Letusan Gunung di Indonesia Paling Mengerikan sepanjang masa

beberapa fakta mengenai letusan Gunung di Negeri ini yang paling mengerikan sepanjang masa.



Indonesia merupakan negara yang indah, dan salah satu yang membuat keindahan tersebut adalah tersebarnya ratusan gunung yang tersebar di belahan negeri ini dari sabang sampai merauke. Tapi di balik keindahan gunung tersebut terdapat bencana yang dapat mematikan dan merusak apa yang ada disekitarnya.

di tahun 2014 ini.. terhitung sudah 3 gunung meletus. Diantaranya Gunung Sinabung (Sumatra), Gunung Kelud (kediri,Jatim) dan yang baru-baru ini adalah Gunung Slamet (Jateng). Dan yang paling banyak dikabarkan media mengenai efek dan dampak letusan paling terparah di tahun ini adalah gunung Kelud karena beberapa daerah di jawa terkena dampaknya.Tapi taukah agan-agan sekalian ternyata Indonosia Punya sejarah panjang mengenai letusan gunung mengerikan yang memiliki dampak yang besar sampai di belahan dunia.Berikut tercatat 9 gunung yang paling mengerikan dalam sejarah letusan gunung di Indonesia :

1. Gunung Toba Supervolcano (Sumatra Utara)

Berikut informasi mengenai letusan gunung toba supervolcano Spoiler for Gunung Toba Supervolcano: 2. Gunung Tambora (Sumbawa NTB)

Gunung ini merupakan gunung favorit bagi kalangan para pendaki.tapi dulu saat meletus dampaknya dirasakan hingga ke Eropa. Berikut Ulasannya gan

Spoiler for Gunung Tambora (Sumbawa NTB) :
3.Gunung Maninjau (Sumatra Barat)



4. Gunung Krakatau
Daya ledak gunung ini diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II
Spoiler for Gunung Krakatau:

5. Gunung Agung (Bali)
 
Letusan gunung ini mengirimkan puing-puing ke udara setinggi 8-10 km, dan menghasilkan aliran piroklastik yang besar. berikut ulasanya :

Spoiler for Gunung Agung:


6. Gunung Galunggung (Tasikmalaya Jawa Barat)

 
Letusannya menghasilkan hujan pasir kemerahan yang sangat panas, abu halus, awan panas, serta lahar.
Spoiler for Gunung Galunggung:
7. Gunung Merapi (Yogyakarta dan Jawa Tengah)

Letusan terdahsyatnya terjadi di tahun 1930 yang menghancurkan 13 desa dan menewaskan 1400 orang. Berikut sedikit ulasanya :
Spoiler for gunung merapi:
8. Gunung Kelud (Kediri, Jawa Timur) 

wah..ini gunung yang bulan februari kemaren meletus gan...dampaknya beberapa bandara ditutup akibat debu vulkaniknya. berikut ulasanya :

Spoiler for gunung kelud:
9. Gunung Samalas di Lombok

jejak abu dan beberapa serpihan kimianya dapat ditemukan di lempengan es di Kutub Utara dan Kutub Selatan. berikut ulasanya gan :

Spoiler for gunung samalas:
itu dia gan 9 gunung di indonesia yang pernah meletus dan dampaknya hingga ke pelosok dunia. itulah gunung gan di balik keindahanya juga keburukanya. Saya sendiri juga punya sedikit hobby mendaki gunung karena keindahan gunung tersebut diantaranya Gunung semeru, Arjuno,Welirang, Penanggungan,Lawu.

Spoiler for sumber:



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel