Wilayah Persebaran Hutan Hujan Tropis serta Flora dan Fauna yang Menghuninya

Wilayah Persebaran Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis adalah hutan yang terletak di garis khatulistiwa yang artinya hutan ini tersebar hampir di sepanjang garis khatulustiwa. Berdasarkan letak astronomis hutan hujan tropis terletak pada lintang 23, 5 derajat LU-23, 5 derajat LS. Meskipun hanya meliputi 6% saja bagian dari keseluruhan bumi tetapi hutan hujan tropis memiliki manfaat yang besar bagi kelangsungan mahluk hidup di bumi.

Berikut akan dipaparkan di mana saja wilayah persebaran hutan hujan tropis di dunia.

1. Amazon (Amerika Selatan)


Hutan Amazon merupakan hutan hujan tropis terluas sekaligus terbesar di dunia. Hampir sebagian hutan hujan tropis di dunia berada di wilayah ini. Wilayah di kawasan ini juga biasa disebut neotropics. Hutan ini terkonsentari di sekitar sungai Amazon dan sungai Onoroco yang berada di wilayah utara dan tengah negara Brasil, sedangkan sungai Onoroco terletak di timur Kolombia dan Venezuela.



Selain itu juga hutan ini tersebar di negara negara Amerika Selatan lainnya seperti, bagian selatan Meksiko hingga Guatemala, Panama, Ekuador, dan Costa Rica. Dan terdapat juga di Kepulauan Karibia.

2. Afrika Tengah

Hutan hujan tropis di Afrika Tengah merupakan hutan hujan tropis terluas kedua di dunia. Hutan di wilayah ini terkenal dengan hutan rimbanya. Hutan ini terletak di sekitar sungai Kongo. Sebagian kawasannya terdapat dalam wilayah negara Republik Demokratik Kongo.

Sedangkan, sebagian lainnya tersebar di Republik Kongo, Gabon, dan Kamerun. Selain itu, hutan hujan tropis juga terdapat di bagian barat Afrika yaitu terdapat di negara Pantai Gading, Ghana, Liberia, hingga ke bagian timur Sierra Leone.


Baca juga: (Wilayah Persebaran Hutan Hujan Tropis di Indonesia serta Flora dan Fauna yang Menghuninya)

3. Asia


Hutan hujan tropis di Asia umumnya terdapat di Asia Tenggara dan Asia selatan yang merupakan hutan hujan tropis terluas ketiga di dunia. Di Asia Tenggara hutan hujan tropis terdapat di Semenanjung Malaya dan Indonesia. Di Indonesia hutan hujan tropis terdapat di pulau pulau besar seperti Sumatra, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, dan Papua.

Sedangkan, di Semenanjung Malaya terdapat dihampir semua negara Asia Tenggara seperti, Malaysia, Thailand, Kamboja, Laos, Myanmar, Vietnam. Untuk wilayah Asia Selatan hutan hujan tropis terdapat di India, Srilangka, dan Pakistan.

4. Papua Nugini dan Australia

Hutan hujan tropis di wilayah ini merupakan hutan hujan tropis terluas ke-empat di dunia. Hutan di wilayah ini bisa disebut tempat yang sangat terisolasi dari dunia luar karena tempatnya yang sulit ditempuh sehingga jarang terjamah manusia. Hutan ini tersebar di Papua nugini dan bagian utara Australia yaitu Cooktown dan Townsville.


5. Pulau Madagaskar


Hutan hujan tropis di pulau ini merupakan konsentrasi hutan hujan tropis terkecil di dunia sekaligus hutan hujan tropis terluas kelima di dunia. Hutan hujan tropis di pulau ini hanya bisa dijumpai di sebagian kecil pulau ini, yaitu di sisi timur membentang dari utara ke selatan sepanjang 120 km. Pulau ini juga salah satu tempat yang terisolasi dari dunia luar.

Flora dan fauna yang menempati bioma hutan hujan tropis.


Menurut ilmuwan, hutan hujan tropis merupakan rumah bagi setengah spesies tumbuhan dan hewan yang hidup dibumi. Itulah mengapa hutan ini kaya akan kehidupan tumbuhan dan hewan.

Berikut merupakan macam macam flora dan fauna yang hidup di hutan hujan tropis:


Fauna

Fauna yang hidup di hutan hujan tropis umumnya hewan yang hidup di pepohonan seperti berbagai macam burung dan berbagai macam jenis primata. Jenis jenis burung yang hidup di hutan hujan tropis cenderung memiliki warna bulu yang cerah dan unik serta suara yang merdu. Contohnya antara lain seperti cenderawasih, burung nuri, burung beo, dan jenis burung yang tidak bisa terbang seperti kasuari.


Sedangkan jenis primata yang hidup di hutan hujan tropis antara lain seperti orang utan dan gibbon yang hidup di Asia sedangkan, gorilla dan simpanse yang hidup di Afrika. Selain itu juga, ada beberapa mamalia seperti harimau, gajah, berbagai macam jenis primata, kerbau, macan tutul, mamalia kecil, badak, babi, rusa, babi rusa, kapibara, berang-berang, dan lain lain.


Adapun dari jenis reptil seperti ular, buaya, anaconda, kadal, bunglon, iguana, biawak, piton, dan lain lain. Sedangkan, dari kelas jenis ikan ada piranha, ikan lele, lumba lumba air tawar, gurame, dan lain lain.


Flora

Hutan hujan tropis mempunyai spesies tumbuhan terbanyak di dunia. Mulai dari pepohonan tinggi sampai lumut. Diantara jenis tumbuhan tersebut antara lain ada, pohon dari familia Diptorecarpaceae, yaitu pohon yang menghasilkan biji bersayap. Diptorecarpaceae merupakan vegetasi tumbuhan tertinggi sehingga pohon ini yang membentuk kanopi. Diantara famili Diptorecarpaceae ada, Keruing (Dipterocapus sp), Meranti (Shorea sp), Kayu kapur (Drybalanopsaromatica), dan Kayu garu (Gonystylus bancanus).


Selain itu juga ada, tumbuhan liana yaitu tumbuhan yang memanjat contohnya rotan. Dan juga ada pohon durian (Durio zibetinus), mangga (Mangifera indica), dan sukun (Artocarpus sp). Terdapat juga tumbuhan endemik seperti Raflesia arnoldi. Pohon pohon lain seperti matoa (Pometia pinnata), dan beringin (Ficus sp). Tumbuhan unik seperti anggrek dan lain lain. Selain itu juga, di hutan ini banyak ditemukan tumbuhan obat sehingga hutan ini juga disebut farmasi terbesar di dunia.


Itulah flora dan fauna yang hidup di hutan hujan tropis. Tapi dari sekian banyak hewan dan tumbuhan yang hidup di hutan hujan tropis ada banyak sekali hewan atau pun tumbuhan yang kelestariannya terancam punah. Oleh karena itu kita sebagai manusia harus menjaga dan melestarikan hewan dan tumbuhan tersebut.


Sumber : Loronghutan



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel