Adab Makan Dan Minum Dalam Islam


Sahabat admin yang di muliyakan Allah, Allah Swt. dan rasul-Nya menuntunkan tata krama makan dan minum. Hal ini karena makan dan minum adalah aktivitas yang menjadi kegiatan pribadi, semi sosial, dan kegiatan sosial dalam masyarakat. Adanya adab atau tata krama makan dan minum akan membedakan kita dengan hewan atau setan.

Sebaliknya, apabila cara makan dan minum kita sembarangan tanpa mematuhi aturan kehalalan makanan, adab kesopanan, dan norma lain yang berlaku, cara kita makan dan minum tidak berbeda dari hewan. Menjadi berbeda dari hewan atau makhluk lain sangat penting. Hal ini untuk menjaga harkat dan martabat kita selaku makhluk Allah Swt. yang dikaruniai akal dan nurani. Adapun tata krama makan dan minum yang Allah Swt. dan rasul-Nya tuntunkan adalah sebagai berikut.

Teliti sebelum mengkonsumsi Inilah hal pertama yang harus dilakukan seorang muslim saat menentukan akan mengkonsumsi makanan atau minuman. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui dengan pasti kehalalan atau keharaman makanan yang masuk dalam tubuh kita. Dengan demikian, kita dapat menjaga diri kita dari makanan yang haram dan subhat atau meragukan.  Begitu pula dengan ke-tayyiban makanan yang kita konsumsi.

Tayyib artinya baik. Jadi makanan yang kita makan haruslah makanan yang baik, sehat, dan tidak berakibat buruk bagi tubuh. Meneliti halal dan tayyib ini menjadi kebutuhan kita. Hal ini juga ditegaskan oleh Allah Swt. dalam firman-Nya berikut ini.

Ya ayyuhallazina amanu kulu min tayyibati marazaqnakum wasykuru ulillahi inkuntum iyyahu ta'buduna

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, makanlah yang baik dari apa yang Kami karuniakan kepadamu  dan bersyukurlah kepada Allah jika kamu hanya menyembah kepada-Nya. (Q.S. al-Baqarah [2]:172)

Ada beberapa cara kita menentukan kehalalan dan ketayyiban suatu makanan atau minuman.

Dari zat makanan atau minuman tersebut. Artinya, kita menentukan apakah makanan dan minuman yang akan kita konsumsi termasuk makanan yang halal, haram, atau subhat (meragukan). Apabila diketahui makanan yang akan kita makan adalah makanan haram atau mengandung unsur haram, kita tidak boleh terus mengkonsumsinya.

Dari proses pengolahannya. Misal dari proses penyembelihan atau penggunaan alat masaknya. Apabila kita menemukan makanan yang terhidang adalah makanan yang dimasak dengan alat yang sama untuk memasak makanan yang haram, kita tidak boleh memakannya.

Setelah mengetahui makanan dan minuman yang akan kita konsumsi halal, kita pilih makanan yang baik dan sehat. Baik dalam hal ini bukan berarti mewah dan harus sangat nikmat. Apabila makanan dan minuman tidak sehat untuk dikonsumsi, misal makanan basi, sebaiknya kita hindari.

Mengundang makan bila mampu. Semakin banyak orang menikmati makanan bersama kita dan merasa nikmat dengan makanan yang kita sediakan, semakin berkah makanan tersebut bagi hidup kita.

Mengambil makanan yang terdekat. Saat dihidangkan, makanan yang tersedia dapat ditata sedemikian rupa sehingga menyebar di atas meja hidang. Bersyukurlah dengan apa yang terdekat dengan tempat duduk kita dan hindari berusaha mengambil makanan yang terletak jauh dari kita. Usaha untuk mengambilnya dapat menodai kesopanan di meja makan.

Tanggap terhadap kebutuhan dan keinginan orang lain pada hidangan yang ada di dekat kita. Hal ini kita lakukan untuk membantu teman mendapatkan menu yang ia inginkan.

Mengambil makanan secukupnya agar dapat berhenti sebelum kenyang. Ambillah makanan secukupnya. Jangan terlalu sedikit untuk menjaga citra diri hingga kita masih merasa lapar. Jangan pula terlalu banyak hingga terlihat seperti orang yang rakus.

Menikmati makanan sambil duduk.

Berdoa sebelum makan. Kita boleh cukup membaca basmallah sebelum makan. Boleh juga menambahkan doa sebagai berikut.

Allahumma bariklana fima razaqtana waqina'aza bannari

Artinya: “Ya Allah, berkahilah rezeki yang Engkau berikan kepada kami dan jagalah kami dari api neraka.”

Bacalah doa hendak makan tersebut. Lalu, cermatilah makna dalam doa tersebut. Itulah Adab Makan Dan Minum Dalam Islam, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi Petunjuk dan RidhaNya kepada kita semua amin…

Sumber : kumpulanmateriagama



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel