Perbedaan Antara Eksositosis dan Endositosis

Endositosis dan eksositosis adalah proses yang dilakukan oleh sel tubuh untuk melakukan tindakan seperti sekresi kimia, pelepasan energi, mengeluarkan sampah, dsb.


Pengertian Endositosis

Proses endositosis adalah proses dimana sel tubuh menelan molekul-molekul seperti protein, molekul polar, dan zat-zat lain menggunakan membran plasma yang hidrofobik. Proses ini dilakukan oleh banyak sel eukariotik untuk menelan partikel makanan disekitar mereka, dalam kasus seperti ini membran plasma diperluas ke luar.

Mekanisme mendasar proses endositosis dan eksositosis sebenarnya kurang lebih sama. Vesikel adalah struktur yang digunakan untuk transpor molekul-molekul. Vesikel juga digunakan untuk penyimpanan dan transportasi makanan. Selain itu, banyak bakteri dan patogen dapat masuk ke dalam tubuh ketika proses ini dilakukan.


Pengertian Eksositosis

Proses eksositosis mengeluarkan molekul-molekul yang tidak dapat melewati membran sel karena terlalu besar. Pengeluaran ini dilakukan dengan penggabungan membran vesikel yang berisi molekul dan membran plasma.

Vesikel adalah kantung-kantung kecil yang tertutup membran, vesikel-vesikel ini dapat melingkupi molekul dan menelannya. Vesikel ini kemudian pergi menuju membran sel dan menempel ke membran sel. Setelah itu, membran vesikel menyatu dengan membran sel, molekul yang sebelumnya terdapat di dalam vesikel kemudian tumpah ke luar sel.


Jadi, proses endositosis dan eksositosis adalah kebalikan dari satu sama lain, keduanya merupakan mekanisme yang sangat penting.

Sumber : James William



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel