Vocabulary Learning


Dalam belajar Bahasa Inggris, satu hal yang sangat penting untuk dikenal terlebih dahulu ialah kosa kata, yang dalam Bahasa Inggris dikenal dengan istilah vocabulary.

Kosakata adalah (1) komponen bahasa yang memuat secara informasi tentang makna dan pemakaian kata dalam bahasa; (2) kekayaan kata yang dimiliki seorang pembicara, penulis atau suatu bahasa; dan (3) daftar kata yang disusun seperti kamus, tetapi dengan penjelasan yang singkat dan praktis.

Vocabulary adalah (1) jumlah kata dalam sebuah bahasa; (2) semua kata yang diketahui seseorang ataupun yang digunakan dalam buku tertentu; (3) daftar kata beserta artinya, khususnya yang terdapat pada buku teks dalam bahasa asing (Hornby, 1995:1331).

Berdasarkan pengertian-pengertian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa vocabulary adalah jumlah kata dalam bahasa asing (dalam hal ini Bahasa Inggris) yang dikuasai oleh peserta didik atau pembelajar Bahasa Inggris.

Jadi, untuk dapat berbahasa Inggris, kita harus memiliki kosa kata (vocabulary) yang memumpuni. Hal inilah yang sering menjadi kendala bagi orang-orang yang ingin mampu berbahasa Inggris dengan baik. Banyak orang yang menggunakan metode menghafal untuk memperkaya kosa kata mereka. Tetapi, menurut saya menghafal tanpa ada tindakan lebih lanjut untuk tetap menjaga kata-kata yang telah dihafal dalam ingatan, sama saja tidak ada artinya. Jadi, jika Anda ingin menggunakan metode menghafal, Anda harus menggunakan kata-kata yang telah dihafal tersebut dalam berbicara (speaking) atau menulis (writing), sehingga kata-kata tersebut akan tetap Anda ingat.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk memperkaya kosa kata, salah satunya ialah melalui reading (membaca). Rajinlah membaca text berbahasa Inggris, dan rajinlah mencaritahu arti dari kata-kata dalam text tersbut. Anda juga dapat membuat kamus pribadi melalui kata-kata yang Anda cari tahu artinya. Anda dapat menyediakan satu buku catatan kecil yang dapat Anda bawa kemana saja dan kapan saja, seperti gambar berikut ini:
Jadi, disaat Anda menikmati waktu luang, Anda dapat membuka catatan tersebut, lalu cobalah untuk membuat kalimat dalam Bahasa Inggris dengan kata-kata yang telah Anda tuliskan. Hal ini akan membantu Anda untuk mengingat kata-kata tersebut dan juga melatih Anda untuk mampu mengutarakan sesuatu dalam Bahasa Inggris.

Cara berikutnya untuk memperkaya kosa kata ialah dengan sering mendengarkan lagu-lagu Bahasa Inggris. Mungkin, sebagian besar dari kita suka mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris. Alangkah baiknya jika kita tidak hanya sekedar mendengarkan saja, tetapi juga menyimak dengan seksama lirik-lirik lagu yang kita dengarkan. Coba cari tahu arti dari kata-kata yang tidak kita mengerti. Jika kita tidak mampu menangkap kata yang diucapkan oleh sang penyanyi dalam lagunya, kita dapat mencari lirik lagunya melalui internet. Lalu, cobalah ikut bernyanyi sembari kita mendengarkan lagu tersebut. Selain dapat mengerti isi lagu tersebut, hal ini juga dapat melatih pronunciation (pengucapan) kita. Sama halnya dengan metode sebelumnya, Anda juga bisa membuat kalimat sendiri dengan kata-kata yang telah dicari tahu artinya dari lagu tersebut.

Intinya, untuk memperkaya kosa kata kita dalam Bahasa Inggris, tumbuhkan rasa ingin tahu dalam diri kita tentang kata-kata yang tidak diketahui artinya. Dimana pun dan kapan pun, kita menemukan kata-kata baru, cobalah mencari tahu artinya. Di zaman yang serba canngih ini, tidak alasan kita tidak memiliki kamus atau malas membawa kamus. Kita dapat membawa kamus kemana saja dan kapan saja melalui e-dictionary yang dapat di download dari smartphone atau gadget kita.

Jadi, selamat mencoba, keep studying and never give up!!!!

Sumber : bahasainggris2017



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel