ARTI DARI LAMBANG PBB ( Perserikatan Bangsa-Bangsa )

PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) atau dalam bahasa Inggris disebut United Nations (UN) adalah Lembaga perdamaian yang lahir setelah Perang Dunia II. Lembaga ini didirikan di San Fransisco pada 24 Oktober 1945 setelah Konferensi Dumbarton Oaks di Washington DC, untuk menggantikan LBB.


Jumlah anggota PBB saat ini adalah 193 negara di dunia, di seluruh benua yang ada.


Fungsi PBB yaitu :

1. Pemeliharaan perdamaian dan keamanan
2. Penegakan hak asasi manusia
3. Pembangunan sosial dan ekonomi
4. Penegakan hukum internasional
Lambang PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa)

Bagian bagian Lambang

1. Latar belakang berwarna biru
2. Lambang berwarna Putih
3. Peta dunia
4. Ranting zaitun
5. Garis lintang dan bujur membentuk 33 kolom
6. Menggunakan proyeksi peta “Azimut berjarak sama” berpusat di Kutub Utara.
7. Delapan garis meridian (Garis bujur 3600 dibagi 450)

Makna lambang

1. Latar belakang bendera PBB berwarna biru muda.
  • Warna biru adalah warna netral internasional yaitu warna langit yang selalu dilihat setiap bangsa di setiap negara di Bumi. Juga merupakan warna laut yang menutup sebagian besar permukaan bumi.
  • Warna biru menandakan misi PBB. Biru tua adalah misi yang sedang berlangsung, sedangkan biru muda adalah misi yang telah lalu. Oleh karena itu, pasukan PBB juga disebut "Helm Biru".
  • Warna biru adalah kebalikan dari warna merah, yaitu warna perang. Dengan kata lain, warna biru juga melambangkan warna perdamaian internasional. Juga sekaligus menegaskan misi PBB yaitu menjaga perdamaian dunia.
  • Warna biru adalah warna resmi PBB.
2. Lambang PBB berwarna putih.
  • Warna putih melambangkan kejujuran. Maksudnya, dalam organisasi PBB, yang digunakan adalah kejujuran. Saling terbuka jika ada masalah antara satu negara dengan negara yang lain sehingga tidak akan terjadi pertumpahan darah antar sesama.
  • Warna putih jika digabungkan dengan warna biru, memberikan kesan kesatuan dan satu tujuan, walaupun tidak menyimbolkan keadilan pada semua keragaman di dunia.
  • Warna putih adalah warna resmi PBB.
3.  Pada lambang PBB terdapat sebuah peta dunia yang sederhana antara Kutub Utara dan Kutub selatan dengan semua benua yang ditunjukkan secara garis besar.
  • Peta dunia melambangkan dan mewakili semua masyarakat yang tinggal di dunia
  • Peta dunia menunjukkan luasnya lingkup daerah yang dipengaruhi oleh organisasi PBB.
  • Peta dunia menggambarkan bidang perhatian/ pengawasan PBB dalam mencapai tujuan utamanya, yaitu perdamaian dan keamanan.
  • Peta dunia ini juga menunjukan bahwa tidak ada negara yang berkuasa, karena tidak ada negara manapun yang ditonjolkan dalam lambang tersebut.
4. Pada lambang PBB terdapat Ranting Zaitun yang membingkai proyeksi bumi yang berisi peta dunia secara garis besar, melambangkan simbol perdamaian yang membingkai/ melingkupi seluruh negara di bumi.

5.Garis lintang dan bujur membentuk 33 kolom, melambangkan 33 tingkatan dalam organsasi rahasia Freemasonry yahudi di Amerika, negara tuan rumah konferensi.

6. Proyeksi peta yang digunakan pada lambang tersebut adalah “Azimut berjarak sama”, berpusat di Kutub Utara. Akibatnya kesejajaran yang ditampilkan adalah lingkaran konsentris dan rasio jari-jari nya hanyalah
5 : 4 : 3 : 2 : 1.

  • Proyeksi peta dengan benua Amerika di tengah menyimbolkan bahwa Amerika merupakan negara tuan rumah konferensi.
  • Proyeksi yang berpusat di kutub utara menunjukkan ruang lingkup seluruh dunia dari organisasi baru.
Demikianlah penjelasan makna lambang PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa)





Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel