PERBEDAAN ANTARA PHRASE, CLAUSE, DAN SENTENCE DALAM BAHASA INGGRIS


Ketiga hal di atas bisa membuat banyak orang bingung. Pada dasarnya, membedakan Phrase, Clause, dan Sentence itu mudah. Ikuti artikel ini untuk mendapatkan penjelasannya.

Phrase Phrase atau frase merupakan kelompok kata yang tidak terdiri dari subjek dan kata kerja. Phrase bisa berbentuk noun phrase, adjective phrase, verb phrase, dan prepositional phrase. Contoh: 1. Noun phrase: a beautiful magic, a great boy, the best moment, an abstract painting.
2. Adjective phrase: a light green room, a sweet juicy orange, a handsome white man.
3. Verb phrase: is driving, will paint, have been finished, was kicking, were swimming.
4. Prepositional Phrase: in the morning, at home, against the world, with my sister. Clause 

Tingkatannya lebih tinggi dari phrase. Merupakan sekelompok kata yang terdiri dari subjek dan kata kerja. Clause terbagi ke dalam dua bentuk yaitu independent clause dan dependent clause. Clause yang bisa berdiri sendiri serta dianggap sebuah kalimat utuh adalah independent clause. Sementara clause yang membutuhkan clause lain untuk membentuk kalimat utuh adalah dependent clause. Dalam contoh berikut, independent clause berwarna hijau sementara dependent clause berwarna merah. Contoh:
1. I swim when I want. (Saya berenang ketika saya mau.)
2. You have to take the book that I gave to you. (Kamu harus mengambil buku yang saya berikan kepadamu.)
3. She smiled when I looked at her. (Dia tersenyum ketika saya melihat kearahnya.)
4. He won the debate competition which was held in this city. (Dia menang kompetisi debat yang diselenggarakan di kota ini.) Sentence Sentence atau kalimat merupakan sekelompok kata yang mempunyai subjek dan pradikat. Berbeda dengan dependent clause, sentence merupakan kesatuan pikiran utuh. Apakah independent clause termasuk ke dalam sentence? Ya benar. Independent clause bisa dikategorikan sebagai sentence atau kalimat. Contoh:
1. They write a new note on my book. (Mereka menulis catatan baru di buku saya.)
2. She can believe you if you tell her the truth. (Dia dapat mempercayaimu jika kamu mengatakan kebenaran kepadanya.)
3. I can’t swim. (Saya tidak dapat berenang.)
4. My father reads newspaper every morning. (Ayah saya membaca Koran setiap pagi.) Pengertian dan Contoh Noun Phrase di Bahasa Inggris Setelah kita mempelajari tentang frase, kini kita melanjutkan materi ke noun phrase atau frase kata benda. Pernah mengenal apa itu frase kata benda? Kalau belum, silakan lihat contoh berikut ini:
1. I live with my beloved daughter. (Saya tinggal bersama anak perempuan saya tercinta.)
2. Do you agree with my creative suggestion? (Apakah kamu setuju dengan pendapat kreatif saya?)
3. Are you the owner of that super fast motorcycle? (Apakah kamu pemilik dari motor super cepat itu?)
4. I don’t know where to buy a dark brown guitar. (saya tidak tahu dimana dapat membeli sebuah gitar coklat gelap.)
5. The white beautiful fan is mine. (Kipas angin putih yang indah itu adalah milikku.) Apa yang saya cetak tebal merupakan noun phrase. Lalu, bagaimana kita tahu bahwa itu adalah noun phrase? Lihat fungsinya. Jika kata-kata itu menggantikan noun dan mendeskripsikan noun, maka itu adalah noun phrase. Lihat contoh berikut, dan perhatikan bahwa saya mengganti semua kata bercetak tebal itu dengan pronoun.

1. I live with her.
2. Do you agree with it?
3. Are you the owner of it?
4. I don’t know where to buy it?
5. It is mine. Saya mengganti dengan it dan her untuk membuktikan bahwa kata yang saya cetak tebal tersebut merupakan noun. So kalau begitu, kita perjelas ya. Noun phrase merupakan frase yang digunakan untuk memerankan noun dengan cara memberikan deskripsi lebih, namun tetap mengacu pada noun (kata benda) itu sendiri. The white beautiful fan (kipas angin putih yang cantik) toh pada akhirnya tetap mengacu pada satu benda yaitu kipas angin. Namun untuk menerangkan lebih jauh, maka ditambahkan the-white-beautiful. Namun, pada intinya yang disebut tetaplah kata benda, tetaplah kipas angin. Pengertian, Jenis, dan Contoh Adjective Phrase dalam Bahasa Inggris Kita telah mengenal arti dan contoh phrase, noun phrase, dan verb phrase. Kini saatnya adjective phrase. Adjective phrase merupakan frase atau phrase yang mempunyai adjective lebih dari satu serta digunakan untuk memodifikasi serta mendeskripsikan noun atau berfungsi sebagai bagian dari predikat. Contoh:
1. You are like an extremely tired worker. (Anda seperti seorang pekerja yang sangat lelah.)
2. She feels fairly bored with you. (Dia sangat bosan dengan Anda.)
3. He is very serious person. (Dia adalah orang yang sangat serius.) Jenis Adjective Phrase Adjective Phrase mempunyai dua jenis yaitu predicative serta attributive. Predicative adjective merupakan adjective phrase yang berfungsi sebagai pradikat. Letaknya setelah kata kerja serta tidak berfungsi untuk mendeskripsikan noun. Contoh:
1. I am so afraid. (Saya sangat takut.)
2. She is quite beautiful. (Dia begitu cantik.)
3. She looks totally confused. (Dia terlihat benar-benar bingung.)
4. Your video games are very pricey. (Game Anda begitu mahal.)
5. You are highly enthusiastic. (Kamu benar-benar bersemangat.) Attributive Adjective digunakan untuk mendeskripsikan noun. Frase ini diletakkan sebelum noun. Contoh:
1. You are an extremely beautiful woman. (Dia adalah wanita yang benar-benar cantik.)
2. I know that, he is a terribly bad person. (Saya tahu itu, dia adalah orang yang benar-benar buruk.) 3. Do you like this sweet juicy orange? (Apakah kamu menyukai Jeruk berair yang manis ini?)
4. She becomes a very angry woman. (Dia menjadi wanita yang sangat marah.)
5. I like this extremely dark room. (Saya menyukai ruangan yang benar-benar gelap ini.) Pengertian dan Contoh Verb Phrase dalam Bahasa Inggris Sebelumnya, kita telah mempelajari tentang noun phrase di dalam bahasa Inggris. Selanjutnya, kita akan sama-sama mengetahui verb phrase. Pada dasarnya, verb phrase merupakan kata kerja berbentuk frase sehingga tidak hanya ditulis hanya satu kata kerja saja. Contoh: I have a pencil. I have bought a pencil. Di kalimat pertama, kita menjumpai verb yaitu have. Sedangkan, di kalimat yang kedua, kita menjumpai verb phrase yaitu have bought. Phrase atau frase tentu tidak hanya terdiri dari satu kata saja bukan? So kalau begitu, kesimpulannya adalah verb phrase merupakan verb yang tidak hanya terdiri dari satu kata. Namun, tetap berfungsi sebagai verb. Beberapa verb phrase antara lain adalah, is watching, is sleeping, was taking, have taught, have been sleeping, dan masih banyak lagi. Menggunakan penjelasan di bawah ini, saya akan menjabarkan apa saja bentuk-bentuk verb phrase di dalam bahasa Inggris. Auxiliary Verb (Be) + Present Participle (-Ing form) Auxiliary verbs (be) disini maksudnya adalah is, am, are, was, dan were. Sedangkan present participle yaitu kata kerja yang ditambahkan akhiran –ing. Bentuk ini digunakan pada present dan past continuous tense. Contoh:
1. I was sleeping when you called me.
2. She is taking a bath.
3. He is talking with me.
Anda bisa lihat kata yang saya garisbawahi. Di dalamnya terdapat be verbs ditambah dengan present participle. Itulah verbs phrase. Auxiliary verb (have) + Past Participle (Verb 3) Auxiliary verbs disini terbagi menjadi dua yaitu have, has, dan had (past). Sedangkan past participle, biasa kita kenal dengan sebutan kata kerja bentuk ketiga. Bentuk seperti ini digunakan untuk present dan past perfect. Seperti contoh di atas, yang saya garis bawahi berikut ini merupakan verb phrase. Contoh:
1. I have planned to go to Europe.
2. She has cleaned the room.
3. They had taken the medicine.
Auxiliary verb (have been) + Present Participle (-Ing form) Selanjutnya, kita menggunakan auxiliary verbs dengan cakupan have been, has been, dan had been (past). Kemudian ditambah dengan present participle atau kata kerja berakhiran –ing. Ini merupakan bentuk dari present dan past perfect continuous tense. Contoh:
1. She has been waiting for you for three hours.
2. They had been cleaning this room.
3. I have been staying in this house for these three years.
Modal Verb + Main Verb Modal verb yaitu, can, could, may, might, must, shall, should, will, would. Sementara main verb adalah kata kerja utama. Contoh:
1. I can speak English.
2. She will work with me.
3. She might be younger than me.
So, teman-teman, itulah berbagai bentuk dari verb phrase. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda. Ingat, verb phrase adalah frase yang fungsinya sebagai verb atau kata kerja. Dapatkan Pengertian dan Contoh Prepositional Phrase Disini! Prepositional phrase merupakan kumpulan kata yang diawali oleh preposisi. Contohnya adalah in the corner, in the morning, on the table, at home, dan against the world. Sebuah prepositional phrase dapat diakhiri oleh noun, pronoun, gerund, atau clause yang berfungsi atau berperan sebagai objek dari preposisi tersebut. Sebagai contoh, dalam preposisi at home, maka home berfungsi sebagai objek dari at. Kemudian dalam prepositional phrase in the morning, maka morning berfungsi sebagai objek dari in. Fungsi Prepositional Phrase Prepositional phrase kebanyakan berfungsi sebagai kata keterangan atau adverbs. Contoh:
1. He fights in my class. (Dia berkelahi di kelasku.)
2. I put the book on the table. (Saya meletakkan buku di atas meja.)
3. She kisses me in every morning. (Dia mencium saya setiap pagi.)
4. I believe in God. (Saya percaya adanya Tuhan.)
5. They come for twice a week. (Mereka datang dua kali seminggu.)
6. He opened the door before you came. (Dia membuka pintu sebelum kamu datang.)

Penjelasan & Contoh Kalimat Simple, Compound, dan Complex Sentence Jenis kalimat bahasa Inggris itu terbagi ke dalam tiga buah. Anda akan mendapati simple sentence, complex sentence, dan compound sentence. Pada dasarnya, tiga jenis kalimat itulah yang melingkupi pembelajaran bahasa Inggris. Sistem penulisan kalimat serta pemahamannya yang mendalam adalah sebuah hal yang sangat penting untuk dipelajari oleh setiap siswa. Tanpa mengerti bagiaman sebuah kalimat dibentuk, akan sangat sulit untuk mencerna pola kalimat dan kemudian membuatnya secara sempurna. Di bawah ini, kami menghadirkan penjelasan mengenai 3 jenis kalimat bahasa Inggris tersebut. Silakan Anda amati, simak, dan terapkan penjelasan tersebut ke dalam praktik bahasa Inggris yang sesungguhnya. Simple Sentence Simple sentence atau kalimat sederhana mempunyai pengertian serta pemahaman berdasarkan artinya, sederhana. Kesederhanaan itu tampak dari struktur kalimatnya yang terdiri hanya dari subjek dan predikat. Berikut penjelasan lengkap mengenai simple sentence dalam bahasa Inggris.

Subjek + Kata Kerja + Pelengkap
1. Marry is a doctor.
2. My father is a police.
3. I become a teacher.
4. My sister got tired.
5. I feel bored.
Dalam konteks ini, semuanya menjadi satu bagian dan tidak bisa dipisahkan, itulah ciri dari pelengkap atau complement. Dalam kalimat pertama Marry adalah seorang dokter. Artinya, Marry adalah dokter jadi Kata “Marry” dan kata “Dokter” itu satu kesatuan serta tidak bisa dipisahkan.

Subjek + Kata Kerja + Objek
1. I borrowed the book.
2. My parent follows me.
3. They bring a big chair.
4. Jack throws a pencil. Berbeda dengan pelengkap atau complement, dalam konteks objek kita akan mendapatkan dua hal terpisah. Pada kalimat kedua, kata “they” tentu tidak satu bagian dengan kata “big chair” bukan? Mereka berada dalam ruang lingkup berbeda serta bukan digabung. Itulah tanda bahwa kalimat tersebut menggunakan objek.

Compound Sentence Merupakan sebuah kalimat yang terdidi dari dua simple sentence atau kalimat sederhana dan digabungkan menggunakan kordinator kalimat. Kordinator kalimat yang digunakan untuk merangkai dua kalimat sederhana tersebut adalah for, and, nor, but, or, yet, so. Dikenal dengan singkatan FANBOYS.
1. My parents are working, so I play football.
2. Dina having a dream to be a doctor and Tika is dreaming to be a teacher.
3. I like a chocolate, but Tika likes strawberry.
4. I do not take the money from bank, for it was not the right thing to buy.

Perhatikan semua kalimat dan kami akan memberikan contoh kalimat ketiga. Pada kalimat ketiga, terdapat dua buah kalimat sederhana bukan? Tentu saja semua contoh juga begitu. Kalimat ketiga apabila dipisahkan akan menjadi I came late + because + I was trapped at the traffic jam. Begitulah teknik pembuatan kalimat compound.

Complex Sentence Kalimat kompleks merupakan kalimat yang mempunyai dua klausa yaitu klausa Independen dan klausa Dependen. Kalau dalam bahasa Indonesia, kalimat kompleks bisa anda temukan melalui beragam contoh berikut ini. Saya menutup pintu sebelum dia masuk. Saya hadir setelah dia datang. Perhatikan kalimat di atas, kalimat pertama apabila dipisah beserta kata penghubungnya akan menampilkan struktur seperti ini, Saya menutup pintu + sebelum dia masuk. Kalimat “saya menutup pintu” adalah klausa independen atau mampu berdiri sendiri. Sedangkan, kalimat “sebelum dia masuk merupakan klausa dependen yang tidak bisa berdiri sendiri. Anda tentu tidak mungkin membuat kalimat hanya dengan klausa “sebelum dia masuk.” bukan? Istilah kasarnya, harus ada kalimat lain yang menyertainya. Contoh complex sentence dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut.
1. After my father came home (dependent), we made a dinner (independent).
2. My parents and I visited the Disneyland (independent) before it closed (dependent).
3. When I came to Indonesia (dependent), my friends had finished their study (independent).

Sentence Types (Tipe-Tipe Kalimat Bahasa Inggris) Penjelasan singkat dan contoh sentence types berdasarkan strukturnya adalah sebagai berikut. Sentence Type Contoh
Sentence Simple Sentence merupakan sentence type yang paling mendasar karena hanya terdiri dari satu independent clause Water boils at 100 degrees Celcius.
(Air mendidih pada suhu 100 derajat celcius.)

Compound Sentence merupakan sentence type yang terdiri dari dua atau lebih independent clause yang dihubungkan oleh coordinate conjunction (for, and, nor, but, or, yet, so) Vina wakes up at 5:00 am, and she go to school at 6:30 am. (Vina bangun jam 5 dan dia pergi ke sekolah jam setengah 7.) Complex Sentence merupakan sentence type yang terdiri dari satu independent clause dan satu atau lebih dependent clause [subordinate conjunction (although, when, because, dll) + subject + predicate] Her face is fresh because she always eats fresh fruits. (Wajahnya segar karena dia selalu makan buah-buahan segar.)

Compound-Complex Sentence merupakan sentence type hasil kombinasi antara compound dengan complex sentence Andra found a lot of expired food, but he didn’t got rid of it because he was too busy. (Andra menemukan banyak makanan basi, tapi dia tidak menyingkirkannya karena dia terlalu sibuk.) Sentence Types Berdasarkan Penggunaannya Berikut penjelasan singkat dan contoh sentence types berdasarkan penggunaannya. Sentence Type Contoh

Sentence Declarative Sentence merupakan sentence type untuk membuat statement (pernyataan), berupa fact (fakta) atau opinion (pendapat) Batik is a tradisional cloth from Indonesia. (Batik adalah pakaian tradisional dari Indonesia.)

Interrogative Sentence merupakan sentence type untuk membuat pertanyaan (yes-no, tag, dan wh- question) Why do you hate cats? (Mengapa kamu benci kucing?)

Exclamatory Sentence merupakan sentence type untuk menyatakan perasaan yang kuat (strong feeling) melalui seruan
What a beautiful craft! (Kerajinan yang cantik!)
Imperative Sentence merupakan sentence type untuk membuat perintah (command), permintaan (request), atau petunjuk (direction)
Please take off your shoes here. (Tolong copot sepatumu disini.)

Sumber : Ach Daly



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel