Simple Present, Present Progressive, Simple Past, Past Progressive, Present Perfect


Simple Present Tense

Pengertian Simple Present Tense

Simple present tense adalah suatu bentuk kata kerja untuk menyatakan fakta, kebiasaan, atau kejadian yang terjadi pada saat ini. Bentuk kata kerja ini paling sering digunakan dalam bahasa Inggris.
Penjelasan Simple Present Tense

Simple present tense dibentuk dari verb-1 (present tense) atau linking verb “be” (is, am, are). Apa itu verb-1? Verb-1 merupakan bare infinitive dengan tambahan -s atau -es (contoh verb-1: does, goes, wants) khusus untuk subjectberupa singular noun (kata benda tunggal: Tita, book, car) atau third person singular pronoun (kata ganti orang ketiga tunggal: she, he, it); atau tanpa tambahan apapun (contoh verb-1: do, go, want) untuk subject berupa plural noun (boys, men, books) atau plural pronoun (we, they), pronoun I/you, atau compound subject (you and me, Tina and Ratih).



Present Progressive

Present progressive tense dulu lebih dikenal dengan nama present continuous tense. Seiring perkembangan dunia pendidikan, kata “continuous” pun digeser oleh kata “progressive” yang sebenarnya bermakna sama yaitu terus-menerus atau berlangsung. Lantas apa pengertian present progressive tense sebenarnya? Sesuai namanya, present progressive tense memiliki fungsi utama untuk mengungkapkan kejadian yang sedang berlangsung saat pembicara berbicara. Dalam bahasa Indonesia, pola kalimat yang menyatakan sebuah kegiatan sedang berlangsung dijelaskan dengan menggunakan kata “sedang” misalnya, sedang makan, sedang belajar, dan lain-lain.

Menguasai struktur present progressive tense tidaklah sulit. Sejatinya, kita bisa membuat logika sendiri bahwa tense ini merupakan turunan dari simple present tense yang diperinci dengan menonjolkan sisi keberlangsungan (in actionatau in progress) dari konstruksi yang dibuat. Dalam present tense Anda dapat membuat kalimat misalnya “I write an article every weekend (saya menulis artikel setiap akhir pekan).”
Kalimat tersebut dapat dengan mudah Anda rubah strukturnya menjadi present progressive tense dengan sedikit perubahan rumus. Anda tinggal memasukkan Be (yang sesuai dengan subyek kalimat, yaitu am untuk subyek I) kemudian menambahkan –ing di akhir kata kerja sehingga kalimat tersebut akan menjadi “I am writing an article now.” Jangan lupa juga untuk memodifikasi kata keterangan waktu (modifier of time) di akhir kalimat. Konstruksi kalimat dalam present progressive tense menggunakan keterangan waktu now (sekarang), right now (sekarang juga), dan at the moment (saat ini).

Rumus present progressive tense
Untuk dapat memahami present progressive tense secara lebih menyeluruh, pelajarilah pengertian present progressive tense dengan seksama berikut rumus dan contoh penggunaannya.
Struktur: S + Be + V1 + ing + O/C

Simple Past Tense

Simple past tense merupakan jenis tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian yang telah terjadi pada waktu tertentu di masa lalu.
- Jenis kejadian bisa pendek atau panjang.
- Juga bisa menjadi beberapa kejadian terjadi satu demi persatu.
Secara umum, Ada dua fakta penting yang perlu diingat dalam simple past tense ini :
- Ada ratusan macam kata kerja tak beraturan ( Irregular Verbs) dengan bentuk yang berbeda
- Bentuk kalimat negatif dan pertanyaan (interrogative) berbeda dengan bentuk kalimat positif contoh :
o You called Daniel
o Did you call Daniel?
o You did not call Daniel.
Pada contoh ada 3 kalimat negative dengan bentuk positif, negative, dan interrogative. Pada kalimat negative dan interrogative Kata kerja “call” tidak ditulis dalam bentuk Verb II karena sudah ada did sebagai penanda lampau sehingga kata kerja “call” ditulis dalam bentuk Verb I.




Past Progressive

Perlu diketahui sebelumnya bahwa past progressive tense ini merupakan nama lain dari past continuous tense. Seiring perkembangan dunia pendidikan, kata “continuous” digeser oleh kata “progressive” yang sebenarnya bermakna sama yaitu terus-menerus atau berlangsung.
Sebagaimana past tense, past progressive tense juga digunakan untuk berbicara tentang peristiwa di masa lalu. Hanya saja, past progressive tense secara lebih spesifik digunakan untuk berbicara tentang kejadian yang sedang berlangsung pada waktu tertentu di masa lalu. Dalam konstruksi past progressive, kita tidak lagi menggunakan To Be dalam bentuk present melainkan dalam bentuk past. Terdapat tiga bentuk To Be present yaitu is, am, are. Ketiga To Be tersebut secara struktural berubah menjadi dua bentuk saja dalam versi past form yaitu was (untuk is dan am) danwere (untuk are).
Selain To Be past, past progressive tense juga menggunakan bentuk gerund yaitu kata kerja yang dibendakan. Secara umum, gerund dapat menempati posisi sebagai subyek, pelengkap, atau objek sebuah kalimat. Beberapa contoh gerund adalah singing (menyanyi), dancing (menari), thinking (berpikir), holding (memegang), kicking(menendang), dan lain-lain. Penjelasan lebih lengkap tentang past progressive tense terdapat dalam uraian berikut.
Rumus past progressive tense
Untuk dapat memahami past progressive tense secara lebih menyeluruh, pelajarilah pengertian past progressive tense dengan seksama berikut rumus dan contoh penggunaannya dalam kalimat.
S + To Be past (were, was) + infinitive + -ing



Present Perfect

Present perfect tense adalah suatu bentuk kata kerja yang digunakan untuk menyatakan suatu aksi atau situasi yang telah dimulai di masa lalu dan masih berlanjut sampai sekarang atau telah selesai pada suatu titik waktu tertentu di masa lalu namun efeknya masih berlanjut.
Rumus Present Perfect Tense
Present perfect tense dibentuk dengan auxiliary verb “have” atau “has”, dan past participle (verb-3). Have digunakan untuk I, you, they, we, sedangkan has untuk he, she, it, dan orang ketiga tunggal. Sedangkan past participle dapat berupa regular atau irregular verb.

Sumber : nadya rosmalina



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel