120 FAKTA DI DUNIA YANG AKAN KITA TEMUKAN DI DALAM PELAJARAN GEOGRAFI

1. Afrika adalah satu-satunya benua yang posisinya berada di seluruh empat bagian belahan bumi, yaitu mencakup belahan bumi bagian barat, timur, utara, dan selatan.


2. Lesotho, Vatikan, dan San Marino adalah negara-negara di dunia yang hanya berbatasan dengan satu negara. Lesotho hanya berbatasan dengan Afrika Selatan, Vatikan dan San Marino berbatasan dengan Italia.

3. Cina berbatasan dengan 14 negara.

4. Lagu kebangsaan Yunani terdiri dari 158 syair.

5. Di Saudi Arabia tidak ada sungai.

6. Nama tempat terpanjang di dunia adalah Krung thep maha nakorn amorn ratana kosinmahintar ayutthay amaha dilok phop noppa ratrajathani burirom udom rajaniwesmahasat harn amorn phimarn avatarn sathit sakkattiya visanukamprasit, nama tempat di Thailand, mengalahkan Taumatawhakatangihangak oauauotamateaturipukaka pikimaungahoronukupokaiwhe nua kitanatahu, di New Zealand, dari bahasa Maori yang artinya “tempat di mana Tamatea, lelaki berlutut besar, yang meluncur, mendaki dan menelan gunung, yang dikenal suka makan tanah, memainkan serulingnya buat kekasihnya.


7. Nama desa paling panjang di dunia adalah Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwyll llantysiliogogogoch (Gereja Santa Maria di lembah putih kecoklatan dekat pusaran air dan gereja Santa Tysilio di gua merah) yang berada di Wales.


8. Nama tempat paling pendek di dunia adalah Å, yaitu nama desa di Norwegia dan Swedia. Dalam bahasa Skandinavia, “Å” artinya “sungai”.


9. Nama lengkap kota Los Angeles adalah El Pueblo de Nuestra Senora la Reina de Los Angeles de Porciuncula.

10. Spain (Spanyol) secara bahasa artinya “daratan kelinci”.

11. St. Paul, Minnesota, awalnya disebut Mata Babi (Pig’s Eye), gara-gara ada lelaki bernama Pierre “Pig’s Eye” Parrant pertama kali berbisnis di sana.

12. Wilayah negara paling kecil di dunia adalah Vatikan, yaitu hanya 5 km persegi, sedangkan wilayah kota paling luas di dunia adalah Hulunbuir di Cina, yaitu 263.953 km persegi.

13. Kota New York semakin menjauh dari London sejauh 2,5 cm setiap tahunnya.

14. Himalaya bertambah tinggih 1,5 cm setiap tahunnya.

15. Dari 25 puncak tertinggi di dunia, 19 puncak berada di Himalaya.

16. Debu dari benua Afrika dapat mencapai sejauh Florida.

17. Di Australia terdapat karang berbentuk hati.

18. Kuba adalah satu-satunya negara Karibia yang memiliki jalan rel kereta api.

19. Piramida terbesar di dunia bukan terdapat di Mesir tetapi di Mexico, yang disebut Cholula dan sekarang sudah tertutup rumput.


20. Perahu Gondola di Venice harus dicat berwarna hitam kecuali gondola kepunyaan pegawai atau bangsawan yang berkedudukan tinggi.


21. Nama negara Canada berasal dari bahasa Iroquoia oleh St. Lawrence, Kanata atau Canada, yang artinya perkampungan atau pemukiman.


22. Jalan rel trans Siberia di Russia melintasi 3901 jembatan.


23. Kepulauan Filipina terdiri dari 7107 pulau.

24. Sekitar 90% penduduk dunia tinggal di belahan bumi bagian utara.

25. Sampai tahun 2002 terdapat perjanjian antara Monako dan Perancis yang berisi jika kerajaan tidak memiliki ahli waris laki-laki, maka Monako akan kehilangan kemerdekaannya.

26. Monako adalah negara dengan penduduk paling padat di dunia.

27. Pesawat terbang tidak boleh terbang di atas Taj Mahal.

28. Kota Mexico mengalami penurunan 10-15 cm setiap tahunnya karena kota tersebut dibangun di atas danau. Bahkan kota Mexico mengalami penurunan sekitar 10 meter dalam 60 tahun terakhir.

29. Kota pertama yang penduduknya mencapai 1 juta adalah kota Roma pada tahun 133 SM. London mencapai 1 juta jumlah penduduk pada tahun 1810, New York pada tahun 1875. Ada 300 kota di Norwegia yang memiliki penduduk 1 juta.

30. Nama ibu kota Yordania, Amman, digunakan juga untuk menyebut kota Philadelphia.

31. Jika ada seorang laki-laki di Togo memberikan pujian kepada seorang perempuan, berarti lelaki tersebut harus menikahinya.

32. Sampai tahun 1980-an di Bhutan tidak ada telepon.

33. Pada tanggal 18 Februari 1979 gurun Sahara pernah turun salju.

34. Kanada adalah negara yang memiliki danau terbanyak di dunia. Hampir dari separoh jumlah danau di dunia terdapat di Kanada. Kanada memiliki 2 juta danau.

35. Gunung Thor di Pulau Biffin, Kanada, mempunyai tanjakan paling curam di dunia, setinggi 4.010 kaki.


36. Australia lebih luas dari bulan.

37. Laut Mati sekarang berada 429 meter di bawah permukaan laut dan semakin menurun sekitar 1 meter setiap tahunnya.

38. Gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest, bisa cukup masuk ke dalam Palung Mariana, yaitu palung terdalam di dunia.

39. Saking luasnya, sehingga Russia mempunyai 11 zona waktu.

40. Nauru adalah satu-satunya negara yang tidak memiliki ibu kota resmi.

41. Banyak bangunan di Manhattan memiliki nomor kode pos sendiri.

42. Jarak terdekat antara Amerika dengan Russia hanya 3,8 km.

43. Setiap benua mempunyai kota bernama Roma, kecuali benua Antartika.

44. Laut Sargasso adalah satu-satunya laut yang tidak mempunyai pantai.


45. Istanbul adalah satu-satunya kota yang terletak di dua benua, yaitu benya Asia dan Eropa.

46. Pulau paling kecil dengan status negara adalah Pitcairn.


47. Laut Putih di Russia adalah laut dengan temperatur terendah di dunia, yaitu hanya -2 derajat. Sedangkan laut paling hangat di dunia adalah Teluk Persia, yang pada musim panas bisa mencapai 35,6 derajat.


48. Tidak ada daratan di Kutub Utara, yang ada hanya bongkahan es yang menutupi laut seluas 12 juta km persegi dan mempunyai temperatur terdingin yang mencapai -34 derajat.

49. Gunung Cicero di Cape Circaeum di pantai Italia pernah dinamakan dengan Aeaea (semua huruf vokal). Dalam mitosnya gunung ini dipercaya menjadi rumah penyihir Circe. Tempat lainnya yang memakai nama huruf vokal adalah kota Aiea di Hawaii, dan pulau Eiao, yaitu salah satu dari kepulauan Marquise.




50. San Marino adalah republik konstitusional tertua di dunia. San Marino didirikan pada tahun 301 oleh pelarian tukang batu yang dianiaya oleh Raja Diocleti. Undang-undang dari tahun 1600 nya merupakan konstitui tertulis tertua di dunia.


51. Satu-satunya sungai di dunia yang mempunyai sumber di dekat garis katulistiwa adalah sungai Nil.

52. Tempat paling panas di dunia ada di El Azizia, Libya, dengan suhu 136 ºF. Sedangkan tempat paling dingin ada di Vostok Antartika, dengan suhu -134 ºF. Suhu rata-rata paling panas ada di Australia bagian barat.


53. Meski Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia jika dilihat dan diukur dari permukaan laut, tetapi yang paling dekat dengan bulan adalah Gunung Chimborazo.

54. Tempat terendah di bumi adalahn Parit atau palung Mariana.


55. Pegunungan Atlantik Tengah (Mid-Atlantic Ridge) adalah barisan gunung paling panjang di dunia (40 ribu km), yang berada di tengah-tengah sepanjang samudera Atlantik. Islandia adalah bagian dari barisan gunung tersebut yang berada di atas air. Andes adalah barisan pegunungan terpanjang di darat yang membentang sejauh 7000 km.


56. Gletser menyimpan antara 70% sampai 80% dari seluruh air tawar di bumi. 99% gletser terdapat di Arktik dan Antartika.

57. Pada tahun 1811 dan 1812 terjadi gempa bumi dengan kekuatan 8 skala Richter, yang menyebabkan aliran sungai Mississippi berbalik arah. Gempa ini juga menyebabkan terciptanya Danau Reelfoot di Tennessee.

58. Lubang terdalam yang pernah dibor oleh manusia adalah Lubang Bor Super Dalam Kola (Kola Superdeep Borehole) di Russia, yang kedalamannya mencapai 12.261 meter. Lubang ini dibuat untuk kepentingan penelitian ilmiah dan memberikan banyak penemuan yang mengejutkan, yang salah satunya ditemukannya cadangan Hidrogen dalam jumlah yang banyak.


59. Separoh dari garis pantai Amerika berada di Alaska.

60. Hutan Amazon memproduksi dan mensuplai 20% Oksigen di dunia. Volume air sungai Amazon lebih banyak dari jumlah delapan sungai besar lain di dunia.

61. Antartika adalah satu-satunya daratan di dunia yang tidak dipunyai oleh negara manapun di dunia. Antartika awalnya adalah gurun. Meski tertutup oleh es, Antartika adalah tempat paling kering di dunia, yang kelembaban absolutnya lebih rendah dibandingkan gurun Gobi.

62. Gurun terbesar di dunia adalah Antartika. Meski tidak nampak seperti gurun tetapi Antartika lebih sedikit mendapatkan hujan dibandingkan gurun Sahara. Curah hujan Antartika kurang dari 2 inci setiap tahunnya, sedangkan Gurun Sahara mencapai 4 inci setiap tahunnya.


63. Damaskus, Syiria, telah ada ribuan tahun sebelum berdirinya Roma pada tahun 753 SM, yang menjadikan Damaskus sebagai kota berpenduduk tertua di dunia yang bertahan sampai sekarang.

64. Siberia mempunyai 25% hutan dari seluruh hutan yang ada di dunia.

65. Entitas pemerintahan terkecil di dunia yang masih ada adalah Sovereign Military Order of Malta (S.M.O.M), yang berada di kota Roma, Italia. SMOM memiliki lapangan tennis dan pada tahun 2001 memiliki jumlah penduduk 80 orang. Ini entitas pemerintahan di bawah hukum internasional, seperti halnya Vatikan.

66. Di Gurun Sahara terdapat kota bernama Tidikelt, yang tidak pernah hujan selama 10 tahun. Meski demikian, tetapi tempat paling kering di dunia ada di lembah Antartika di dekat Pulau Ross.


67. Belanda adalah negara dengan posisi tanahnya paling rendah di dunia, yang sepertiga dari permukaan tanahnya berada di bawah permukaan laut.

68. Hanya 2% dari kepulauan di Karibia yang berpenduduk.

69. Terdapat lebih banyak orang Irlandia di New York City dibandingkan di Dublin (ibu kota Irlandia), juga terdapat lebih banyak orang Italia di New York City dibandingkan di Roma, Italia, dan terdapat lebih banyak orang Yahudi dibandingkan di Tel Aviv.

70. Sejak terbentuknya sejak 12.000 tahun yang lalu, posisi air terjun Niaga semakin mundur 11 km karena erosi.

71. Negara yang mempunyai bahasa paling banyak adalah Papua Nugini. Ada 820 bahasa digunakan di Papua Nugini, atau 12% dari total bahasa di dunia.

72. Russia adalah paling banyak menghasilkan Oksigen paling banyak di dunia, yang dihasilkan dari hutan di Siberia. Siberia adalah rumah bagi 25% hutan di dunia, yang luasnya lebih besar dari Amerika.

73. Dataran Tinggi Magnet adalah dataran tinggi gravitasi yang berada di dekat Leah, di Ladakh, India. Bukit ini mempunyai gaya magnet cukup kuat untuk mendorong mobil ke atas dan memaksa pesawat yang melintasinya agar meningkatkan ketinggian terbangnya untuk menghindari gaya magnet tersebut.


74. Australia memiliki jalan lurus tanpa belokan terpanjang di dunia, sejauh 146,6 km. australia juga memiliki rel kereta api lurus terpanjang di dunia, yang panjangnya mencapai 478 km.

75. Buddha Tian Tan di Pulau Lantau, Hongkong, adalah patung Buddha terbesar di dunia. Patung ini dibuat dari perunggu dengan ketinggian mencapai 34 meter dengan bobot 250 ton, yang selesai dibangun pada Desember 1983.

76. Di Turkmenistan terdapat Pintu Neraka (Door to Hell), yang awalnya adalah ladang gas tetapi kemudian dibakar oleh Uni Soviet. Tempat ini selalu mengeluarkan api selama 40 tahun tanpa padam.


77. Di Lithuania terdapat Bukit Salib (Hill of Crosses) Kryziu Kalnas. Kryziu Kalnas awalnya adalah tempat upacara berkabung warga Lithuania atas korban perang. Uni Soviet pernah menghancurkan tempat ini dua kali tetapi warga membangunnya kembali. Di sana terdapat 100.000 salib.


78. “83-42”, Greenland adalah titik daratan terjauh sebelah utara dari bumi. Tempat ini kecil hanya berukuran 35 x 15 m dan tingginya 4 m, yang letaknya 400 mil dari kutub utara.


79. Kolam Don Juan adalah kumpulan air paling asin di dunia, yang keasinannya 18 kali dari air laut, dibandingkan dengan Laut Mati yang keasinannya hanya 8 kali dari air laut. Kolam ini terletak di Pulau Victoria, Antartika, dan tidak pernah membeku.


80. Triple Frontier adalah area perbatasan tiga negara yang terletak diantara perbatasan Argentina, Brazil, dan Paraguai, dan hanya ada satu di dunia.


81. Perbatasan negara paling panjang adalah perbatasan antara Amerika dan Kanada, yang membentang sejauh 8.890 km.

82. Grand Canyon di Arizona, Amerika, adalah jurang terbesar di dunia. Jurang ini dibelah oleh Sungai Colorado yang panjangnya mencapai 440 km.


83. Gurun paling besar di dunia adalah Gurun Sahara.

84. Lubang gas alam di Irak yang terkenal dengan nama Baba Gurgur (Api Abadi) selalu menyala selama hampir lebih dari 4000 tahun, dan tempat ini telah disebut oleh Herodotus, Plutarch, dan disebut dalam Kitab Perjanjian Lama dari Kitab Daniel.


85. Jembatan alami terbesar di dunia adalah Jembatan Peri (Fairy Bridge) di Irlandia. Jembatan ini terkenal setelah ditemukan oleh Google Earth.


86. Gelombang paling tinggi di dunia adalah gelombang mega tsunami Lituya Bay tahun 1958, yang mencapai ketinggian 524 meter.

87. Lebih dari satu lusin orang yang sudah pernah ke bulan, tetapi baru ada 3 orang yang sampai ke Palung Mariana.

88. Pada tahun 1850 hanya ada 8% penduduk wanita di California.

89. Pulau Venice dibangun di atas pondasi batang kayu. 1200 tahun kemudian pondasi kayu tersebut masih menopang hampir seluruh Venice.


90. Sheikh Hamad, seorang miliarder dan anggota keluarga kerajaan di Uni Emirat Arab mempunyai nama yang dipahat besar di pulau pribadinya, Pulau Al Futasyi, dan bisa terlihat dari ruang angkasa.


91. Air terjun yang terkenal dengan nama The Devil’s Kettle (Ceret Iblis) di Minnesota, airnya terjun masuk ke lubang dan tidak ada yang tahu sampai ke mana air tersebut mengalir.


92. Ada danau di bawah Antartika yang bernama Danau Vostok, yang telah berusia 25 juta tahun


93. Laut Kaspia masuk dalam danau terbesar di dunia.


94. Air di Antartika sangat dingin sehingga daging dan apapun tidak bisa membusuk.

95. Jika es di Antartika mencair maka lautan akan naik setinggi 60 sampai 65 meter.

96. Gurun Sahara bertambah luas 1 km setiap bulannya.

97. Samudera Atlantik Utara bertambah luas 2,5 cm setiap tahunnya.

98. Seluruh nama benya diawali dan berakhiran huruf yang sama, kecuali Nort America dan South America.

99. Gunung berapi mampu memuntahkan abunya setinggi 50 km ke angkasa.

100. Great Barrier Reef di Australia panjangnya mencapai 1.250 mil.


101. Connecticut dan Pulau Rhode tidak pernah meratifikasi Amandemen (Larangan) peninggalan abad 18.

102. Lebih dari 50.000 kali gempa bumi terjadi setiap tahunnya di seluruh dunia.

103. Setiap tahunnya di Alaska terjadi 5000 gempa bumi.

104. Karena pengaruh gaya gravitasi, maka berat badan kamu akan lebih ringan saat rembulan berada tepat di atas kamu.

105. Eropa adalah satu-satunya benua yang tidak mempunyai gurun.

106. Antartika mempunyai kode, yaitu 672.

107. Louisiana adalah satu-satunya negara bagian yang terus bertambah luas setiap tahunnya, karena tanah aluvial yang dibawa oleh Sungai Mississippi.

108. Satu mil kubik air laut mengandung 50 pond emas.

109. Rata-rata bongkahan emas yang terapung seberat 20.000.000 ton.

110. Kota Houston, Texas dibangun di atas rata-rata, sehingga terus mengalami penurunan tanah.

111. Gua terpanjang di dunia adalah Gua Mammoth di Amerika dengan kedalaman mencapai 560.000 meter.


112. Bandara Dallas/Ft. Worth adalah lebih besar dari Pulau Manhattan nya New York City.


113. Negara bagian Florida adalah lebih besar dari Inggris.

114. Di Filipina ada pulau di tengah-tengah danau yang danau tersebut juga berada di tengah-tengah danau, yaitu di suatu tempat yang disebut Vulcan Point Island yang berada di danau kawah di Vilcano Island di danau Taal di pulau Luzon Filipina.


115. Norwegia banyak memiliki teluk curam. Terdapat sekitar 1.190 teluk di Norwegia dan kepulauan Svalbard. Nærøyfjord (diucapkan mirip “narrow”), sebagai situs UNESCO World Heritage, adalah teluk curam paling sempit di dunia, yang lebarnya hanya 250 meter di beberapa areanya.


116. Tembok Hadrian berada di Inggris Raya utara (pulau utama Inggris) yang panjangnya mencapai 120 km, dari Solwat Firth di barat sampai ke Sungai Tyne di deat Newcastle di sebelah timur. Tembok ini dibangun oleh Raja Romawi Hadiran pada abad ke-2 untuk melindungi bangsa Caledonia dari Skotlandia keluar dari Inggris.


117. Danau terdalam di Amerika adalah Danau Kawah Oregon. Danau ini terletak di dalam kawah kuno di gunung Mazama, yang kedalamannya mencapai 589 meter.


118. Diperkirakan ada 3 ayam untuk satu orang di dunia.

119. Kedalaman perairan antara India dan Sri Lanka hanyalah 3-30 kaki dan dapat diseberangi dengan berjalan kaki sampai tahun 1480 sampai kemudian badai memindahkan banyak pasir di sekitarnya.

120. Meski sudah bergabung namun kita masih bisa melihat perbedaan antara Jerman Barat dengan Jerman Timur dari bolam lampunya.

sumber : http://www.semestafakta.com/2018/05/31/120-fakta-menarik-tentang-geografi.html



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel