PENGERTIAN IDIOM DALAM BAHASA INGGRIS


Idiom (dari bahasa Belanda: idioom; bahasa Latin: idioma, "properti khusus"; bahasa Yunani: ἰδίωμα - "ungkapan khusus") adalah ekspresi, kata, atau frasa dengan makna kiasan yang dipahami dalam kaitannya dengan penggunaan umum bahwa ekspresi yang terpisah dari arti harfiah atau definisi dari kata-kata yang dibuat. Diperkirakan setidaknya ada 25.000 ekspresi idiomatis dalam bahasa Inggris.  Dalam linguistik, idiom biasanya dianggap kiasan bertentangan dengan prinsip compositionality, namun masalah ini tetap diperdebatkan [kutipan diperlukan] Dalam frasaologi, mereka didefinisikan dengan cara yang sama sebagai jenis sub-phraseme yang maknanya tidak. jumlah reguler dari makna komponennya. Yohanes Saeed mendefinisikan "idiom" sebagai kata-kata yang menjadi ditempelkan satu sama lain sampai metamorphosing menjadi istilah fosil kolokasi-kata yang umum ini digunakan dalam kelompok -mengubah masing-masing komponen kata dalam kelompok kata- dan menjadi ekspresi idiomatis. Kata-kata makna khusus mengembangkan sebagai suatu entitas, sebagai sebuah idiom. Selain itu, idiom adalah ekspresi, kata, atau frasa yang masuk akal berarti sesuatu yang berbeda dari apa kata-kata secara harfiah berarti. Idiom "berbelit-belit" berarti petunjuk atau mendiskusikan miring, tidak ada pemukulan secara harfiah setiap orang atau benda, dan semak adalah metafora. Ketika pembicara menggunakan idiom, pendengar akan salah arti sebenarnya, jika ia tidak mendengar kiasan sebelum Idiom biasanya tidak diterjemahkan dengan baik, dalam beberapa kasus, ketika idiom diterjemahkan ke bahasa lain. , baik artinya berubah atau tidak ada artinya.

FUNGSI IDIOM DALAM PERCAKAPAN

1. Memperhalus Percakapan
Percakapan berdasarkan konteks dan siapa penutur dan siapa lawan bicara akan menggunakan idiom yang halus dengan maksud menghormati lawan bicara.
misalkan : "Dead dan  passed away"  Akan digunakan berbeda pada konteks yang berbeda. Kita biasanya menggunakan Dead untuk hewan. Untuk orang lebih cenderung menggunakan Passed Away (Telah Meninggal dunia).

2. Menunjukkan makna berlebihan/sangat
Idiom juga bisa dipakai saat ingin mengungkapkan bahwa sesuatu yang di bicarakan mempunyai arti berlebihan atau sangat.
Contohnya : "Her hobby is shopping because she has deep pocket." Artinya adalah "Hobinya berbelanja karena ia punya banyak uang."

3. Mempersingkat ucapan
Bisa juga digunakan untuk mempersingkat ucapan. Hal ini dimaksudkan penutur tak ingin menjelaskan lebih banyak.
Contohnya :
A : "What have you said to your boss when he was asked you about his speech?"
B : "I told him a white lie, how great he was when he delivered the speech."

Maksud dari jawab si B yaitu bahwa dia tak ingin menyatakan sebenarnya, supaya lebih sopan dan halus serta tidak menyakiti hati sang bos maka dia menjawab betapa hebatnya dia saat berpidato. Lebih singkatnya jika menggunakan bahasa idiom " I told him something that isn't true in order to be polite or so as not to hurt someone's feelings."

Sumber : Empat Sekawan



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel