CIRI-CIRI MAHLUK HIDUP - HEWAN DAN TUMBUHAN


Makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan makhluk tak hidup. Selain itu juga dibedakan ciri-ciri makhluk hidup antara hewan dan tumbuhan.

Ciri-ciri makhluk hidup

1. Memiliki sel

Sel merupakan unit terkecil penyusun tubuh.
2. Bernapas/respirasi

Bernapas merupakan proses pengambilan oksigen dari udara serta melepaskan karbon dioksida dan uap air ke udara melalui alat pernapasan.

Tumbuhan melakukan pernapasan melalui stomata (pada daun) dan lentisel (pada batang). Hewan sendiri memiliki alat pernapasan berbeda-beda berupa paru-paru/insang/permukaan kulit/sistem trakea. Paru-paru, misalnya pada mamalia. Insang, misalnya pada ikan. Permukaan tanah, misalnya pada cacing tanah. Sistem trakea pada serangga.

3. Nutrisi/makan

Berdasarkan cara memperoleh makanannya, ada organisme heterotrof dan autotrof. Organisme heterotrof adalah organisme yang tidak dapat membuat makanannya sendiri, misalnya pada hewan dan manusia. Sedangkan organisme autotrof merupakan organisme yang dapat membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis (pada tumbuhan).
4. Adaptasi

Adaptasi merupakan bentuk penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya agar dapat bertahan hidup. Misalnya penyesuaian diri makhluk hidup melalui bentuk dan struktur fungsinya (misalnya berbagai jenis paruh dan kaki pada hewan) yang disebut sebagai adaptasi morfologi. Penyesuaian makhluk hidup melalui fungsi kerja alat tubuh (misalnya peningkatan detak jantung setelah olahraga) disebut dengan adaptasi fisiologi. Penyesuaian makhluk hidup melalui aktivitas atau tingkah laku (misalnya kerbau berkubang ketika hari panas) disebut adaptasi tingkah laku.
5. Berkembang biak/reproduksi

Berkembang biak jelas bertujuan untuk melangsungkan keturunannya. Ada dua jenis, yaitu perkembangbiakan secara kawin/generatif dan perkembangan secara tidak kawin/vegetatif.
6. Tumbuh dan berkembang

Tumbuh merupakan perubahan ukuran tubuh akibat bertambahnya jumlah sel dan volume sel. Pertumbuhan ini bersifat irreversibel (tidak dapat kembali ke bentuk semula). Berkembang adalah proses menuju kedewasaan yang bersifat kualitatif.
7. Mengeluarkan zat sisa/ekskresi

Ekskresi merupakan proses pengeluaran zat sisa yang tidak diperlukan oleh tubuh. Misalnya ginjal mengeluarkan urine, kulit mengeluarkan keringat, hati menghasilkan empedu dan paru-paru mengeluarkan karbon dioksida dan uap air.
8. Iritabilitas dan gerak

Iritabilitas merupakan kemampuan makhluk hidup dalam menanggapi rangsang. Misalnya tanaman petai cina akan mengatup karena adanya rangsang gelap.
9. Regulasi

Sistem regulasi berhubungan erat dengan kerja saraf dan hormon.
10. Transportasi/pengangkutan

Sistem transportasi berhubungan dengan pengangkutan zat-zat tertentu yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya adanya floem (pengangkut hasil fotosintesis) dan xilem (pengangkut air dan mineral) pada tumbuhan.

Perbedaan ciri hewan dan Tumbuhan

Sebagai makhluk hidup, tumbuhan dan hewan memiliki ciri-ciri yang berbeda
1. Cara memperoleh makanan

Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri sedangkan hewan tidak dapat membuat makanannya sendiri. Bahan makanan tumbuhan membutuhkan karbon dioksida, air dan cahaya. Sedangkan makanan pada hewan berupa bahan organik seperti karbohidrat, protein, lemak dan lain-lain.
2. Cara bergerak

Tumbuhan dapat bergerak secara terbatas. Gerak pada tumbuhan berupa gerak endonom (tidak dipengaruhi oleh faktor luar) maupun gerak etionom (dipengaruhui rangsang luar). Gerak etionom bisa berupa gerak nasti (arah gerak tidak ditentukan arah rangsang), gerak tropisme (arah gerak dipengaruhi oleh arah rangsang) dan gerak taksis (berpindah tempat). Pada hewan geraknya lebih aktif dan lebih leluasa.

Gerakan pada tumbuhan berkaitan erat dengan pertumbuhan (misalnya melilitnya sulur pada ujung batang tanaman). Gerak pada hewan dikendalikan oleh saraf serta menggunakan alat gerak berupa otot dan rangka.
Perbedaan makhluk hidup dan makhluk tak hidup/mati

Makhluk hidup dapat dibedakan dari makhluk tak hidup/mati berdasarkan ciri-ciri berikut.
1. Metabolisme
2. Iritabilitas
3. Reproduksi
4. Pertumbuhan dan perkembangan

Sumber : mantansmp



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel