Tips Untuk Pelamar CPNS di Tahun 2018

Tips Untuk Pelamar CPNS di Tahun 2018

Hasil gambar untuk cpns
https://beritapns.co/category/cpns-2018
Sangat banyaknya peminat menjadi seorang calon pegawai negeri Sipil, dapat dilihat dari banyaknya pendaftar CPNS pada gelombang 1 dan gelombang 2 pada tahun 2017. Berdasarkan data dari BKN diketahui jumlah pendaftar pada gelombang 1 gelombang 2 berjumlah jutaan pelamar. Banyak alasan kenapa sesorang sangat ingin menjadi CPNS, karena adanya jaminan karir sampai pensiun, karena ingin mengabdi pada negara, ingin mewujudkan cita-cita dan lain-lain.  Bagi yang gagal menjadi CPNS pada penerimaan CPNS gelombang 1 dan gelombang 2, ada kabar gembira buat kamu, karena pemerintah telah mengumumkan akan dibuka penerimaan CPNS di awal tahun 2018. Untuk itu jika ingin bersaing menjadi seorang CPNS memerlukan persiapan yang matang, karena persaingan yang sangat ketat. Berikut tips dari penulis buat kamu yang ingin ikut bersaing pada pembukaan pendaftaran CPNS periode selanjutnya, yang mana CPNS yang dibuka adalah CPNS untuk pemerintahan daerah dan pemerintah pusat.

1. Persiapkan berkas-berkas yang diperlukan diantaranya legalisir ijazah, legalisir transkrip, KTP, SKCK, Kartu AK1, Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dan Surat keterangan Bebas Narkoba .

2. Persiapkan untuk ujian CAT (Computer Assisten Test), yang pertama yaitu Tes SKD, yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dan Tes Itelejensia Umum (TIU).

Tes TWK soal soalnya berkisar tentang pancasila dan sejarahnya, tentang UUD 1945, tentang sejarah kemardekaan indonesia, pahlawan-pahlawan indonesia, tata negara. Untuk TWK ini tipsnya harus benar-benar belajar, banyak membaca dan mendengar materi, usahakan ingat pasal-pasal perbab pada undang-undang. Untuk tiap jawaban benar pada soal TWK ini bernilai 5 dan jika salah bernilai 0, jadi usahakan tetap menjawab semua soal.
Tes Karakteristik Pribadi yaitu berisi tentang semngat berprestasi, pengendalian diri, inisiatif. Pada TKP ini setiap jawaban diberi poin, jadi usahakan jawab semuanya ya, tipsnya jangan terlalu lama mengerjakannya, setiap soal baca satu kali saja dan lansung jawab agar menghemat waktu. Jawablah yang menurutmu sikap paling baik menurut logika dan nurani mu, walau bukan sikapmu yang biasanya.
Tes Intelejensia Umum yaitu soalnya tes tentang deret, sinonim, antonim, bahasa indonesia,tes logika formil, tes logika numerik. soalnya mirip-mirip soal TPA atau psykotest, Sama halnya dengan TWK untuk jawaban banar bernilai 5, jika salah bernilai 0. Tips agar sukses menjawabnya yaitu banyak banyak latihan, untuk deret kenali pola-pola deret. Semakin banyak yang kamu bahas, bearti semakin besar peluang soal yang akan keluar nanti sudah kamu pelajari.

Tips secara keseluruhan untuk mengerjakannya tes SKD ini yaitu kerjakan pertama TWK setengah dari jumlah soal TWK dan yang tidak bisa atau ragu tinggalkan dulu, selanjutnya kerjakan TIU setengah setengah dari jumlah soal TIU, soal yang panjang soal yang ragu atau tidak tau jawabannya tinggalkan dulu, selanjutnya baru kerjakan TKP, kerjakan seluruh soal TKP jangan sampai kosong. Setelah selesai baru kembali ke TWK, kerjakan semuanya, dan baru lah beralih ke TIU kerjakan semuanya. Jika masih ada waktu baca lagi soal TWK yang ragu tadi, siapa tau keingat kan. Begitu juga soal TIU yang ragu coba lagi kerjakan. Kenapa menyarankan demikian yaitu karena dalam tes ini , memiliki passing grade , yang mana TWK itu harus 80, TKP itu 120 dan TIU itu harus 75, jadi walaupun nilai kita tinggi disalah satu tes, anggaplah TWK kita sangat tinggi tapi TIU tidak mencapai passing grade, maka kita tidak akan lulus.
      
Oleh sebab itu mulailah belajar dari sekarang, bahas soal-soal untuk tes SKD tersebut. Belajar dapat dari buku yang bisa dibeli ditoko buku atau e-book yang dibeli secara online. Sekarang juga banyak yang menjual software simulasi ujian CAT, ada juga yang tersedia secara gratis download di playstore, sehingga bisa langgung belajar di smartphone kamu. Saat swaktu luang kamu bisa bahas-bahas soal, Download video pembahasan soal-soal CPNS di youtube juga banyak tersedia, belajar dari web-web atau blog yang menshare pembahasan soal-soal CPNS juga sangat banyak bertebaran diinternet. So jangan pernah menyerah untuk belajar, karena banyak sumber untuk belajar. Terus belajar smpai hari h, dan selalu berdoainsyaallah engan usaha dan doa kamu bisa. Semoga jurusan mu juga memiliki peluang yang besar pada pembukaan CPNS 2018.

Saat kamu gagal mendapat kan sesuatu setelah melalui proses yang panjang, maka jangan hanya ingat kegagalan itu tapi ingat lah apa yang kamu dapatkan sepajang prosesmu. Suatu saat penghalaman mu itu akan memberikan manfaat untukmu dan kegagalan mu itu memberikan mu semangat untuk lebih maju dan rasa bersyukur saat kamu sukses.


Sumber:  http://tz.ucweb.com/1_2zYnv



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel