Pengertian Dan Penerapan Resonansi & Amplitudo Terlengkap

Resonansi Dan Amplitudo.

Ini semua Agan susun setelah mencari referensi dari berbagai sumber baik dari google, maupun dari buku-buku pelajaran sekolah. Untuk itu Agan mengucapkan banyak terima kasih kepada sumber-suber terkait. 
image: google
Pengertian Resonansi : 

Resonansi merupakan peristiwa ikut bergetarnya sebuah benda disebabkan getaran dari benda lain yang mempunyai frekuensi yang sama atau mempunyai frekuensi dengan nilai yang merupakan kelipatan bilangan bulat dari frekuensi benda tersebut.

Contoh yang paling mudah untuk dilihat adalah apabila kita memukul beduk pada satu sisi, maka pasti sisi yang lainnya pun akan turut bergetar sehingga menciptakan bunyi yang lebih keras.

Penerapan Resonansi dalam Kehidupan

Fenomena Resonansi sangat berguna pada kehidupan kita setiap harinya. Contoh umum bagaimana resonansi diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari adalah penerapan resonansi bunyi. Beragam alat musik diproduksi berdasarkan fenomena resonansi.

Sejumlah alat musik biasanya dirancang memiliki lubang udara yang ikut bergetar ketika alat musik tersebut dimainkan sehingga suaranya terdengar lebih keras. Beberapa alat musik tersebut diantaranya: suling,bedug, kendang,ketipung, gitar dsb.

Adanya gejala Resonansi benar-benar bermanfaat dalam bidang musik. Sebuah Dawai tak bisa membuat bunyi yang keras bila tak dilengkapi dengan suatu kotak resonansi. Pada sebuah gitar ada sebuah kotak sebagai kolom udara dimana udara di dalamnya turut bergetar jika senar gitar dipetik. Udara dalam kotak gitar itu bergerak menggunakan frekuensi dengan besaran yang sama dengan yang dihasilkan oleh senar gitar. Udara dalam tabung gamelan pun akan bergetar apabila lempeng logam dari gamelan itu dipukul. Bila alat musik gamelan itu tak memiliki tabung atau kotak kolom udara di bawah lempeng logam, Anda tak akan bisa mendengar kerasnya bunyi gamelan itu.

Sebenarnya pengertian resonansi tidak terbatas pada getaran yang mengakibatkan suara saja. Namun karena pengaplikasiannya paling sering terjadi terutama untuk keperluan di bidang musik, maka resonansi pun identik dengan resonansi bunyi.


Amplitudo 
image: google book
Amplitudo adalah simpangan maksimum dari suatu gelombang yang akan mempengaruhi kuat lemahnya bunyi.

Semakin besar energy yang dipancarkan oleh suatu sumber getar, semakin kuat bunyi yang didengar. Jadi, kuat dan lemahnya suatu bunyi bergantung pada besar kecilnya amplitude gelombang.

Perhatikan Gambar 3.24. Sebuah sumber bunyi digetarkan dengan frekuensi tertentu. Pengamat (1) mendengar bunyi lebih kuat dibandingkan dengan pengamat (2) karena amplitude gelombang bunyi yang sampai pada pengamat (1) lebih besar dibandingkan dengan amplitude gelombang bunyi yang sampai pada pengamat (2). Adapun frekuensi yang terdengar oleh kedua pengamat adalah sama.

Penurunan amplitude umumnya terjadi karena penyebaran atau peredaman oleh medium.

Semoga pengertian Resonansi dan Amplitudo di atas bisa bermanfaat menambah pengetahuan kita. 

Sumber : http://atonaru.blogspot.com/2014/09/pengertian-resonansi-dan-amplitudo-ipa.html



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel