangat penting.

25. Di Oman kaum wanita memakai hijab dan abaya. Kebanyakan wanita tidak membuka kepala di kantor. Mereka juga memakai pakaian dengan warna yang menyolok pada festival keagamaan seperti hari raya Idhul Fitri.

26. Sedangkan kaum laki-lakinya memakai Dishdasha, yaitu jubah sampai pergelangan kaki. Kepalanya memakai ikat sorban yang umumnya dibordir.


27. Kaum laki-laki Oman kadang ada yang mengenakan dan membawa pisau bengkok yang dikenal dengan nama Khanja.

28. Kaum wanita di Oman jarang terlihat di tempat umum. Kaum wanita kebanyakan tinggal di rumah mengurus rumah tangga.

29. Rokok tradisional di Oman adalah Shisha, yang juga dikenal dengan pipa Hookah atau hubbly bubbly. Namun, nama yang tepat adalah Nargile.

30. Di Oman terdapat salah satu pasar tertua di dunia, yaitu souq Mutrah.
Di Oman ada Souq khusus wanita yang buka setiap hari Rabu di kota Ibra.

31. Masjid paling besar di Oman adalah Masjid Agung Sultan Qaboos di kota Muscat, yang dibangun dengan 300.000 ton pasir dari Indis. Pembangunannya memakan waktu 6,4 tahun.

32. Daging babi dilarang di Oman karena haram dalam agama Islam.

33. Di Ras Al Jinz, Oman, setiap tahunnya kita bisa menyaksikan migrasi ribuan kura-kura ke pantai Oman. Di sana kita bisa melihat bermacam-macam spesies kura-kura, seperti kura-kura hijau, kura-kura Loggerhead, dan kura-kura Leatherback.

34. Bahan parfum paling mahal di dunia, Amouage, diproduksi dan dijual di Oman. Bahan parfum ini dari pohon yang dikenal dengan nama pohon Frankincense, yang tersedia dalam cairan murninya.


35. Di dataran tinggi Oman terdapat sistem irigasi Aflaj yang mengalirkan air dari gunung. Irigasi ini masuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site.

36. Di Oman setiap dua tahun diadakan pemilihan oleh UNESCO kepada orang yang paling berjasa terhadap lingkungannya. Setelah terpilih kemudian akan mendapat prize dari Sultan Oman.

37. Ibu kota Oman, Muscat, memadukan suasana khad Arab dengan keramahan metropolis. Kombinasi antara warna biru Teluk Oman dengan pegunungan Al Hajr Al Sharyi, menampilkan harmoni antara budaya tradisional, makanan, seni, dan arsitektur, dengan energi kehidupan modern.

38. Benteng Bahla adalah salah satu benteng bersejarah di kaki gunung Djebel Akhdar. Benteng ini dibangun pada abad ke-13 dan 14 saat oasis Bahla mengalami kemakmuran di bawah kekuasaan suku Banu Nebhan. Benteng ini masul dalam UNESCO World Heritage Site pada tahun 1987.


39. Benteng Nakhal adalah benteng besar di wilayah Al Batinah, Oman. Namanya diambil dari nama wilayah Nakhal. Di dalamnya terdapat museum yang dikelola oleh kementrian periwisata. Museum ini memajang senjata dan senapan bersejarah dan setiap minggunya ada pasar kambing.

40. Bait Al Zubair adalah museum yang memajang barang pribadi warisan budaya Oman, seperti kerajinan tradisional, perabotan, perangko, dan koin uang. Museum tersebut sekarang masuk dalam pusat budaya Muscat yang menggelar banyak pameran seni internasional di Gallery Sarah di museum bawah tanah.


41. Di Oman terdapat kastil Jabrin yang dibangun pada tahun 1675 oleh Imam Bil-Arab bin Sultan. Kastil ini sebagai pusat penring pengajaran astroligi, kedokteran, dan hukum Islam.


42. Kastil Taqah di pintu masul Mirbat dibangun pada abad ke-19 untuk tempat tinggal permanen Sheikh Ali bin Al Ma’shani Timman. Kastil ini mempunyai museum etnografis menarik, yang memajang beragam aspek kehidupan dan budaya dari wilayah tersebut.

43. Di Oman ada Wadi Bani Khalid dan Gurun pasir Wahiba. Di sana kita bisa menikmati hamparan pasir dan bisa menyusuri diantara gundukan pasir dengan menggunakan mobil yang berlanjut ke oasis Wadi Bani Khalef untuk menikmati sumber air segar dan pohon palm.


44. Pada abad ke-7 kota Nizwa menjadi ibu kota Oman. Sekarang kota ini terkenal dengan bentengnya yang dibangun pada abad ke-17 atas perintah Sultan bin Saif Al Ya’ribi.

45. Semenanjung Musandam terletak di Oman paling utara dan sangat terpencil yang dipisahkan dari semua wilayah di Oman oleh Uni Emirat Arab. Tempat ini dihuni oleh penduduk yang tinggal di pedesaan yang bergunung-gunung dan tepian pantai. Pemandangan teluknya sangat menawan.


46. Di bagian selatan Oman terdapat Salala yang dikenal sebagai kota kedua setelah Muscat. Salalah sekarang menjadi penting karena menjadi tempat kelahiran Sultan Qaboos dan menjadi tempat memerintah sejak tahun 1970. Di sana terdapat istana Sultan dan kota tua Haffa dengan arsitektur yang menarik.

47. Pulau Masirah adalah tempat cocok untuk berjemur di tepian pantai, kehidupan liar dan sejarah Oman. Pulau ini menjadi pangkalan udara Oman.

48. Kota kecil Misfat al Abryeen adalah kota yang bernuansa tradisional. Kota pegunungan ini terdiri dari bangunan dari batu dengan dominasi warna orange dan cokelat.


49. Di Oman terdapat makam Job. Job adalah tokoh dalam Bibel dari Kitab Job dari Perjajian Lama. Di luar makam terdapat kotak berisi telapak kaki. Seluruh area ini menjadi tempat ziarah umat Islam. Dalam agama Islam, Job adalah seorang nabi dalam bahasa Arab bernama Ayub. Tempat ini berada di pegunungan di wilayah Salalah.

50. Situs Sumhuram adalah peninggalan abad ke-3 SM sampai abad ke-5 M. Inilah salah satu tempat penting sebelum datangnya Islam. Tempat ini adalah salah satu pusat produksi Frankincense di Arab Selatan.


51. Situs Al-Baleed adalah situs arkeologis besar yang berada di pantai, dekat kota Salalah. Ibnu Batutah mengunjungi tempat ini pada tahun 1329 dan kagum akan keindahannya. Sebagian besar bangunan bentengnya dibangun dengan gaya arsitektur khas wilayah Dhofar, yaitu menggunakan campuran kayu dan batu.


52. Kastil Samail adalah kastil yang sangat indah di Oman. Kastil ini dikelilingi pegunungan dan banyak pohon palm. Ada oasis di tengah pegunungan gurun.

53. Pulau Telegraf adalah secuil daratan di tengah-tengah air yang mengelilingi semenanjung Musandam. Pada abad ke-19 di sana digunakan sebagai stasiun untuk menampung pesan telegraf Inggris sepanjang jalur kabel Teluk Persua, yang menjadi bagian dari kabel telegraf London-Karachi. Sekarang hanya beberapa bangunan yang tersisa, tetapi sangat menarik untuk snorkeling.


54. Haat adalah perkampungan di pegunungan Jebel Akhdar. Di sana terdapat beberapa rumah batu yang dikelilingi pohon palm. Ada sungai kecil, sistem irigasi Falaj, dan tank air yang selalu dijaga oleh penduduk setempat. Di sana juga ada kolam renang jecil dari air alam yang mengalir dari sumbernya di gunung.

55. Al Hazm adalah tempat dari misteri sejarah yang hilang seperti benteng besar dan reruntuhan perkampungan kuno dan pemakaman kuno di puncak bukit. Pemandangannya indah, dengan kombinasi gurun pasir dengan pohon palm yang hijau.

56. Perjalanan menuju pantai Sadah sangat fantastis. Pemandangannya sangat menakjubkan dan khas. Perkampungan Sadah dikelilingi laut dan pegunungan batu hitam.

57. Bukit pasir Ramlat As Sahmah adalah ujung dari gurun besar Rub Al Khali di Saudi Arabia.

58. Fuhud adalah pusat utama ladang minyak Oman yang terletak di gurun pasir.

59. Ras-Hilf adalah ibu kota pulau Masirah. Meski kota tersebut kurang menarik, tetapi di pantainya terdapat pemandangan banyak kapal yang sudah lama ditinggalkan.

60. Pemandangan pantai Ras Madrakah sangat indah. Di sana terdapat ribuan kepiting yang hidup liar.


61. Jika kamu ingin membeli alkohol di Oman harus mendapat ijin. Orang Oman diijinkan tidak lebih dari 10% dari penghasilan bulanannya untuk membeli minuman beralkohol.

62. Orang Oman sangat ahli membuat perahu di dunia. Mereka menggunakan Coir, yaitu sabut yang dibuat dari serat kulit kelapa, untuk mengikatkan papan perahu.

63. Grand Hyatt Muscat adalah hotel paling besar dan mewah du Oman. Hotel ini terletak di bagian pantai yang undah di ibu kota kesultanan.

64. Oman adalah salah satu negara Arab tang bebas dari aksi terorisme.

65. Oman adalah salah satu negara di dunia yang tidak mempunyai hutan.

66. Oman adalah salah satu negara di dunia yang tidak mempunyai rel kereta api.

67. Makanan tradisional Oman adalah Madrouba dan Biryani.





Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel