Inilah Daftar Universitas Terbaik di Dunia, Yuk Cek Universitas Kamu

30 Universitas Terbaik di Dunia Tahun 2018

Apa nama universitas terbaik di dunia saat ini? Apa saja keunggulan universitas tersebut yang membuatnya layak mendapat gelar kehormatan? Dan berapa biaya perkuliahan yang harus disediakan?



Bagi pelajar yang telah menyelesaikan pendidikannya di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), maka tahap pendidikan selanjutnya adalah ke jenjang pendidikan tinggi, khususnya ke level universitas. Menentukan lembaga sekolah tinggi dan universitas yang berkualitas bagus bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangannya. Namun, satu hal yang menjadi harapan dan keinginan calon mahasiswa dan orang tuanya adalah lembaga pendidikan tersebut bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan hidup agar dapat bersaing dalam kehidupan global yang makin kompetitif.

Untuk menentukan manakah sekolah tinggi dan universitas terbaik di tahun 2018, anda bisa menemukan daftar informasinya melalui berbagai sumber, salah satunya dari situs topuniversities.com. Situs ini telah melakukan riset untuk membuat daftar peringkat universitas – universitas terbaik di seluruh dunia, tentunya dengan menggunakan metodelogi yang ilmiah. Mereka menggunakan enam metriks untuk menentukan daftar peringkat universitas terbaik di dunia tahun 2018 yang keseluruhan berjumlah 959 lembaga universitas di seluruh dunia.






Adapun keenam indikator penilaian tersebut, meliputi:
Academic Reputation
Employer Reputation
Faculty/Student Ratio
Citations per faculty
International Faculty Ratio
International Student Ratio
Daftar Peringkat Universitas Terbaik di Dunia

Nah, berdasarkan gabungan skor dari keenam metrik tersebut, manakah universitas terbaik di dunia tahun 2018? Inilah daftar 30 universitas teratas:
30. The Hong Kong University of Science and Technology

Didirikan pada tahun 1991, Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong (HKUST) adalah sebuah universitas riset internasional yang didedikasikan untuk pendidikan dan penelitian terbaik. Didirikan berdasarkan misinya untuk memajukan pembelajaran dan pengetahuan melalui pengajaran dan penelitian terutama di bidang sains, teknologi, teknik, manajemen dan studi bisnis yang dilengkapi oleh humaniora dan ilmu sosial, serta membantu pengembangan sosioekonomi Hong Kong. Meskipun usia kampus ini baru 27 tahun, namun itu menghentikannya sebagai salah satu universitas terbaik di dunia. Di universitas ini tersedia sejumlah fakultas dan jurusan unggulan yang telah diakui dunia. Program MBA Executive (EMBA) Kellogg-HKUST yang banyak diminati, di tengah ekspektasi tinggi, juga menduduki peringkat global EMBA Financial Times tujuh kali dalam sepuluh tahun terakhir.
(Situs: ust.hk)





29. Northwestern University

Amerika Serikat memiliki puluhan universitas yang menjadi favorit mahasiswa internasional. Sebagai awal pembuka di daftar 30 besar ini, ada Universitas Northwestern yang terletak Evanston, Illinois. Universitas yang berdiri tahun 1851 ini memiliki sejumlah fakultas dan jurusan yang diakui dunia. Universitas Northwestern berada di antara 20 universitas teratas di dunia, terutama untuk jurusan studi kimia, ilmu material, komunikasi dan studi media, ekonomi dan ekonometri, studi bisnis dan manajemen serta seni pertunjukan. Jumlah mahasiswanya saat ini mencapai 15.000 orang dengan besar penerimaan akademiknya adalah US$ 4,92 miliar.
(Situs: northwestern.edu)
28. Universitas Tokyo

Negara Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia. Maka tak heran jika di negara Sakura ini juga terdapat universitas yang diakui dunia. Berada pada peringkat ke-28, universitas yang dibangun pada tahun 1877 ini memiliki 10 fakultas. Beberapa bidang jurusan yang masuk dalam 10 terbaik dunia, antara lain: jurusan bahasa modern, mekanik, aeronautical & manufacturing engineering, anatomi dan psikologi, jurusan farmasi, fisika dan astronomi, serta sosial politik dan administrasi. Jumlah mahasiswa di Universitas Tokyo saat ini diperkirakan lebih dari 28 ribu orang.
(Situs: u-tokyo.ac.jp)
27. University of California, Berkeley (UCB)

University of California, Berkeley adalah salah satu institusi akademis terkemuka di dunia. Dikenal luas sebagai “Cal”, kampus ini terkenal dengan ukuran dan kualitas perpustakaan dan laboratoriumnya, ruang lingkup penelitian dan publikasi, dan perbedaan fakultas dan mahasiswanya. Peringkat nasional secara konsisten menempatkan program sarjana dan pascasarjana Berkeley di antara yang terbaik dalam berbagai disiplin ilmu. Universitas yang berdiri tahun 1868 ini telah melahirkan banyak lulusan sukses, termasuk 7 pemenang Nobel, 225 anggota Akademi Ilmu Pengetahuan & Ilmu Pengetahuan, 131 anggota National Academy of Science, 87 anggota National Academy of Engineering, dan lainnya. Di sinilah juga ada dua profesor yang menemukan plutonium pada tahun 1941 serta banyak elemen lainnya, termasuk berkelium dan kalifornium. UCB saat ini memiliki lebih dari 22.800 mahasiswa aktif.
(Situs: berkeley.edu)
26. Universitas Hongkong (HKU)

Setelah sebelumnya ada The Hong Kong University of Science and Technology yang menduduki posisi ke-30, universitas terbaik di peringkat 26 juga terdapat di Hongkong, yakni Universitas Hongkong. Universitas yang berdiri tahun 1911 ini adalah institusi tersier tertua di Hong Kong, dengan sejarah terbentang lebih dari seratus tahun. Universitas Hong Kong berada di peringkat 26 di antara universitas riset terkemuka yang paling diakui di dunia. Ini adalah sebuah universitas yang terhubung secara global dengan lebih dari 340 universitas terkemuka di 43 negara. Komunitas yang beragam dengan lebih dari 9.000 pelajar internasional dari 96 negara. Kurikulum kelas dunia dengan bahasa Inggris sebagai media pengajaran. Universitas ini memiliki tingkat kerja lulusan lebih dari 99,4% untuk 11 tahun berturut-turut terakhir.
(Situs: hku.hk)





25. Tsinghua University

Universitas terbaik di China dan menduduki rangking ke-25 dunia adalah Universitas Tsinghua. Didirikan pada tahun 1911, Universitas Tsinghua adalah universitas riset umum yang secara konsisten masuk sebagai salah satu universitas terbaik di China. Kampus ini memiliki 14 sekolah dan 56 departemen. Beberapa fakultas yang dimiliki mencakup bidang sains, teknik, humaniora, hukum, kedokteran, sejarah, filsafat, ekonomi, manajemen, pendidikan dan seni. Universitas ini dikenal untuk membina bakat dan penelitian ilmiah, dengan 149 lembaga penelitian utama, termasuk 13 laboratorium utama negara bagian. Kampus Tsinghua, yang terletak di barat laut Beijing, telah diakui sebagai salah satu yang terindah di dunia.
(Situs: tsinghua.edu.cn)
24. King’s College London (KCL)

Berdiri sejak tahun 1829, sekolah tinggi yang populer disebut King’s merupakan salah satu yang terbaik di dunia dengan selalu berada di ajang 25 besar menurut daftar peringkat yang dipublikasikan QS World University Rankings. Sebagai salah satu kampus tertua di Inggris, KCL saat ini memiliki lebih dari 27 ribu mahasiswa, dimana 10 ribu lebih merupakan mahasiswa internasional. Lembaga pendidikan tinggi ini merupakan 7 terbaik di Inggris dalam hal perolehan income dari hasil riset, dan secara keseluruhan memperoleh pendapatan tahunan mencapai 684 juta Euro.
(Situs: kcl.ac.uk)
23. Universitas Edinburgh

University of Edinburgh adalah salah satu universitas di Inggris, yang secara konsisten berada di peringkat 50 besar dunia, dan berada di peringkat ke-23 menurut daftar QS World University Rankings. Budaya wirausaha dan lintas disiplin tidak hanya menarik mahasiswa, tapi juga staf dari sekitar 137 negara, yang menciptakan pengalaman Edinburgh yang unik. Kampus ini menyediakan lingkungan kerja, pembelajaran dan pengajaran yang merangsang dengan akses ke fasilitas unggulan dan menarik yang terbaik di dunia. Sebagai tuan rumah bagi lebih dari 35.000 siswa, universitas yang berdiri sejak tahun 1583 ini terus menarik perhatian dunia.
(Situs: ed.ac.uk)
22. Universitas Duke

Dengan memperoleh skor penuh dalam hal penelitian, inovasi, fasilitas dan kriteria khusus, Duke University berada di peringkat 22 menurut daftar yang disusun QS World University Rankings®, naik dua poin dari posisi tahun lalu.
Universitas yang berdiri tahun 1838 ini juga memperoleh peringkat ke-39 di dunia untuk kelayakan kerja lulusannya. Universitas Duke unggul dalam sejumlah mata pelajaran, termasuk teologi, studi agama dan keilahian, bahasa Inggris dan sastra, sejarah, ilmu biologi, kedokteran, ekonomi dan akutansi, serta ilmu hayati dan kedokteran. Berbasis di Durham, North Carolina – Amerika Serikat, kampus Duke University menawarkan beberapa klinik, rumah sakit, bioskop, pusat pertunjukan seni, galeri, pusat budaya hitam, studio tari, beberapa museum seni bahkan sebuah klub emas.
(Situs: duke.edu)





21. University of Michigan

Didirikan pada tahun 1817, University of Michigan, adalah universitas riset publik yang berlokasi di kota Ann Arbor, Michigan. Berdiri 20 tahun sebelum Michigan menjadi negara bagian, ini adalah universitas tertua di negara bagian tersebut, dan sekarang dianggap sebagai salah satu institusi penelitian terdepan di Amerika Serikat. Michigan secara konsisten berada dalam daftar 25 besar QS World University Rankings®. Universitas Michigan memiliki salah satu basis alumni terbesar di universitas manapun, dengan lebih dari 540.000 alumni di seluruh dunia. Beberapa alumninya termasuk Presiden AS Gerald Ford, James Earl Jones, Arthur Miller dan Selma Blair. Michigan memiliki fokus global, dengan lebih dari 200 studi program luar negeri di enam benua, dan lebih dari 65 bahasa asing diajarkan.
(Situs: umich.edu)
20. Universitas Nasional Australia (ANU)

Australian National University (ANU) adalah pusat pendidikan dan penelitian terkemuka di dunia. Peringkat pertama di Australia dan ke-20 di dunia, naik dua peringkat dari tahun lalu. Universitas Nasional Australia semakin membanggakan lagi dengan catatan yang luar biasa untuk kepuasan siswa dan kelayakan kerja pascasarjana. Bagi staf akademik dan profesional, ANU menawarkan kondisi yang sangat baik termasuk pengaturan kerja yang fleksibel, peluang pengembangan profesional, dan gaji yang kompetitif – semuanya ada di dalam komunitas kampus dan terpadu. Universitas yang berdiri pada tahun 1946 ini memiliki moto “Naturam Primum Cognoscere Rerum” (Menjadi yang pertama dalam mempelajari sesuatu)
(Situs: anu.edu.au)

19. University of Pennsylvania

University of Pennsylvania adalah sebuah institusi dengan reputasi lama yang didirikan pada tahun 1740 dan berlokasi di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat. Universitas ini telah memperoleh 5 bintang dalam daftar QS World University Rankings. Universitas swasta ini menjadi terbaik ke 19 di dunia, turun satu level dari tahun sebelumnya. Universitas Pennsylvania terkenal akan program-program profesionalnya, termasuk sekolah bisnis, hukum dan kedokterannya. Beberapa nama tokoh dunia jebolan kampus ini, antara lain: William Henry Harrison, Donald Trump (presiden AS), Warren Buffett, Martin Luther King, Jr, dan juga Boediono (Wapres RI di era SBY)
(Situs: upenn.edu)
18. Columbia University

Dengan jumlah maksimum 5 bintang pada penilaian QS World University Rankings, menjadikan universitas ini terbaik ke-18 di dunia, naik dua peringkat dari tahun lalu. Universitas Columbia adalah salah satu institusi akademis terpenting di dunia. Universitas ini didirikan pada tahun 1754 dengan nama King’s College, dan berlokasi di New York. Universitas ini menawarkan program sarjana dan pascasarjana. Hingga tahun 2004, ada 72 pemenang Nobel yang memiliki afiliasi dengan Universitas Columbia.
(Situs: columbia.edu)





17. Johns Hopkins University

Johns Hopkins University adalah universitas terbaik ke 17 di dunia sesuai dengan daftar peringkat yang dikeluarkan oleh QS World University Rankings. John Hopkins University berada di antara 10 universitas terkemuka di dunia untuk jurusan keperawatan, ilmu hayati dan kedokteran, anatomi dan fisiologi, serta farmasi atau obat-obatan. Masuk dalam daftar peringkat di antara 60 universitas teratas di dunia untuk kemudahan lulusan memperoleh pekerjaan, John Hopkins University telah menginvestasikan lebih banyak uang dalam penelitian daripada institusi AS lainnya selama 36 tahun terakhir. Universitas yang beralamat di Maryland – Amerika Serikat ini merupakan kampus tua karena telah berdiri sejak tahun 1876.
(Situs: jhu.edu)
16. Yale University

Universitas Yale adalah sebuah universitas swasta di New Haven, Connecticut – Amerika Serikat. Universitas ini termasuk sekolah tua, karena telah berdiri pada tahun 1701 sebagai Collegiate School. Universitas yang memiliki luas kampus 1,1 km persegi ini telah banyak menghasilkan lulusan bermutu, termasuk orang-orang penerima nobel dan sebagai presiden Amerika Serikat, seperti William Howard Taft, Gerald Ford (LL.B), George H.W. Bush (BA), Bill Clinton (JD), dan George W. Bush (BA). Universitas ini memiliki lebih dari 3000 anggota fakultas, di antaranya adalah Profesor Sterling yang dianggap sebagai peringkat tertinggi.
(Situs: yale.edu)
15. National University of Singapore (NUS)

Dalam daftar 30 universitas terbaik dunia tahun 2018 ini, negera Singapura menempatkan dua lembaga tinggi yang bergengsi, salah satunya National University of Singapore (NUS) yang berlokasi di Kent Ridge, barat daya Singapura. Universitas Nasional Singapura mempunyai kampus belajar seluas 1,5 km persegi dan menjadi universitas terbesar di negara singa tersebut. Atas inisiatif Tan Jiak Kim, pada tahun 1905 berdirilah sekolah kedokteran pertama di Singapore, bernama Straits and Federated Malay States Government Medical School, sebagai cikal bakal universitas ini. Saat ini, NUS terdiri dari 13 fakultas dan sekolah dengan berbagai program dan jurusan, seperti jurusan bisnis, komputer, hukum, kesehatan, farmasi, dan seni.
(Situs: nus.edu.sg)





14. Cornell University

Di peringkat ke-14 sebagai universitas terbaik di dunia adalah sebuah universitas riset swasta di Amerika Serikatrt, bernama Cornell University. Universitas yang dibangun tahun 1865 ini mempunyai dua kampus kedokteran di New York City dan di Education City di Doha, Qatar. Universitas yang berlokasi di Ithaca ini dibangun oleh Ezra Cornell dan Andrew Dickson White setelah usainya perang saudara di Amerika. Moto dan semboyan universitas ini adalah “Saya akan membangun sebuah institusi yang setiap orang bisa merasakan pendidikan di setiap bidang”.
(Situs: cornell.edu)
13. Princeton University

Universitas Princeton, terletak di Princeton, New Jersey, adalah institusi pendidikan tinggi tertua ke empat di Amerika Serikat. Sebagai universitas yang populer, Princeton University memiliki beberapa program dan jurusan unggulan, diantaranya bidang arsitektur, teknik, dan urusan internasional dan publik baik prasarjana maupun sarjana yang terkenal. Didirikan pada tahun 1746, universitas ini awalnya sebagai institusi presbyterian yang menerima siswa berdasarkan agama tertentu. Princeton kini merupakan salah satu sekolah dalam Liga Ivy (Ivy League) dan selalu konsisten berada di urutan atas pemeringkatan universitas dan college.
(Situs: princeton.edu)
12. Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne (EPFL)

Universitas yang berada di Lausanne, Swiss ini juga terpilih sebagai salah satu universitas terbaik dunia. Universitas ini lebih mengkhususkan diri pada ilmu alam dan rekayasa. Swiss Federal Institute of Technology memiliki tiga misi utama: pendidikan, penelitian dan transfer teknologi di tingkat internasional. EPFL yang berdiri pada tahun 1853, secara umum dianggap sebagai universitas terkemuka di dunia. Jejak awal sekolah tinggi ini berawal dari sebah sekolah swasta dengan nama École spéciale de Lausanne pada tahun 1853 atas inisiatif Lois Rivier, lulusan dari École Centrale Paris dan John Gay, yang kemudian menjadi profesor dan rektor dari Académie de Lausanne.
(Situs: www.epfl.ch)





11. Universitas Teknologi Nanyang (NTU)

Tak kalah dengan kualitas pendidikan tinggi di Amerika dan Eropa, Universitas Teknologi Nanyang yang terletak di Jurong, bagian barat daya Singapura ini terpilih sebagai universitas terbaik di dunia pada rangking 11. Universitas seluas 2 km² ini terletak sekitar 25 km dari pusat kota. Setidaknya ada 11 fakultas di NTU yang masuk dalam 50 besar terbaik di dunia, yakni jurusan teknik dan teknologi, kelistrikan, ilmu material, komunikasi dan media penelitian, teknik kimia, ilmu alam, pendidikan dan pelatihan, ilmu komputer dan sistem informasi, ilmu sosial dan manajemen, manajemen perhotelan dan rekreasi, dan fakultas linguistik.
(Situs: www.ntu.edu.sg)
10. ETH Zurich – Institut Teknologi Federal Swiss

Didirikan pada tahun 1855, universitas sains dan teknologi ini telah menjadi pusat pengetahuan dan inovasi. ETH Zurich memiliki sekitar 500 profesor dan 20.000 siswa dari 120 negara. Di antara mantan mahasiswa universitas tersebut adalah Albert Einstein. Jumlah pelajar saat ini 19.815 orang, dan mahasiswa internasional sebanyak 7.563 orang. Bahasa utama yang digunakan adalah Jerman. Biaya kuliah rata-rata: US $ 600 per semester.
(Situs: ethz.ch)
9. Universitas Chicago (UChicago)

Didirikan pada tahun 1890, University of Chicago adalah universitas riset swasta yang sangat konsisten dalam hal peringkat universitas dunia. Universitas ini juga menghasilkan banyak mantan mahasiswa terkenal, termasuk 13 miliarder dan 51 ilmuwan Rhodes yang sangat terhormat. Jumlah pelajarnya saat ini 13.557 orang, yang terdiri dari 3.379 orang mahasiswa internasional.
(Situs: uchicago.edu)






8. Imperial College London

Imperial College London didirikan pada tahun 1907 oleh Royal Charter. Universitas ini unik dan berbeda dari universitas lainnya di Inggris, karena universitas ini memberikan fokus utama pada sains, teknologi, teknik, kedokteran dan bisnis. Kampus utama universitas ini terletak di South Kensington, di daerah yang dikenal sebagai ‘Albertopolis’, di mana Pangeran Albert dan Sir Henry Cole bervisi dalam kesinambungan sains dan sastra. Jumlah pelajar yang terdaftar saat ini sebanyak 16.090 orang, dimana 8.746 orang diantaranya merupakan mahasiswa internasional.
(Situs: imperial.ac.uk)
7. University College London (UCL)

University College London adalah salah satu universitas paling bergengsi di dunia dengan beragam disiplin ilmu, serta reputasi internasional dalam penelitian dan pengajaran berkualitas. UCL terkenal dengan studinya di berbagai bidang seperti kedokteran, bahasa, hukum, teknik, sejarah, astrofisika, dan lain-lain. UCL memiliki kebanggaan terhadap para alumninya, dimana setidaknya 29 pemegang hadiah Nobel merupakan lulusan dari kampus ini dalam satu dekade sejak berdirinya Hadiah Nobel tahun 1901. Jumlah pelajar di kampus ini mencapai 31.080 orang, dan mahasiswa internasional sebanyak 14.854 orang.
(Situs: ucl.ac.uk)
6. Universitas Oxford

Universitas Oxford didirikan sekitar seribu tahun yang lalu, pada tahun 1096. Universitas ini terkenal dengan literaturnya, terutama dalam bahasa Inggris. Universitas Oxford juga memiliki reputasi baik dalam bidang geografi, arketologi, anatomi dan fisiologi, serta sastra dan kemanusiaan. Universitas ini terletak di Oxford, sebuah kota ikonik, dengan kampus indah yang berdekatan dengan sungai Thames, Inggris. Jumlah siswanya saat ini sebanyak 19.720 orang, dimana mahasiswa internasionalnya sekitar 7.353 orang.
(Situs: www.ox.ac.uk)





5. Universitas Cambridge

Didirikan pada tahun 1209, Universitas Cambridge yang ada di Inggris ini merupakan lembaga pendidikan yang kaya akan sejarah. Di antara murid-muridnya yang terdepan adalah Sir Isaac Newton, seorang fisikawan Inggris yang menemukan adanya hukum gravitasi. Beberapa mantan mahasiswa University of Cambridge lainnya adalah Stephen Hawking (matematikawan), Emma Thompson (aktor), dan Arianna Huffington (salah satu pendiri The Huffington Post). Jumlah mahasiswanya saat ini 18.770 orang, terdiri dari mahasiswa internasional sebanyak 6.699 orang.
(Situs: cam.ac.uk)
4. Institut Teknologi California (Caltech)

Terletak di Pasadena – Amerika Serikat, Institut Teknologi California memiliki reputasi yang sangat baik di bidang STEM, terutama teknik kimia, biologi, kimia, ilmu kelautan dan perairan, fisika dan astronomi, serta ilmu alam. Posisi universitas berdasarkan subjek juga pada tingkat yang sangat memuaskan. Caltech adalah universitas berkapasitas kecil namun memiliki kekuatan riset yang mengalahkan universitas berkapasitas besar lainnya. Dengan rasio 3:1 untuk mahasiswa fakultas, Caltech memiliki 300 staf pengajar dan 600 peneliti, dengan 99% siswanya berada di antara 10 mahasiswa teratas dari perguruan tinggi mereka. Jumlah mahasiswa saat ini 2.255 orang, dimana mahasiswa internasional berjumlah 647 orang.
(Situs: caltech.edu)
3. Universitas Harvard

Salah satu universitas Ivy League di Amerika Serikat, Universitas Harvard adalah institusi tertua di negara ini, yang didirikan pada tahun 1636. Universitas Harvard memiliki kekuatan dalam ilmu Sains dan kedokteran, serta ilmu sosial dan manajemen. Beberapa sosok pribadi yang pernah belajar di institusi ini antara lain pendiri Facebook Mark Zuckerberg dan pendiri Microsoft Bill Gates. Sebenarnya, Barack Obama dan Michelle Obama juga lulusan Harvard University, juga beberapa presiden Amerika lainnya. Jumlah mahasiswanya saat ini 22.429 orang, dan pelajar internasional sebanyak 5.266 orang.
(Situs: harvard.edu)


2. Universitas Stanford

Universitas Stanford dikenal dengan kekuatannya di bidang-bidang seperti sastra dan kemanusiaan, teknik dan teknologi, ilmu sains dan kedokteran, ilmu sosial dan manajemen serta ilmu pengetahuan alam. Bertempat di Silicon Valley, California, Stanford University telah berhasil menghasilkan banyak periset kelas dunia, begitu pula pengusaha teknologi yang memiliki pengaruh kuat pada generasi sekarang. Di antaranya adalah Elon Musk (Tesla), Sergei Brin (Google), Peter Thiel, John Kennedy (mantan Presiden AS) dan Larry Page (Google). Jumlah siswanya saat ini 15.878 orang, dan terdiri dari mahasiswa internasional sebanyak 3.611 orang.
(Situs: standford.edu)
1. Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Didirikan pada tahun 1861, Institut Teknologi Tecnology Massachusetts adalah universitas terbaik di dunia pada tahun 2018, dan juga beberapa tahun sebelumnya. QS World University Ranking memberikan skor maksimal untuk semua kategori termasuk penelitian, kesempatan kerja, pengajaran, fasilitas, inovasi dan lainnya. MIT juga merupakan universitas terbaik di dunia untuk beberapa mata pelajaran termasuk arsitektur, linguistik, sains komputer dan sistem informasi, teknik dan teknologi, kimia, matematika, ekonomi dan ekonometri. Beberapa mantan mahasiswa MIT yang terkenal antara lain Buzz Aldrin dan Kofi Annan. Jumlah pelajarnya saat ini 11.067 orang, dan mahasiswa internasional sebanyak 3.717 orang.
(Situs: web.mit.edu)

sumber:diedit



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel