Pengertian Ilustrasi, Fungsi, Tujuan, Jenis, dan Unsur Ilustrasi


Pengertian Ilustrasi

Pengertian ilustrasi awal mulanya berasal dari bahasa Latin "Illustrare" yang artinya menerangkan atau menjelaskan. Pengertian ilustrasi adalah suatu gambar yang mempunyai fungsi dan sifat untuk menerangkan sebuah peristiwa. Bahasa Belanda menyebut ilustrasi dengan sebutan "Ilustratie" yang artinya sebagai hiasan dengan sebuah gambar atau pembuatan sesuatu yang jelas.

Ilustrasi juga dapat dikatakan berasal dari kata ilusi. Pengertian ilustrasi dapat memberikan arti ilusi sebagai gambaran suatu angan-angan yang menyerupai suatu hiasan belaka. Hal ini menjadi pengantar atau pelengkap suatu tujuan yang dapat membantu seseorang supaya lebih cepat dan mudah mengerti suatu tujuan yang disampaikan ilustrasi tersebut.

Gambar-gambar ilustrasi adalah suatu karya seni rupa 2 dimensi yang mempunyai tujuan guna memperjelas suatu pengertian. Pengertian ilustrasi adalah visualisasi dari suatu tulisan yang memakai teknik drawing, lukisan, fotografi, ataupun dengan teknik serupa yang lainnya yang ada hubungannya dengan subjek dan tulisan yang dimaksud.

Pengertian ilustrasi adalah bentuk visual dari kalimat ataupun teks. Ilustrasi bertujuan untuk memperjelas teks ataupun kalimat khususnya untuk anak-anak yang belum dapat membaca. Dengan menggambarkan adegan suatu cerita, maka gambar tersebut pada umumnya dapat menerangkan karakter atau keseluruhan isi cerita. Adanya ilustrasi juga berfungsi untuk menarik para pembaca agar tertarik untuk membaca. Untuk lebih jelasnya, berikut pengertian ilustrasi menurut para ahli.

Pengertian Ilustrasi Menurut Para Ahli

Terdapat teori, pandangan, ataupun gagasan yang disampaikan ahli-ahli terkait tentang pengertian ilustrasi. Berikut ini pengertian ilustrasi menurut para ahli.
Rohidi (1984:87)
Rohidi berpendapat bahwa pengertian ilustrsi berkaitan dengan seni rupa adalah penggambaran sesuatu melalui elemen rupa guna menerangkan, menjelaskan atau memperindah sebuah teks, supaya pembacanya dapat merasakan secara langsung melalui mata sendiri, kesan, dan sifat-sifat gerak dari cerita yang disajikan.
Soedarso (1990:1)
Pengertian ilustrasi menurut Soedarso adalah suatu seni lukis atau seni gambar yang diabadikan untuk kepentingan lain, yang dapat memberikan penjelasan atau mengiringi sebuah pengertian, umpamanya cerita pendek di suatu majalah.
Martha Thoma (dalam Sofyan, 1994: 171)
Pengertian ilustrasi dalam hubungannya dengan lukisan berkembang sepanjang alur sama dalam sejara serta dalam banyak hal, keduanya sama. Secara tradisional keduanya mengambil inspirasi karya-karya kesusastraan, hanya saja lukisan diciptakan guna menghiasi dinding ataupun langit-langit, sedangkan ilustrasi dibuat untuk menghiasi suatu naskah, mencatat peristiwa atau membantu menjelaskan cerita.
Fariz (2009:14)
Pengertian ilustrasi ialah sebagai ekspektasi dari ketidakmungkinan serta tak berbeda jauh dengan angan-angan, yang bersifat virtual atau maya. Ilustrasi hadir dalam berbagai diverikasi.

Fungsi Ilustrasi
Ilustrasi sebagai seni rupa yang mempunyai tujuan atau peran dalam menyampaikan maksud-maksud tertentu untuk menerangkan suatu peristiwa. Demikian pula bahwa ilustrasi mempunyai fungsi penting dalam perkembangan dunia ilustrasi  hingga saat ini. Fungsi ilustrasi inilah yang menjadi sebuah perjalanan sejarah yang akan berkembang demi perkembangan seni. Berikut fungsi ilustrasi.
Menarik perhatian orang.
Sebuah buku ataupun majalah yang tidak disertai dengan gambar ataupun gambar yang kurang menarik, akan hambar dan kurang mengundang minat pembaca. Namun jika disertai dengan sebuah ilustrasi, maka akan semakin mengundang minat baca.
Memudahkan untuk memahami suatu keterangan atau penjelasan sebuah tulisan.
Dengan adanya ilustrasi tersebut, memudahkan setiap orang ataupun pembaca dalam memahami bacaan atau sesuatu itu. Tidak sedikit, dari berbagai hal yang tertuliskan dapat kita pahami secara menyeluruh, dan terkadang ilustrasi menempatkan posisi sebagai bentuk pemahaman dan penjelasan serta sebuah peristiwa dalam contoh yang sederhana.
Sebagai sarana dalam mengungkapkan pengalaman tentang suatu kejadian yang diekspresikan dengan media gambar.
Memberikan gambaran-gambaran terkait isi sebuah cerita atau tulisan yang disampaikan.
Sebagai nilai keindahan dalam perwajahan.

Fungsi Ilustrasi
Terdapat juga beberapa fungsi ilustrasi secara umum. Adapun fungsi dari ilustrasi sebagai berikut :
Fungsi Deskriptif
Fungsi deskriptif ilustrasi adalah menggantikan uraian mengenai sesuatu secara verbal dan naratif dengan menggunakan kalimat yang panjang. Ilustrasi tersebut bertujuan guna melukiskan sehingga dapat lebih cepat serta lebih mudah untuk dipahami.
Fungsi Ekspresif
Fungsi ekspresif ilustrasi adalah menyatakan dan memperlihatkan sesuatu perasaan, maksud, situasi, gagasan, ataupun konsep yang sifatnya abstrak menjadi sesuatu yang nyata sehingga lebih mudah untuk dipahami.
Fungsi Analitis atau Struktura
Fungsi analtis ilustrasi yaitu suatu ilustrasi dapat menunjukkan rincian bagian-bagian dari suatu sistem ataupun benda atau suatu proses dengan detail, agar lebih mudah dipahami.
Fungsi Kualitatif
Fungsi kualitatif ilustrasi sering dipakai untuk membuat kartun, foto, daftar, tabel, simbol, gambar, sketsa, dan grafik.

Tujuan Ilustrasi
Tidak hanya terdapat fungsi ilustrasi saja, namun ilustrasi juga mempunyai tujuan penting. Menurut Putra dan Lakoro (2012: 2), tujuan ilustrasi adalah untuk menghiasi atau menerangkan cerita, tulisan, puisi ataupun informasi yang lainnya. Untuk lebih lengkapnya, berikut tujuan ilustrasi.

1) Ilustrasi bertujuan guna memperjelas informasi atau pesan yang ingin disampaikan.
2) Ilustrasi bertujuan untuk memberi berbagai variasi dalam bahan ajar sehingga menjadi lebih menarik, komunikatif, memotivasi, serta para pembaca juga dapat dengan mudah untuk memahami pesan yang disampaikan.
3) Ilustrasi bertujuan untuk memudahkan para pembaca dalam mengingat konsep serta gagasan yang disampaikan dengan melalui ilustrasi.

Jenis-Jenis Ilustrasi
Ilustrasi telah membawa perkembangan yang pesat dan sampai saat ini Ilustrasi terdiri dari berbagai macam jenis. Berikut jenis-jenis ilustrasi.
Gambar Ilustrasi Naturalis
Merupakan suatu gambar ilustrasi yang mempunyai warna dan bentuk yang sama dengan kenyataan di alam tanpa suatu penambahan atau pengurangan.
Gambar Ilustrasi Dekoratif
Merupakan gambar yang memiliki fungsi untuk menghiasi sesuatu dengan sebuah bentuk yang disederhanakan ataupun dilebih-lebihkan dengan gaya-gaya tertentu.
Gambar Kartun
Merupakan gambar yang mempunyai bentuk lucu atau memiliki ciri khas tertentu. Pada umumnya, gambar kartun banyak menghiasi komik, cerita bergambar, dan majalah anak-anak.
Gambar Karikatur
Merupakan gambar sindirian atau kritikan yang dalam penggambarannya terdapat penyimpangan proporsi tubuh. Gambar karikatur biasanya ditemukan di koran atau majalah.
Cerita Bergambar
Merupakan sejenis gambar atau komik yang diberi teks. Cerita bergambar menggunakan teknik gambar yang dibuat dengan dasar cerita dengan sudut pandang yang menarik.
Ilustrasi Buku Pelajaran
Mempunyai fungsi guna menerangkan teks atau peristiwa baik yang ilmiah ataupun yang berupa gambar bagian. Memiliki bentuk berupa gambar natural, bagan, foto.
Ilustrasi Khayalan.
Merupakan gambar dari hasil pengolahan daya cipta secara imajinatif atau khayal. Ilustrasi khayalan pada umumnya terdapat pada ilustrasi cerita, komik, novel, dan roman.
Tabel
Tabel dapat untuk menyajikan suatu kegiatan, data serta menganalisis data tersebut ke dalam bentuk kolom dan baris
Pie chart
Gambaran sesuatu yang memiliki bentuk lingkaran atau kepingan-kepingan dengan jumlah komponen 3600.
Organization chart
Suatu cara metode penyajian data yang berbentuk struktur organisasi berdasarkan tingkatan atau hierarki.
Bar chart
Bar chart dapat digunakan untuk melihat kecenderungan data dengan berdasarkan pengamatan menurut waktu.
Graph chart
Graph chart digunakan untuk menyajikan data kuantitatif dengan cara menggunakan system koordinat.
Combination chart
Merupakan kombinasi antara bar chart dan graph chart
Flowcart
Flowcart adalah gambar atau bagan yang menunjukkan urutan serta hubungan antar proses beserta instruksi-instruksinya.
Peta
Peta merupakan suatu gambar atau lukisan keseluruhan atau sebagian dari permukaan bumi, baik itu darat maupun laut.

Ilustrasi tidak hanya dapat berupa gambar melainkan juga berupa media-media yang lainnya. Berikut bentuk ilustrasi dalam arti luas :
1) Ilustrasi dapat berupa gambar tangan atau digital atau kombinasi dari keduanya / desain grafis.
2) Ilustrasi dapat berupa musik (suara atau bunyi-bunyian) yang dapat digunakan sebagai ilustrasi dalam sebuah pertunjukan, seperti : drama, ketoprak, film.
3) Ilustrasi dapat berupa ke dalam bentuk gerak, misalnya pantomim, penari latar, dan sebagianya.

Unsur Gambar Ilustrasi

Gambar Manusia
Dalam menggambar ilustrasi manusia dibutuhkan sebuah penguasaan dan pemahaman proporsi dan anatomi tubuh manusia, baik itu tubuh manusia dewasa ataupun anak-anak. Proporsi tersebut merupakan perbandingan bagian per bagian atau bagian dengan keseluruhan. Yang dimaksud dengan anatomi adalah kedudukan susunan tulang serta otot yang menentukan besar kecil, cekung cembung, menonjol tidaknya tubuh manusia yang dapat menentukan bentuk keseluruhan tubuh.

Gambar Binatang
Ilustrasi binatang tidak jauh beda dengan menggambar ilustrasi manusia, yaitu harus dapat menguasai proporsi dan anatomi binatang yang akan digambar. Jenis serta bentuk binatang dapat dibedakan dan dikelompokkan menjadi binatang darat, laut, dan udara.

Gambar Tumbuhan
Untuk menggambar ilustrasi tumbuhan yang banyak ragam jenisnya dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu menggambar tumbuhan secara sederhana dan lengkap. Untuk menggambar ilustrasi tumbuhan secara sederhana, tumbuhan tidak perlu digambar detail, namun hanya berupa kesan bentuk tumbuhan. Untuk menggambar ilustrasi tumbuhan secara lengkap, tumbuhan digambar dengan detail dan cermat bagian-bagiannya.
Benda-benda lainnya
Banyak benda-benda yang dapat dijadikan ilustrasi, seperti benda alam, benda-benda buatan manusia, dan benda imajinasi manusia. Benda-benda yang digambar dalam ilustrasi ini pada umumnya digunakan sebagai penghias atau pelengkap gambar.

Teknik Menggambar Ilustrasi gambar

Ada berbagai metode yang dapat digunakan untuk menggambar ilustrasi, antara lain:
1) Sebuah teknik garis ilustrasi yang dapat membentuk gambar dengan cara mengandalkan kemampuan memesan irama garis untuk mencapai tujuan. Teknologi line dapat dijalankan dengan baik dengan bahan basah atau kering.
2) Teknik pointilistis, merupakan suatu ilustrasi gambar yang bentuknya berupa titik untuk mencapai kegelapan dan cahaya.
3) Metode full scan, yaitu metode untuk menyesuaikan gambar untuk mencapai bentuk ideal. Pergerakan gambar dari gelap ke cahaya secara bertahap dapat berubah. Hal ini dilakukan dengan cara menghaluskan sapuan kuas.
4) Teknik diesel, yaitu teknik menggambar dengan bahan kering. Untuk dapat mencapai warna abu-abu dari bagian gelap ke bagian terang dipompa dengan kolektor debu. Metode ini digunakan untuk mendapatkan citra seorang naturalis.

Media Gambar Ilustrasi

Media hitam putih
Bnyak orang yang menggambar ilustrasi dengan memakai trekpen, sedangkan pewarnaannya memakai bak tinta. Trekpen cukup mudah untuk digunakan sehingga banyak orang yang menggunakannya. Seiring dengan berkembangnya teknologi, sekarang banyak alat yang lebih praktis, antara lain : rapido, pena, spidol, bahkan komputer atau printing.
Media Pewarna
1) Cat air
Cat air adalah unsur atau bahan yang dipakai sebagai pewarna dengan menggunakan air. Menurut sifatnya, cat air sendiri dibagi menjadi 2 macam, yaitu transparant water colour dan non transparant/opaque water colour.

2) Pensil warna
Pensil warna banyak mengandung lilin. Pada umumnya banyak memiliki variasi warna. Tingkat kesulitan dalam menggunakan pensil warna disesuaikan dengan kualitas pensil warna tersebut. Semakin bagus kualitasnya, biasanya akan semakin mudah untuk digunakan, begitu sebaliknya.

Langkah Menggambar Ilustrasi

Gagasan
Hal pertama untuk menggambar ilustrasi adalah menentukan gagasan. Gagasan ilustrasi bersumber dari materi yang diilustrasikan. Setelah terdapat gagasan, kemudian tentukan tokoh, suasana, adegan, serta suasana pendukung adegan yang ingin digambar. Sebelum mulai pada tahap berikutnya, tentukan terlebih dahulu corak gambar serta media yang digunakan.

Sketsa
Menggambar sketsa atau membuat rancangan gambar. Dalam menggambar sketsa ilustrasi pada umumnya memakai menggunakan pensil, namun ada juga yang langsung memakai crayon, pensil warna, tinta bak, cat air, dan lain sebagainya. Sketsa pada umumnya masih berbentuk garis sederhana yang merupakan sebuah rancangan sederhana secara global.

Pewarnaan
Untuk mewarnai rancangan gambar ilustrasi yang sebelumnya dikerjakan, gambar ekspresi tersebut dengan dua corak, yaitu corak realis dan non realis (impresionisme, ekspresionisme, abstrakisme, dan lain sebagainya).

Selain langkah-langkah menggambar seperti yang dijelaskan diatas, berikut ini langkah-langkah yang digunakan untuk menggambar komik:

1) Buat naskah komik dengan berdasarkan urutan kejadian.
2) Buat terlebih dahulu layout yang terdiri atas bingkai-bingkai pada selembar kertas A4 sesuai dengan komik yang akan digambar. Tata letaknya mempunyai fungsi guna menyesuaikan komposisi gambar komik yang akan dituangkan ke dalam bingkai.
3) Buat sketsa sesuai tata letak pada kertas A4 lainnya dengan menggunakan pensil.
4) Membuat sketsa yang telah diklarifikasi dengan menggambar. Langkah ini dapat dilakukan di atas meja pemangkasan, yaitu sebuah meja kaca yang berada di bawah lampu.
5) Bagilah sketsa gambar tersebut pada medium yang diinginkan.
6) Setelah diwarnai, isi balon percakapan tersebut dengan dialog yang sesuai dengan naskah yang telah dibuat.


Demikianlah informasi tentang pengertian ilustrasi, fungsi ilustrasi, dan tujuan ilustrasi.

Sumber : Raka Djati



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel