Defenisi Part of speech


APA ITU PARTS OF SPEECH???

A. Definisi

The parts of speech merupakan klasifikasi atau jenis-jenis kata dalam bahasa Inggris.

B. Manfaat Mempelajari parts of speech (pos)

     Setiap kata dalam bahasa Inggris memiliki jenis atau part of speech tertentu. Selanjutnya, setiap jenis kata tersebut memiliki tempat tertentu dalam kalimat. Mempelajari parts of speech (pos) menjadi penting karena kualitas pemahaman dan penguasaan terhadap materi ini dapat memudahkan para pembelajar bahasa Inggris setidaknya dalam beberapa hal berikut:

1. Mengenal setiap jenis kata dalam bahasa Inggris.

Contoh:

- Kata ‘dream’ dapat hadir dalam kalimat sebagai verb (kata kerja) sehingga berarti bermimpi, melamun atau bercita-cita, namun juga dapat hadir sebagai noun (kata benda) sehingga berarti impian, lamunan atau cita-cita.

- Kata sabar dalam bahasa Inggris adalah patient (adjective atau kata sifat),kesabaran adalah patience (noun atau kata benda) dan ‘dengan sabar’ adalahpatiently (adverb atau kata keterangan).

2. Meletakkan kata dalam kalimat dengan benar berarti meletakkan kata sesuai dengan part of speech-nya.

Contoh:

Kalimat ‘Menulis memberikanku kebahagiaan’, kita dapat mengatakan ‘Writing gives me happiness. Subjek pada kalimat tersebut adalah ‘menulis’ kita menggunakan ‘writing’ bukan ‘write’ karena ‘writing’ merupakan ‘gerund’ yaitu salah satu bentuk verb yang dapat menduduki posisi subjek dalam

kalimat. Sementara ‘write’ merupakan ‘verb’ dalam bentuk present (v1) dan ‘verb’ dalam bentuk ini tidak dapat menduduki posisi subjek. Mengenali jenis ‘verb’ merupakan salah satu pokok bahasan penting dalam POS.

3. Memahami dua bentuk kalimat utama dalam bahasa Inggris yaitu kalimat verbal dan nominal.

Contoh:

Seseorang akan yakin mengatakan ‘She forgot about it’ atau ‘She is forgetful’,dan tidak akan pernah mengatakan ‘She is forget about it’ ketika ia mengetahui bahwa forget adalah verb dan forgetful adalah adjective (kata sifat). Pada kasus tersebut, verb diletakkan pada verbal sentence dan adjective pada nominal sentence. ‘She forgot about it’ dinamakan verbal sentence dan‘she is forgetful’ dinamakan nominal sentence; pemahaman verbal atau nominal sentence terkait erat dengan pemahaman dan penguasaan pos.

4. Memahami dan menguasai tenses bahasa Inggris.

Salah satu topik dan bekal utama dalam menguasai bahasa Inggris adalah tenses. Penguasaan tenses secara komprehensif meliputi:

a. empat jenis tenses utama (present, past, future dan past future),

b. tenses untuk active dan passive sentence,

c. tenses untuk verbal dan nominal sentence,

(semuanya) dalam bentuk positive, negative, interrogative Penguasaan tenses tidak semata hafalan namun diawali dari pemahaman materi pos. Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang pos akan memudahakan penguasaan tenses secara komprehensif.

C. The Eight Parts of Speech

Klasifikasi kata dalam bahasa Inggris terdiri dari delapan (8) jenis, yaitu:

1. Noun : kata benda          5. Adverb : kata keterangan

2. Pronoun : kata ganti       6. Preposition : kata depan

3. Adjective : kata sifat      7. Conjunction : kata penghubung

4. Verb : kata kerja             8. Interjection : kata seru

Sumber : sayyidahshare



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel