137 FAKTA FAKTA MENARIK YANG WAJIB KETAHUI TENTANG NEGARA FILIPINA

1. Nama Philippines (Filipina) diambil dari nama nama Raja Philip II dari Spanyol. Oleh Ruy López de Villalobos awalnya dinamai Visayas Felipenas. Nama resmi Filipina sekarang adalah Republik Filipina.

2. Ferdinand Magellan sampai di Filipina pada tahun 1521, menandai dimulainya kolonisasi kepulauan oleh Spanyol selama 377 tahun sampai tahun 1898.

3. Di komplek gua Tabone di Palawan ditemukan fosil manusia purba jenis Homo Sapiens, yang diperkirakan sudah menghuni sejak 50 ribu tahun yang lalu.

4. Pada tahun 1894 Jepang ingin membeli Filipina dari Spanyol seharga 40 juta pounds.

5. Filipina adalah negara Asia pertama yang merdeka setelah Perang Dunia 2.

6. Posisi warna bendera Filipina sarat mengandung pesan. Jika dikibarkan dengan warna merah di atas, maka tandanya negara sedang dalam keadaan perang. Sedangkan jika negara dalam keadaan damai maka dikibarkan dengan warna biru di atas.

7. Pada tahun 1844 Filipina bergeser dari satu sisi International Date Line ke sisi lainnya. Jadi tanggal 31 Desember 1844 tidak ada di penanggalan Filipina.

8. Simbol kebangsaan Republik Filipina adalah burung nasional Filipina, yaitu elang sedang makan kera (atau elang Filipina). Burung ini sangat langka dan besar, pajang sayapnya mencapai 7 kaki. Karena sudah sangat kritis maka yang membunuh bisa dipenjara 12 tahun. Diperkirakan sekarang jumlahnya hanya 50 sampai 500 ekor.

9. Perang Cagayan pada tahun 1582 di Filipina adalah satu-satunya perang antara pasukan infantri Eropa dengan pasukan Samurai.

10. Pada tahun 1965 bom nuklir tidak sengaja jatuh di perairan Filipina dan sampai sekarang belum ditemukan.

11. Pada saat oerang antara Filipina dan Amerika, ada seorang tentara Amerika keturunan Afrika bernama David Fagen membelot ke Filipina dan berubah melawan Amerika.

12. Manila adalah kota paling hancur ke-2 pada perang dunia 2 saat 100.000 warga Filipina dibantai oleh tentara angkatan laut Jepang dan wajib militer Korea juga serangan artileri Amerika secara besar-besaran serta serangan udara.

13. Perang Laut Filipina, yang dikenal juga dengan Great Marinas Turkey Shoot, adalah perang dimana sebagian besar pesawat angkatan laut Jeopang dan para penerbangnya berhasil ditembak, yang satu bulan kemudian kapal pengangkut pesawat tempurnya tenggelam dalam Perang Cape Engario (di timur Luzon).

14. Lapu-lapu tidak hanya dianggap oleh orang Filipina sebagai pahlawan. Dia juga diakui di seluruh dunia. Dia menjadi nama jalan di Selatan Pasar berdekatan dengan San Fransisco, California, Amerika. Pahlawan nasional Filipina yang terkenal adalah Andreas Bonifacio dan Jose Rizal.

15. Taman Tugu Rizal terbesar di dunia yang terletak di luar Filipina berada di kota Jinjiang, Cina, yang dibuat untuk menghormati Jose Rizal yang kakeknya dari Cina bernama Domingo Lamco

16. Seorang kapten militer di Filipina selama pendudukan Amerika, Mayor Archibald, meninggal dalam tragedi kapal Titanic.

17. Filipina adalah satu-satunya negara di dunia pada tahun 1930-an yang menerima kapal yang mengangkut 1000 pengungsi Yahudi yang melarikan diri dari kejaran Adolp Hitler.

18. Filipina adalah salah satu negara tang menandatangani rencana PBB mendirikan negara Israel. Sampai sekarang hubungan keduanya sangat erat, bahkan warga Filipina bisa masuk ke Israel tanpa visa.

19. Pada tahun 1892, pelukis terkenal Filipina dengan 400 karya masterpisnya, Juan Luna, terlibat pembunuhan berdarah di rumahnya di Paris. Lukisan paling terkenalnya berjudul “Spoilarium”.


20. Nama ibu kota Filipina, Manila, diambil dari nama bunga yang tumbuh di tanaman mangrove, yang penduduk lokal menyebutnya dengan “nilad”. “May nilad” diartikan dengan “di sana ada pohon nilad”.


21. Filipina adalah negara terbesar ke-5 yang rakyatnya banyak berbahasa Inggris.

22. “Palawan” adalah wilayah paling aman di Filipina, karena jauh dari gunung berapi dan area gempa.

23. Bunga nasional Filipina adalah bunga Sampaguita. Buah nasionalnya adalah mangga, burung nasionalnya elang Filipina (dikenal dengan haribon atau “elang raja”), dan hewan nasional Filipina adalah kerbau.

24. Arnis Modern adalah seni beladiri dan olahraga nasional Filipina.


25. Ada 125 – 170 bahasa yang digunakan di Filipina, seperti bahasa Tagalog, Cebuano, Ilocano, Hiligaynon, Bicolano, Waray, dan Kapampangan

26. Filipina adalah negara dengan pantai terpanjang ke-5 di dunia. Seluruh panjang pantainya mencapai 36.289 km.

27. Presiden Filipina sekarang, Benigno Aquino III adalah presiden pertama Filipina yang mempunyai latar belakang sarjana. Dia anak dari mantan presiden Corazon Aquino, keturunan dari Gliria Arroyo.


28. Presiden Corazon Aquino yang akrab dengan warna kuning sejak Revolusi Kekuasaan Rakyat EDSA, sebenarnya warna kesukaannya adalah merah.


29. Presiden Ferdinand Marcos diklaim sebagai salah satu presiden tiran dan terkorup di dunia dengan sejumlah besar kekayaan nasionalnya dirampas. Dia dilengserkan dalam Revolusi damai EDSA tahun 1986.


30. Presiden pertama Filipina meninggal dua dekade yang lalu tetapi belum dimakamkan dan diawetkan dalam es sampai ada keputusan di mana dia akan dikuburkan.

31. Ada 1200 pembunuhan politik di Filipina sejak merdeka.

32. Sekitar 25 tahun sebelum buku pertama dicetak di Amerika, kamus bahasa Filipina-Spanyol, Tagala, telah dicetak pada tahun 1613.

33. Filipina adalah eksportir kelapa dan buah-buahan terbesar di dunia, seperti mangga dan pepaya.

34. Mutiara terbesar di dunia ditemukan oleh penyelam Filipina di Laut Palawan pada tahun 1934. Mutiara ini dikenal dengan “Mutiara Lao Tsu” atau “Mutiara Allah” dengan berat 6,35 kg dan panjangnya mencapai 24 cm dengan diameter 4 cm. Nilai mutiara ini mencapai US$40 juta, yang sudah berusia 600 tahun.


35. Dari 10 mega mall terbesar di dunia, 3 mall ada di Filipina, yaitu SM Megamall, SM Edsa, dan SM Mall of Asia.

36. Lentera Natal terbesar di dunia ada di San Fernando, Pampanga pada 24 Desember 2002. Lentera tersebut berdiameter 26,8 m dan harganya mencapai 5 juta peso.

37. Rekor dunia menyusui secara terus-menerus kepada 3541 bayi diraih oleh orang Filipina di Manila pada 4 Mei 2006.

38. Sepasang sepatu terbesar di dunia ada di Marikina City, Filipina, yang dibuat tahun 2002. Sepatu wingtip ini berukuran 5,3 m panjangnya dan 2,4 m lebarnya serta tingginya mencapai 2 m. Sepatu ini dipatok dengan harga 2 juta peso.


39. Perdagangan manusia menjadi problem di Filipina. Negara ini menempati peringkat ke-4 sebagai negara dengan masalah prostitusi anak. Diperkirakan ada 375.000 wanita dan gadis yang jatuh dalam pwrdagangan seks, yang kebanyakan masih berusia antara 15 – 20 tahun.

40. Sungai bawah tanah Princesa di Palawan adalah sungai bawah tanah terpanjang kedua di dunia setelah sungai bawah tanah di Brasil. Panjang sungai Puerto Proncesa adalah 8,2 km.


41. Paus John Paul II pernah memimoin missa di hadapan 5 juta warga Filipins pada 18 Januari 1995 di Luneta Park, Manila. Perayaan tersebut memecahkan rekor Guinness Book of World Records sebagai Kerumunan Jamaah Paus Terbesar di dunia.


42. Istilah bahasa Inggris “boondocks” sebenarnya berasal dari bahasa Filipina, yaitu dari bahasa Tagalog untuk “gunung” adalah “bundok”. Kata ini masuk dalam bahasa Amerika Utara pada tahun 1940-an, pada saat Filipina terlibat dalam perang dunia 2.

43. Nama permainan yo-yo diambil dari bahasa Filipina Ilocano, yaitu “yóyo”.

44. Gunung berapi Taal di Talisay, Batangas, adalah salah satu dari 17 gunung berapi Dekade dunia. Kawah ini berada di danau yang di tengah danaunya juga terdapat danau lagi dengsn pulau kecil.


45. Kandungan sulfur dioksida dimuntahkan oleh Gunung Pinatubo pada saat erupsi pada 15 Juni 1991, yang menciptakan kabut asam sulfur di seluruh dunia sehingga menurunkan suhu dunia sampai 0,5 °C.

46. Seorang Filipina bernama Roberto del Rosario menciptakan mesin karaoke pada tahun 1975, tetapi musisi Jepang telah menciptakan 4 tahun sebelumnya. Meski demikian Del Rosario yang pertama memayenkan temuannya.


47. Gunung tertinggi di Filipina adalah Gunung Apo, yang terdapat di Pulau Mindanao. Tinggi gunung ini 2954 m.

48. Di provinsi Camiguin terdapat banyak gunung berapi (ada 7) dibandingkan jumlah kotanya (ada 5). Di sana tidak pernah terjadi erupsi sejak tahun 1950-an, meski terdapat paling banyak gunung berapi per kilometer perseginya di dunia.

49. Filipina memenangkan 8 kali gelar ratu kecantikan internasional: 2 untuk gelar Miss Universe; 5 untuk Miss International; dan 1 untuk Miss World, yang sekarang dipegang oleh Megan Young.


50. Setelah Perang Dunia 2, mobil jeep Filipina lahir dari modivikasi jeep tentara Amerika Jeep G.I. yang dibawa ke Filipina pada tahun 1940-an dan sekarang banyak yang dijadikan mobil angkutan umum Filipina.


51. Terasering sawah Cordilleras Filipina adalah masuk dalam UNESCO World Heritage Site. Terasering tersebut dibuat sekitar 2000 tahun yang lalu.

52. Situs yang masuk UNESCO World Heritage Site lainnya adalah Gereja Baroque Filipina. Gereja peninggalan zaman Spanyol ini dianggap sebagai kekayaan budaya nasional Filipina.

53. Gereja Backlayon di Bohol, Palawan, dibangun dengan menggunakan batu karang dan putih telur.

54. Contong siput laut Conus gloriamaris sangat diburu oleh para kolektor. Contoh siput tersebut pernah ditemukan di Filipina dan dilelang dengan harga sampai $5.000.

55. Pada tahun 1611, universitas Katolik terbesar di dunia dari jumlah mahasiswanya, Universitas Santo Tomas, didirikan di Manila oleh jamaah Domonika. Universitas tersebut bersama dengan Universitas San Carlos adalah lebih tua dibanding Universitas Harvard, yang dibangun pada tahun 1636.

56. Universitas San Carlos di Cebu City didirikan oleh misionaris Spanyol pada tahun 1595, menjadikan universitas ini sebagai sekolah tertua di Filipina.


57. Pada tahun 2009, ada sekitar 1,39 milliar pesan SMS yang dikirim di Filipina setiap harinya. Filipina adalah salah satu pengguna paling awal SMS, menjadilan Filipina dijuluki sebagai “ibu kota kata dunia” dari pertengahan tahun 1990-an sampai awal rahun 2000.

58. Filipina menyediakan 25% dari seluruh tenaga perawat di dunia.

59. Dansa atau joget tradisional Filipina adalah “Sigil” dan “Tinkling”, yang dijaga kelestariannya oleh Bayanihan Philippine National Folk Dance Company. Pakaian nasional wanita Filipina adalah “Tern” dan yang laki-laki memakai “Barong Tagalong”.

60. Filipina mempunyai cadangan energi geotermal terbesar kedua setelah Amerika.

61. Filipina mempunyai cadangan tembaga melimpah di dunia.

62. Filipina masuk dalam negara dengan penemuan terbanyak spesies binatang, dengan 16 spesies mamalia baru yang ditemukan dalam jangka waktu 10 tahun.

63. Filipina adalah salah satu dari tiga negara yang mempunyai habitat sigung (skunk) selain Amerika dan Indonesia.

64. Orang Filipina sangat menyukai bola basket. Disamping itu kegemarang lainnya adalah sabung ayam. Filipina mempunyai Manny Pacquino, seorang petinju terhebat dunia. Di kalangan remaja Filipina juga gemar adu laba-laba.

65. Tingkat kriminal di Filipina menurun drastis saat pertunjukan tinju Manny Pacquino.

66. Suku Tianjin dan Integ yang tinggal di daerah pegunungan Filipina bagian, utara, mempunyai cara berciuman yang khas. Mereka akan mengerutkan bibirnya bersamaan dan dengan cepat kemudian menyedotnya.

67. Linggo (Minggu) adalah satu-satunya nama hari di Filipina yang bukan berasal dari bahasa Spanyol. Nama-nama hari di Filipina adalah Lunes (Senin), Martes (Selasa), Miyerkules (Rabu), Huwebes (Kamis), Biyernes Jumat), Sabado (Sabtu), dan Linggo (Minggu).

68. Orang Filipina menpunyai istilah “bahala na”, yaitu sikap yang mendorong hidup agar tidak perlu khawatir untuk hari sekarang yang sedang dihadapi karena rintangan akan segera berlalu.

69. Bulan paling populer untuk melangsungkan pernikahan di Filipina adalah Desember sampai awal Januari, dan bukan bulan Juni.

70. Filipina adalah negara dengan tingkat diaspora penduduknya tinggi. Ada 11 penduduk Filupina yang tersebar di seluruh dunia.

71. Di Filipina ada restoran bertema “Amerika” yang diberi nama ArmyNavy Burgers and Burritos, yang menyediakan menu Freedom Fries, Freedom Toast, dan LiberTea.



72. Di Filipina ada saus pisang. Berawal dari tidak adanya tomat sebagai bahan saus dan diganti dengan pisang.

73. Antara tahun 2000 sampai 2010 banyak orang tertembak mati di Filipina saat sedang menyanyikan lagunya Frank Sinatra di bar karaoke.

74. Pada tahun 1993 Pepsi mengadakan kontes di Filipina, di mana dia menjanjikan hadiah 1 juta Peso (sekitar $40.000) bagi siapa saja yang bisa menemukan angka 349 di balik tutup botol Pepsi. Lucunya Pepsi keliru dan mencetak nomor tersebut sebanyak 800.000 nomor tutup yang akan menang. Akhirnya Pepsi mengeluarkan uang 200 juta Peso untuk membayar 500 ribu pemenang yang kemudian menimbulkan kericuhan dan ancaman pembunuhan terhadap pimpinan Pepsi.

75. Filipina dan Vatikan adalah salah satu dari dua negara di dunia yang melarang perceraian.

76. Permusuhan di antara pedesaan di Filipina selama 40 tahun bisa diselesaikan setelah kaum wanita desa mengancam menahan tidak mau berhubungan seks jika kaum laki-lakinya terus berkelahi (:D patut dicoba).

77. Filipina adalah pengonsumsi 43% minuman Kin di dunia.

78. Bir San Miguel berasal dari Filipina dan bukan dari Spanyol. Produsen Bir San Miguel terbesar di dunia ada di Filipina.



79. Militer Amerika akan membungkus para penyerang bunuh diri dari kelompok Muslim Moro agar tidak pantas masul surga dan mencegah serangan berikutnya.

80. Pada saat banjir Filipina tahun 2009, ada seorang remaja bernama Muelmar Megallanes berhasil menyelamatkan 30 nyawa. Tapi karena kelelahan dia sendiri akhirnya tersapu banjir.

81. Pada tahun 1971 seorang remaja bernama Roy Babas mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan 7 orang yang tenggelam akibat tabrakan kapal di Estancia Port di Iloilo. Sebelum kematiannya, orang-orang berusaha menyuruh dia secepatnya keluar dari air. Tetapi dia hanya menjawab, “Saya anak Pramuka”.

82. Di Filipina nomor plat mobil yang berakhiran angka 1 dan 2 dilarang dikendarai pada hari Senin. Plat mobil yang berakhiran 3 dan 4 dilarang berjalan pada hari Selasa, 5 dan 6 pada hari Rabu, 7 dan 8 Kamis, dan 9 dan 0 dilarang berjalan pada hari Jum’at.

83. Whang-Od adalah Mambabatok (seniman tatto tradisional Kalinga) terakhir dan tertua di Filipina.

84. Pada tahun 1999 seorang petani di Filipina dihukum mati karena menanam 7 batang pohon ganja.

85. Di Filipina diperbolehkan membunuh pasangannya yang kedapatan selingkuh.

86. Filipina adalah negara di dunia yang paling pro dengan Amerika.

87. Filipina mempunyai undang-undang gaji ke-13, di mana para pekerja akan mendapatkan 1/12 dari gaji tahunannya setiap bulan Desember.

88. Sebutan “Kastilas” atau Spaniards di Filipina sebenarnya adalah sebutan untuk keturunan Mexico, dan budaya Hispanik Filipina adalah budaya yang dekat dengan budaya Mexico.

89. Satu-satunya atlet dari Filipina yang berlaga di Olimpiade Sochi adalah Michael Martinez, ysitu seorang skater yang menderita asma.

90. Di pemukiman kumuh di Manila orang mengorek-orek sampah untuk mencari “pagpag”, yaitu sisa makanan yang dibuang dari restoran kemudian dibawa ke rumah untuk dihangatkan terlebih dulu sebelum dimakan.

91. Jumlah penduduk Filipina mencapai 100 juta jiwa pada tanggal 27 Juli 2014, menjadikan Filipina sebagai negara palibg padat penduduk ke-7 di Asia dan ke-12 di dunia.

92. Filipina mempunyai sejumlah pantai yang menarik. Yang paling terkenal adalah pantai Boracay yang dinobatkan sebagai pulau terindah di dunia oleh Travel+Leisure pada tahun 2012. Resort-resortnya masuk dalam daftar top of the Best Islands in the World yang diterbitkan oleh majalah internasional Condé Nast Traveler.


93. Bukit Cokelat adalah gundukan geologis di provinsi Bohol Filipina. Di sana ada 1260 bukit yang kemungkinan jumlahnya sampai 1776 bukit yang tersebar di area seluas lebih dari 50 kilometer persegi. Bukit-bukit ini tertutup oleh rumput hijau yang berubah menjadi warna coklat selama musim kering. Bulit Coklat menjadi salah satu tujuan menarik para turis di Filipina.


94. Adobo adalah salah satu makanan paling populer di Filipina dan dianggap secara tidak resmi sebagai makanan nasional Filipina.


95. Minuman produk Coca-Cola bermerk Jaz Cola dibuat khusus untuk pasar Filipina.


96. Pembuatan jembatang Aluling di Ilocos Sur sangat lama sampai melewati 6 masa pemerintahan presiden Amerika dan pembangunannya selesai hampir memakan waktu selama 4 dekade.


97. Nama ilmiah dari Sulu Gollumshark (sejenis ikan hiu), Gollum suluensis, diambil dari Gollum Lord of the Rings dan Sulu, yaitu lautan di barat daya Filipina.



98. Perkawinan sesama jenis pertama di Filipina terjadi pada tahun 2005 antara dua gerilyawan New People Army (NPA) yang dikenal dengan “Ka Jose” dan “Ka Andres”.

100. Seekor anjing bernama “Serging” dielu-elukan sebagai pahlawan karena telah menyelamatkan hidup Nestor Mata, yaitu seorang yang selamat dari kecelakaan pesawat Magsaysay tahun 1957.

101. Pada tahun 1970-an seekor ular Piton sepanjang 22,6 kaki meneror warga pulau Luzon dan berhasil menelan Agta Negrito.

102. Presiden Ramon Magsaysay adalah pahlawan perang dunia 2 yang membantu membebaskan Zambales dari penjajah Jepang pada tahun 1945. Dia tidak dikubur di Libingan ng mga Bayani.

103. Batanes adalah satu-satunya wilayah di Filipina yang mempunyai musim dingin.

104. Seorang dokter bernama Abelardo Aguilar telah membantu menemukan Erythromycin. Tapi dia tidak pernah mendapat pengakuan dan royalti karena dia tidak termasuk dalam kontrak kerjanya.

105. Jauh sebelum lahirnya Sype dan Face Time, sudah ditemukan videophone oleh teknis Filipina pada tahun 1950-an.

106. Kopral Romualdo Rubi mendapatkan Medali Favor Filipina setelah berperang sendirian melawan 100 pemberonrak Komunis yang menyerang detasemen militernya di Claver, Surigao del Burte, pada 18 Maret 1991.

107. Istri presiden Elpidio Quirino dan ketiga anaknya dibunuh oleh tentara Jepang pada perang dunia 2. Herannya, setelah perang selesai, dia malah lupa dan memberikan ampunan kepada 437 tahanan perang Jepang dan para kolaboratornya.

108. Menurut sosiolog, orang Filipina cenderung disiplin bila berada di luar negara Filipina dan bukan di negaranya sendiri. Hal ini disebabkan tidak adanya “kebijakan yang jelas dan aturan yang diterapkan” dan tidak adanya peran model dalam disiplin di Filipina.

109. Tarsier (monyet hantu) Filipina yang ada di pulau Bohol adalah primata paling kecil di dunia dan mamalia dengan mata terbesar. Binatang ini bisa memutar kepalanya sampai 360° seperti burung hantu.


110. Buaya laut (Crocodylus porosus) terbesar pernah ditangkap hidup-hidup (berukuran 6,17 m dan beratnya 1.075 kg) di pedalaman rawa-rawa Agusan di pulau Mindanao, Filipina. Buaya ini kemudian mati pada 10 Februari 2013.

111. Tempat terdalam ke-3 di dunia adalah Galatea Deep di Filipina atau Parit Mindanao di pantai timur Filipina. Di utara Pulau Luzon ada dataran tinggi bawah air Benham Rise yang dinobatkan oleh Komisi Hukum dan Laut PBB atau United Nations Commission on the Law of the Sea (UNCLOS) di bawah yurisdiksi dan kontrol Filipina.

112. Filipina adalah salah satu dari sedikit negara di Afrika yang mengemudikan mobil dari sebelah kanan.

113. Kota Cina tertua di dunia yang dibangun pada tahun 1594 adalah Binondo, yang merupakan distrik Kota Manila. Kota ini menjadi pusat perdagangan Filipina-Cina, bisnis, dan kebudayaan, dan terkenal dengan masakan atau makanan Filipina-Cinanya dan keotentikan masakan dan makanan Cina-nya

114. Filipina adalah negara yang paling banyak diterjang badai. Setiap tahunnya 20 badai menyapu daratan Filipina.

115. Filipina adalah pusat Segitiga Karang utara, yaitu pusat keragaman karang dan laut dengan sejumlah besar karang Scleractinian (bongkahan besar karang) dan spesies yang terhubung di dunia. Lintasan Pulau Verde yang berada di selatan pulau Luzon mempunyai lebih banyak spesies laut di area beberapa ratus mil persegi saja dibandingkan di tempat lain di dunia.

116. Danau ubur-ubur di Filipina mempunyai 13 juta ubur-ubur.

117. Pada tahun 2014 majalah TIME mencatat orang Filipina sebagai orang yang paling banyak dan suka melakukan foto selfy di dunia.

118. Makati City adalah kota paling banyak digunakan foto selfy. Rata-rata 258 foto selfi diambil dalam 100.000 penduduk.

119. Menurut indeks Gallup, orang Filipina masuk dalam penduduk yang paling berbahagia di dunia.

120. Di Filipina, orang penyandang disabilitas dan wanita hamil mempunyai jalur khusus untuk pergi ke restoran, bank, atau fasilitas lain.

121. Menurut tradisi Filipina, membuka hadiah langsung setelah di depan orang yang memberi hadiah adalah tindakan yang tidak sopan.

122. Jollibee adalah restoran fast food asli Filipina yang sangat terkenal.

123. Filipina adalah negara yang berbahaya bagi para jurnalis atau wartawan.

124. Suku Bagobo di Mindanao mempercantik dirinya dengan cara menghitamkan giginya.

125. Fe Del Mundo dari Filipina adalah wanita pertama di dunia yang diterima di Harvard Medical School, setelah sembilan tahun sebelumnya kaum perempuan tidak boleh masuk ke jurusan ini.

126. Presiden Ferdinand Marcos membangun taman safari Pulau Calauit di Busunga, Palawan, dimana kamu bisa melihat binatang dan hewan khas Afrika, seperti jerapah, zebra, dan kijang.

127. Penjara Iwahig di Palawan memperbolehkan tahananya bekerja di ladang dan persawahan dan bekerja sebagai guide turis tanpa dikawal dan tanpa pembatas tembok.

128. Texas, Amerika pernah dinamakan dengan “Nuevas Filippinas” atau “New Philippine”.

129. Pada tahun 1994, Kapten Eduardo Reyes dan crew berhasil mendaratkan pesawat PAL Flight 434 dengan selamat setelah dibajak oleh seorang teroris bernama Ramzi Yousef, yang menjadi dari serangan bom mobil di World Trade Center pada tahun 1993.

130. Virginia “Gini” Cruz Santoz, lulusan University of Santo Thomas, adalah animator “Dory”, yaitu ikan biru dalam film animasi Finding Nemo.

131. Tidak banyak yang tau bahwa kutipan atau pernyataan lengkap yang terkenal dari presiden Manuel Quezon adalah “Saya lebih baik memilih pemerintahan yang berjalan seperti neraka tetapi dipimpin oleh orang Filipina sendiri daripada pemerinrahan surga tetapi dipimpin oleh Amerika… Karena, meski pemerintahan jelek oleh orang Filupina, kita akan selalu ada harapan untuk merubahnya”

132. “Pohon Ajaib” Canlaon, Negros Oriental, adalah pohon balete yang diperkirakan telah berusia 1328 tahun.

133. Jesuit House (atau Museo de Parian) di kota Cebu adalah rumah tertua di Filipina, yang telah berusia 286 tahun.

134. Patung Mabalacat di Pampanga, dibangun untuk mengenang pilot Kamikaze pertama Jepang dalam Perang Dunia 2.

135. Ada aplikasi bernama Baybayin yang dibuat bagi warga Filipina yang ingin mengirim SMS dengan tulisan atau abjad Buybuyin, yang dikhususkan bagi para pengguna Android.

136. “Barel Man” pertama kali diciptakan oleh pemahat kayu Ifugao, sebagai protes tidak langsung terhadap penjajah Amerika.

137. Pada tahun 1951 sektetaris pertahanan Ramon Magsaysay terpasang di sampul majalah TIME karena dia satu-satunya pemimpin di negara dunia ketiga yang berhasil mengakhiri pemberontakan komunisme hanya menggunakan angkatan perangnya sendiri.




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel