Sejarah Perkembangan Islam di Jepang Hingga Sekarang

Perkembangan muslim yang berada di jepang termasuk yang cepat di kawasan Asia. Negara Jepang (Japan, Nippon) adalah negara kepulauan yang terletak di ujung barat Samudra Pasifik yang bertetangga dengan negara Cina, Korea dan Rusia. 

Muslim di Jepang

Penduduk jepang berjumlah sekitar 128 juta orang yang mana berada pada peringkat ke-10 negara berpenduduk terbanyak didunia, sebagian besar penduduk bermukin di ibu kota Tokyo yang mencapai sekitar 30 juta orang. Jepang sangat terkenal dengan kecangihan teknologinya dan kebudayaanya, dimana seperti yang sudah kita ketahui Indonesia adalah penguna produk jepang yang paling banyak dalam bidang tranportasi.

Sejarah Islam Di Jepang

Islam masuk pertama kali ke Jepang sekitar tahun 1877 hampir bersamaan dengan kahadiran agama Nasrani dari barat kenegara tersebut. Kemudian disusul dengan kehadiran sebuah kapal laut milik Kerajaan Turki Ottonom yang datang ke Jepang untuk menjalin hubungan diplomatik. Kapat yang bernama “Entrugul” dan para penumpangnya inilah yang mengenalkan kebudayaan dan agama Islam kepada orang-orang jepang.

Sedngkan untuk orang jepang pertama yang mendapatkan hidayah untuk memeluk agama isalam adalah Mitsutaro Takaoka pada tahun 1909 kemudaian diikuti Nurullah Tanaka Ippei (1934), Bunpachiro Ariga (1946) dan Torajiro Yamada (1957) kemudian dususul dengam kemunculan organisasi Islam pertama di Jepang yaitu Japan Muslim Asociation (JMA) berdiri pada tahun 1953 dibawah pimpinan Shadiq Imaizumi dengan jumlah anggota 65 orang.

Masa keemasan Islam di Jepang.

Setelah perang dunia kedua, perkembangan islam di Jepang mencapai masa keemasan karena saat itu banyak tentara yang bertugas di negara lain yg memeluk islam dan kemudian mendirikan organisasi serta menyebarkan agama islam ke masyarakat luas. Kemudian saat terjadi krisis minyak tahun 1973, karena perhatian Jepang beralih ke negara penghasil minyak yang sebagian besar adalah negara Arab. Perkembangan islam di Jepang jg menunjukkan kenaikan setelah peristiwa 11 september 2001, serta setelah perang teluk yang berakhir dengan dikuasainya Irak oleh pasukan Amerika. Saat inilah perkembangan Islam mencapai puncaknya karena hampir tiap hari masjid tidak pernah sepi dari kunjunga orang Jepang yaitu sekitar 50 orang perhari yang ingin berpindah memeluk agama Islam. Sedangkan menurut data dari Lembaga Kaum Muslimin (LKM) yang berada di Jepang, Tokyo tengah merintis pendirian sekolah Islam pertama di Jepang. Menurut Dr Zakaria Ziyad di negara ini sekitar 10 orang perhari  masuk agama Islam. MasyaAllah..

Tahukah Anda Bahwa Muslim Terbanyak di Jepang Adalah Warga Indonesia

Kebanyakan dari umat Muslim yang ada di Jepang adalah para pendatang dengan profesi yang beragam, umumnya pelajar, pekerja bisnis, tenaga kerja magang, serta staff kedutaan beserta keluarganya. Mereka tinggal dan tersebar di berbagai tempat namum umumnya di kota besar seperti Tokyo, Nagoya, Osaka, Hiroshima, Kobe, Hamamatsu atau Hokkaido. Komposisi terbesar dari penduduk muslim di Jepang adalah warga Indonesia sekitar 20.000. Angka ini sepertinya masuk akal karena berdasarkan dari kedutaan besar Jepang di Jakarta menyebutkan bahwa jumlah warga negara Indonesia yang tinggal di Jepang 23.890 per Desember 2004.

Muslim Indonesia di Jepang
Muslim Indonesia di Jepang
Muslim Indonesia di Jepang

Lalu Berapa Jumlah Penduduk Islam Di Jepang?

Jumlah penganut islam di Jepang sekitar 200.000 an muslim dan terung berkembang sampai saat ini. Penduduk Jepang yang dulunya cukup tertutup dengan pengetahuan agama lain selain Shinto dan Budha kini semakin terbuka dengan kemajuan zaman. Kebanyakan yang mendapatkan hidayah adalah kaum Atheis yang cukup besar di negara ini.

Masya Allah.. Cukup luar biasa bukan Sahabat Suara Hati perkembangan Islam di Jepang, dan kini mulai banyak di bangun masjid-masjid dan organisasi Islam di jepang. Namun sedikit disayangkan dinegara ini kumandang azan belum diperbolehkan oleh pemerintah karena diangap mengangu kenyamanan dan menimbulkan kebisingan, maka azan hanya dukumandangan dalam ruangan masjid atau mushola saja. Mari kita berdoa bersama-sama supaya penduduk jepang uang lainya mendapatkan hidayah Islam. Amin. Semoga Bermanfaat..

Sumber:https://bukatopengmu07.blogspot.co.id/2016/05/inilah-perkembangan-muslim-di-jepang.html?m=1




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel