PENGERTIAN, RUMUS, DAN CONTOH KALIMAT FUTURE CONTINUOUS TENSE


Jika sekilas kita perhatikan dari namanya yaitu future continuous tense  mungkin akan sedikit menimbulkan kebingungan, bagaimana bisa future yang merupakan masa depan namun continuous atau sedang berlangsung, bukankah masa depan belumlah terjadi tapi kok sedang berlangsung? Mungkin pemikiran seperti itu pernah kita alami, wajar saja jika pertama kali kalian bingung. Namun setelah kalian menyimak materi kali ini, saya harap kebingungan tersebut dapat hilang.

Pengertian Future Continuous Tense
Future continuous tense adalah sebuah bentuk kata kerja yang digunakan untuk menyatakan suatu aktifitas atau kejadian yang sedang berlangsung di waktu tertentu di masa yang akan datang. Jadi dalam tense ini kita menyatakan suatu aktifitas atau kejadian yang akan dilakukan dan sedang berlangsung pada suatu waktu dimasa depan. Misalkan, “saya akan sedang bermain sepakbola pada jam 4 besok sore”, nah dari contoh ini kita bisa lihat bahwa aktifitas yang akan sedang berlangsung adalah “bermain sepakbola”, dan waktu tertentu dimasa yang akan datang adalah “jam 4 besok sore”.

Rumus Future Continuous Tense
Berikut rumus future continuous tense yang dapat digunakan, rumus dibawah ini juga termasuk rumus kalimat bentuk positif, negative, interogatif, dan juga negative interogatif.

Kalimat positif (+) :
S + Will/shall + Be + Verb.ing (Present participle)

Contoh :
My father will be teaching English here tomorrow at 08.00 a.m. (Ayah saya akan sedang mengajar bahasa inggris disini besok jam 8.)

Kalimat negative (-) :
S + Will/shall + Not + Be + Verb.ing (Present participle)

Contoh :
My father will not be teaching English here tomorrow at 08.00 a.m. atau My father won’t  be teaching English here tomorrow at 08.00 a.m. (Ayah saya tidak akan sedang mengajar bahasa inggris disini besok jam 8.)

Kalimat interogatif (?) :
Will/shall + S + Be + Verb.ing (Present pasticiple)

Contoh :
Will my father be teaching English here tomorrow at 08.00 a.m? (Apakah ayah saya akan sedang mengajar bahasa inggris disini besok jam 8?)

Kalimat negative interogatif (-?) :
Will/shall + S + Not + Be + Verb.ing (Present participle)

Contoh :
Will my father not be teaching English here tomorrow at 08.00 a.m? atau Won’t my father be teaching English here tomorrow at 08.00 a.m? (Apakah ayah saya tidak akan sedang mengajar bahasa inggris disini besok jam 8?)

Dari rumus-rumus diatas, yang dimaksud dengan S adalah subjek, subjek dapat berupa noun, pronoun, ataupun noun phrase. Verb.ing (Present participle) adalah bentuk kata kerja dengan tambahan akhiran ing. Penggunaan shall hanya boleh digunakan untuk subjek I dan We saja, sedangkan untuk will semua subjek boleh menggunakannya.

Contoh Kalimat Future Continuous Tense
Setelah kalian memahami pengertian dan rumus future continuous tense diatas, kini saatnya kalian memahami penerapannya. Berikut adalah contoh kalimat future continuous tense yang dapat kalian cermati, contoh kalimat dibawah ini termasuk kalimat positif, negative, interogatif dan juga negative interogatif.

Sumber : belajarbahasainggrisonline-gratis



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel