SEJARAH BLOG PENEMU ISTILAH DAN BLOGGER PERTAMA DI DUNIA

Pada awalnya blog disebut sebagai “weblog” yang pertama kali dikenalkan oleh Jorn Barger pada tanggal 17 Desember 1997. Weblog dapat diartikan sebagai sebuah website yang sering melakukan update. Kemudian pada bulan April atau Mei 1999, istilah “weblog” disingkat menjadi “blog” oleh Peter Merholz.

Blog pertama adalah halaman What’s New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersenpada tahun 1993. Mosaic merupakan browser pertama pada dunia internet sebelum lahirnya Internet Explorer maupun Netscape. Kemudian pada bulan Januari 1994, Justin Hall membuat website pribadinya dengan nama Justin’s Home Page yang pada akhirnya berubah menjadi Links from the Undergroundmerupakan blog pertama yang kita kenal sekarang.

tampilan blog masa kini . https://www.materipendidikan.info/
Pada bulan Juli 1999, lahirlah layanan pembuatan blog gratis yang pertama dikenal dengan nama Pitas. Tetapi yang mempopulerkan blog pada pertama kalinya adalah Blogger.com yang dimiliki oleh perusahaan PyraLab di Silicon Valley pada bulan Agustus 1999. Blogger.com menawarkan fasilitas pembuatan blog yang gratis dan simpel tanpa harus mengetahui dasar-dasar pemograman web sehingga banyak diminati oleh pengguna internet. Dikarenakan tingkat pertumbuhan pada blogger.com meningkat sebesar 20% per bulan maka pada bulan Februari 2003, perusahaan Google mengakusisi perusahaan PyraLab sehingga Google menjadi pemilik baru dari Blogger.com.



Dibawah ini merupakan timeline dari perkembangan blog:
  • Bruce Ableson meluncurkan Open Diary pada bulan Oktober 1998 yang telah berkembang menjadi ribuan diary online. Open Diary menciptakan fungsi Reader Comment sehingga Open Diary menjadi komunitas blog yang pertama memungkinkan pembaca memberi komentar pada blog orang lain.
  • Brad Fitzpatrick mendirikan LiveJournal pada bulan Maret 1999.
  • Evan William dan Meg Hourihan (Pyra Labs) meluncurkan Blogger.com pada bulan Agustus 1999 (kemudian diakusisi oleh Google pada bulan February 2003).
Dengan berkembangnya blog tersebut maka munculah stilah-istilah baru yang berkaitan dengan blog yaitu blogospehere dan blogstrom. blogospehere merupakan situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog, sedangkan blogstrommerupakan sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial.

Selain terdapatnya istilah baru, blog juga dibagi menjadi beberapa jenis (dikutip dari Wikipedia) :
  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
Siapa Orang Pertama yang Pertama Kali Ngeblog di dunia ?


Saya sebenarnya sudah membuat blog dari tahun 2013, kalau gak salah. Namun gak konsisten ngeblog hingga kini, hehe. Jika dibanding agan-agan blogger lainnya yang sudah lebih dulu ngeblog, mungkin saya entah kesekian kalinya yang punya blog. Tahukah kamu orang pertama yang punya blog? Siapa blogger pertama di dunia?

Telusur dan telusur gelar blogger pertama di dunia ini agaknya terpecah belah. Di duga ada 2 orang yang diyakini sebagai para suhu yang mulai melakukan aktifitas ngeblog untuk pertama kali.

Menurut beberapa referensi yang saya baca, disebutkan bahwa John Barger, seorang warga Amerika Serikat sebagai blogger pertama di dunia.

Barger dengan blognya yang bernama Robot Wisdom tercatat sebagai blogger pertama di dunia yakni pada 17 Desember 1997.

Barger pula yang menciptakan istilah weblog untuk mendefinisikan apa yang sekarang disebut blogging. Istilah pendeknya blog diciptakan oleh Peter Merholz pada 1999. Peter memecah kata weblog menjadi we blog di sidebar blognya, peterme.com. Selanjutnya, Evan Williams pada Pyra Labs menggunakan istilah blog sebagai kata benda maupun kata kerja yang mengarah pada aktivitas blogging.

Namun, agaknya gelar John Barger sebagai blogger pertama di dunia akan terhapus setelah ditemukannya fakta baru, bahwa orang yang pertama kali melakukan aktivitas blogging di dunia adalah seorang Mahasiswa yang kemudian menjadi wartawan Amerika Serikat bernama Justin Hall.


Hall membuat website pribadinya Justin's Home Page pada tahun 1994 (tiga tahun sebelum John Barger). Pada Desember 2004, New York Times Magazine menyematkan julukan pada Justin Hall sebagai
the founding father of personal blogging atau pendiri blog pribadi.

Jika melihat data, gelar blogger pertama dunia memang pantas disematkan pada Justin Hall. Namun gak adil jika kita menghapus nama Jhon Barger dari jajaran orang pertama yang menjalankan aktifitas ngeblog.

Yasudah agar adil, Justin Hall yang menjadi blogger pertama. Sementara Jhon Barger sebagai orang pertama yang mencetuskan istilah weblog, cikal bakal istilah blog.

Dan pada akhirnya siapapun yang menjadi blogger pertama di dunia memang pantas di ganjar penghargaan, entah itu hanya ceremonial saja. Blogger-blogger baru juga bukan berarti merasa minder. Karena gak peduli siapa yang memulai duluan ngeblog. Terutama dari blog itu sejauh mana manfaat dari konten blog tadi dan seberapa konsisten ngeblognya

Sumber:
http://rodame.com/sejarah-blog-di-dunia/
http://www.jurnalrozak.web.id/2015/01/perkara-blogger-pertama-di-dunia.html



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel