SISTEM IMUN (KEKEBALAN TUBUH)

 

1. Pengertian

Sistem kekebalan tubuh ( imunitas ) adalah sistem  yang melindungi tubuh terhadap pengaruh biologis luar dengan mengidentifikasi dan membunuh patogen serta sel tumor. Sistem ini mendeteksi dan melindungi tubuh dari infeksi,bakteri,virus sampai cacing parasit,serta menghancurkan zat-zat asing lain dan memusnahkan mereka .Sistem imun tersusun dari sel-sel dan jaringan yang membentuk imunitas, yaitu kekebalan tubuh terhadap infeksi atau penyakitPenyebab penyakit (patogen) dapat masuk ke dalam tubuh kita, dapat menghancurkan sistem imun dan menggandakan diri dalam tubuh, menghancurkan jaringan-jaringan dengan melepaskan racun.Jika kekebalan tubuh dapat dikalahkan oleh patogen, berarti tubuh kita mengalami suatu penyakit.

2. Fungsi Sistem Imun

Melindungi tubuh dari invasi penyebab penyakit; menghancurkan menghilangkan mikroorganisme atau substansi asing (bakteri, parasit, jamur, dan virus, serta tumor) yang masuk ke dalam tubuh Menghilangkan jaringan atau sel yg mati atau rusak (debris sel) untuk perbaikan jaringan. Mengenali dan menghilangkan sel yang abnormal

3. Jenis – jenis Sistem Kekebalan Tubuh   dapat dikelompokan berdasarkan asalnya dan mekanisme kerjanya
3.1. Berdasarkan asalnya sistem kekebalan tubuh terbagi menjadi 2 yaitu kekebalan Nonspesifik (Kekebalan tubuh bawaan /Kekebalan tubuh alami) dan kekebalan tubuh spesifik (adaftif/buatan)
a. Kekebalan tubuh nonspesifik adalah
bagian dari tubuh kita yang telah ada sejak kita lahir.Sistem ini tidak selektif,artinya semua benda asing yangmasuk ke dalam tubuh akan diserang dan dihancurkan tanpa seleksi , serta  tidak memiliki kemampuan untuk mengingat infeksi yanterjadi sebelumnya . 

b. Kekebalan tubuh spesifik ( kekebalan adaptif / Kekebalan tubuh buatan ), adalah
system kekebalan yang diaktifkan oleh kekebalan tubuh nonspesifik dan merupakan system pertahanan tubuh yang ketiga.

3.2.  Berdasarkan mekanismekerjanya sistem kekebalan tubuh terbagi 2,yaitu :
a.  Imunitas humoral, yaitu
imunitas yang dimediasi oleh molekul di dalam darah, yang disebut antibodi. Antibodi dihasilkan oleh sel B limfosit. Mekanisme imunitas ini ditujukan untuk benda asing yang berada di di luar sel (berada di cairan atau jaringan tubuh).B limfosit akanmengenali benda asing tersebut, kemudian akan memproduksi antibodi.Antibodi merupakan molekul yang akan menempel di suatu molekul spesifik (antigen) dipermukaan benda asing tersebut. Kemudian antibodi akan menggumpalkan benda asing tersebut sehingga menjadi tidak aktif, atau berperan sebagai sinyal bagi sel-sel fagosit.
b. Imunitas selular  adalah  :
respon imun yang dilakukan oleh molekul-molekul protein yang tersimpan dalam limfa dan plasma darah. Imunitas ini dimediasi oleh sel T limfosit.Mekanisme ini ditujukan untuk benda asing yang dapat menginfeksi sel (beberapa bakteri dan virus) sehingga tidak dapat dilekati oleh antibodi.Tlimfosit kemudian akan menginduksi 2 hal, yaitu :(1) fagositosis benda asing tersebut oleh sel yang terinfeksi, (2) lisis sel yang terinfeksi sehingga benda asing tersebut terbebas ke luar sel dan dapat di dilekati oleh antibodi.4. Sistem Pertahanan Tubuh (Respon imun)
Tiga macam sel darah putih yang berperan dalam respon imun, yaitu: Limfosit B, disebut sel B karena diproduksi di dalam bone marrow (sumsum tulang), Limfosit T, disebut sel T karena diproduksi di dalam kelenjar timus, dan Makrofag. Mekanisme kerjanya : antibodi Limfosit B berperan dalam sintesis antibodi. Antibodi ini bisa disekresikan atau tetap terikat membran pada permukaan sel B, tergantung kondisinya. Selama respon imun humoral, antibodi-antibodi mengikat antigen-antigen yang kemudian diingesti (ditelan) dan didegradasi (dipecah/dirusak) oleh makrofagLimfosit T lebih memiliki respon dalam imun sel. Sel-sel T mensintesis reseptor yang mengenali antigen-antigen pada permukaan sel dan memicu lisisnya sel-sel yang mengandung antigen tadi.Antigen merupakan zat yang menyebabkab munculnya respon imun di dalam tubuh.5. Seputar immun
Autoimmunitas merupakan respon imun terlalu aktif menyebabkan disfungsi imunSistem imun gagal untuk memusnahkan dengan tepat antara diri sendiri dan bukan diri sendiri, dan menyerang bagian dari tubuh.Autoimunitas adalah kegagalan suatu organisme untuk mengenali bagian dari dirinya sendiri sebagai bagian dari dirinya, yang membuat respon kekebalan melawan sel dan jaringan miliknya sendiri atau antibody tidak mengenali jaringan tubuh dan menganggapnya sebagai antigenBeberapa penyakit yang dihasilkan dari kelainan respon kekebalan ini dinamakan penyakit autoimun. Contohnya meliputi penyakit Coeliac, diabetes melitus tipe 1, Systemic Lupus Erythematosus, Sjögren’s syndrome, Churg-Strauss Syndrome, Hashimoto’s thyroiditis, Graves’ disease, idiopathic thrombocytopenic purpura, dan (RA).





Daftar Rujukan (Sumber)

1. http://www.scribd.com/doc/25327338/Makalah-Biologi-sistem-Kekebalan-Tubuh
2.http://isharmanto.blogspot.com/2009/12/sistem-antibdy.html
3.http://biologigonz.blogspot.com/2012/05/immun.html
4. http://fitri-smanda2.blogspot.co.id/2014/06/bab-11-sistem-imun.html?m=1




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel