Pengertian Gaya, Macam-Macam,dan Pengaruh Gaya Beserta Contoh


Gaya adalah sesuatu benda yang ditarik atau didorong. Gaya tidak bisa dilihat tetapi bisa dirasakan. Hampir setiap hari kita melakukan gaya. Gaya sebenar nya ada berbagai macam jenis tapi gaya yang biasanya kita lakukan adalah gaya dorongan dan gaya tarik. Contoh gaya dorongan adalah mendorong meja, membuka pintu, dan mendorong gerobak. Contoh gaya tarik adalah menarik air di sumur, menutup pintu, mengibarkan bendera.
Gaya bisa memindah sesuatu benda seperti saata kita mendorong meja yang tadinya didalam kita dorong menjadi diluar dan pada saat kita menendang bola yang tadinya di tengah kita tendang menjadi di pinggir.

Macam-Macam Gaya

Yang tadi kita bicarakan diatas gaya mempunyai berbagai macam jenis. Nah sekarang kita akan mengenal macam-macam gaya.

Gaya Otot

Gaya otot adalah gaya yang menggunakan tenaga otot atau dihasilkan oleh gaya tarikan dan dorongan. Contoh gaya otot adalah mengangkat meja.

Gaya Gesek

Gaya gesek adalah gaya yang terjadi dua benda bergesekan antara dua permukaan datar. Gaya gesek memperlambat gerak benda. Kenapa sih kok memperlambat gerak benda? Karena dua permukaan datar yang bergesekan. Gaya gesek juga dapat menimbulkan suara. Contoh gaya gesek pada saat kita mengerem mobil, mobil itu akan berhenti.

Gaya Gravitasi

Gaya gravitasi adalah gaya yang terjadi karena gravitasi bumi. Gaya gravitasi menyebab kan semua benda mengapung. Contoh gaya gravitasi adalah buah kelapa yang jatuh dari pohonya.

Gaya Pegas

Gaya pegas adalah gaya yang dihasilkan oleh sebuah pegas. Contoh gaya pegas pada saat kita bermain ketapel.

Gaya Magnet

Gaya magnet adalah gaya yang ditimbulkan oleh dorangan dan tarikan dari magnet. Contoh gaya magnet adalah pada saat kita mendekatkan magnet dengan besi magnet akan di dorong sehingga menempel dibesi itu. Benda yang tidak bisa menempel pada magnet contohnya almunium, kayu, plastik,dll

Gaya Listrik

Gaya listrik adalah gaya yang dihasilkan oleh listrik contoh gaya listrik adalah pada saat kita menyalakan kipas angin, menyalakan lampu, menyalakan komputer,dll

Pengaruh Gaya

Benda dapat bergerak karna ada gaya yang timbul. Jika gaya tidak timbul maka benda tidak mungkin bergerak atau berubah kedudukkannya.

Gaya Mempengaruhi Gerak Benda

Gaya yang diberikan ke sebuah benda mengakibatkan berbagi perubahan contohnya diuraikan menjadi berikut
Benda diam menjadi bergerak karena ada gaya, contohnya bola yang berhenti kita tendang menjadi bergerak.
Benda bergerak menjadi diam contohnya pada saat kita menggayuh pedal sepeda yang sepeda tadi bergerak di rem menjadi berhenti.
Benda bergerak menjadi berubah arah contohnya pada saat kita menaiki motor yang tadinya bergerak kita belokan menjadi berubah arah.

Gaya Dapat Mengubah Bentuk Benda

Gaya yang kita lakukan juga mengubah bentuk benda. Contohnya 
Almunium yang dibakar dan dipipihkan
Besi yang dibakar menjadi dipipihkan
Plastisin yang kita tekan akan berubah

Sumber: calya




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel