Penggunaan Some, Any, Much, Many, A lot of, A few dan Contohnya dalam Bahasa Inggris Lengkap

1.Some
Some/ beberapa digunakan pada kata benda yang bisa dihitung [countable noun] dan tidak bisa dihitung [uncountable noun]. Tetapi untuk kalimat Positif/Affirmative/Pernyataan, Penawaran, permintaan, dan pertanyaan jika kamu berharap pertanyaannya dijawab “Yes/ya”.
Contoh:
oI have some friends to be visited next week.
oThe seller pour some milk into the porridge.

2.Any
Any/ beberapa digunakan pada kata benda yang bisa dihitung [countable noun] dan tidak bisa dihitung [uncountable noun]. penggunaannya untuk kalimat negatif atau pertanyaan.
Contoh:
oHave you got any bananas? No, we haven’t got any. But we’ve got some oranges.
oDo you have any idea to solve this problem?

3.Much
Much digunakan untuk benda-benda yang tak dapat dihitung, dan untuk menghitungnya diperlukan suatu takaran/timbangan dan ukuran tertentu. Patokan suatu benda tidak dapat dihitung adalah jika untuk menghitungnya harus menggunakan alat bantu. seperti liter, rupiah, kilogram dsb.
Contoh:
oYou took too much sugar in your tea, it’s not good for your health.
oWe need much sand to build a big building.

4.Many
Many digunakan untuk benda-benda yang bisa dihitung (countable noun)
Contoh:
oHow many fruit you take from refrigerator?
oMany people asked me if I have got married or not.

5.A lot of
A lot of bisa digunakan baik untuk benda yang bisa dihitung maupun yang tidak bisa dihitung. Artinya bisa digunakan untuk mengganti posisi Many.
Yang membedakan dengan Many dan Much adalah bahwa kebiasaan penggunaannya. Contoh:
oI have a lot of friends who always stand by me.
oHow much money do you have? I have a lot of money.

6.A Few 
A few atau Little artinya sedikit. A few untuk kata benda yang dapat dihitung.
Contoh kalimat :
have got a few friends in a day.
I have saved a little money in this month.

PERBEDAAN PENGGUNAAN ARTICLE A, AN, DAN THE

Terdapat perbedaan yang sangat mendasar antara article a, an, dan the dalam bahasa inggris. Salah satu perbedaan yang paling utama adalah :

a dan an : indifinite article
the : definite article

Dengan kata lain, article “the” kita gunakan jika berhubungan dengan kata benda atau objek yang spesifik yang kedua speaker dan pendengar mengetahuinya. Sedangkan article “a/an” kita gunakan jika kita berhubungan dengan nouns atau objek yang “general/umum”atau tidak spesifik

Peraturan Article Dalam Bahasa Inggris : A, An, The
Penggunaan A dan An
– A/An termasuk kedalam indifinite article. Artikel ini digunakan unutk menunjukkan sesuatu yang sifatnya umum atau tidak spesifik. Kedua artikel ini digunakan ketika kita menunjukkan atau membicarakan sesuatu pertama kali. Dua-duanya digunakan untuk singular countable nouns. Contoh kalimatnya :
– Can you play me a music?
Artinya : Seseorang menyuruh untuk memainkan musik. Musik disini tidak spesifik apa yang harus dimaikan. Bisa saja itu musik pop, rock, metal, atau bahkan dangdut. Yang terpenting adalah memainkan musik tidak peduli musik jenis apa.
– There is a policeman and a policewoman in front of your house. The policeman is wearing a brown shirt.
Artinya : Ingat article a/an digunakan ketika menunjukkan atau membicarakan sesuatu untuk pertama kalinya. Di kalimat pertama antara pembaca dan pendengar belum mengetahui polisi dan polwan yang dimaksud dalam pembicaraan. Tapi unutk kalimat kedua, mereka sudah mengetahui polisi yang dimaksud yaitu polisi yang ada didepan rumah. Oleh karena itu menggunakan article “the”.
– Article A digunakan untuk nouns yang berawalan dengan lafal atau bunyi konsonan. Contohnya : a man, a woman, a car, a university, dll.
– Article An digunakan untuk nouns yang berawalan dengan lafal atau bunyi vowel/vokal. Contohnya : an umbrella, an ant, an egg, an hour, dll.

-Pada dasarnya pemilihan dalam penggunaan a/an bertujuan untuk mempermudah pengucapannya. Coba bayangan kalau kita harus mengucapkan an ant dengan a ant? ataua woman diucap dengan an woman? Akan terasa sulit bukan?

Penggunaan The
– The adalah definite article. “The” digunakan sebelum singular dan plural nouns. Article ini juga digunakan pada countable dan uncountable nouns. Kata the digunakan ketika kita membicarakan sesuatu yang spesifik atau diantara pembicara dan pendengar nya sudah saling mengerti atau mengetahui tentang objek yang dimaksud. Contoh:
– Can you play the video?
Artinya : Video yang diminta untuk dimainkan oleh pembicara disini maksud nya adalah video yang sama-sama dimaksudkan oleh pembicara dan pendengar. Dan sudah spesifik dan jelas bagi mereka video mana yang akan dimainkan. Berbeda jika pembicara itu bilang “Can you play a video” yang memiliki arti pembicara menginginkan pendengar untuk memainkan video apa saja tidak ada penjelasan secara khusus dan terserah pendengar mau memainkan video yang mana.

CONTOH PENGGUNAAN A, AN, DAN THE
The
• Jakarta is the capital city of Indonesia.
• Monumen Nasional is Indonesia’s national monument.
• I found the glasses you were looking for.
• Have you looked at the brief I gave you?
• Switch the computer off when you’re done.
A/An
• I saw a star tonight.
• I had an omelette for breakfast today.
• She ordered a drink inside the restaurant.
• Do you have a pen?
• We want to buy a notebook

Sumber: murnywantis




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel