Rumus Cara Mencari Volume Kerucut Beserta Contoh Soalnya


Rumus Cara Mencari Volume Kerucut Beserta Contoh Soalnya

Rumus Volume Kerucut - Ayo kita lanjut lagi belajar rumus matematika dasar, sudahkah kalian mempelajari rumus cara mencari volume limas segitiga ? Jika sudah maka di sini akan saya berikan materi lainnya yaitu perihal cara mencari volume dari kerucut. Tahukah kalian bahwa kerucut termasuk kedalam jenis limas istimewa? Kerucut dikatakan sebagai limas istimewa karena bentuk alasnya adalah lingkaran. Kerucut memiliki 2 sisi dan 1 buah rusuk. Bentuk kerucut bisa kita temukan dalam benda-benda disekitar kita seperti topi ulang tahun, nasi tumpeng, ataupun pembatas jalan. Mari kita lihat lagi seperti apa gambar kerucut itu:

Setelah memperhatikan gambar kerucut di atas, tiba saatnya bagi kita untuk mempelajari rumus-rumus yang bisa digunakan untuk mencari volumenya. Ini dia pembahasannya:

Rumus untuk Mencari Volume Kerucut

Karena bentuk alas kerucut merupakan lingkaran dan padaa bagian atasnya lancip seperti limas, maka rumus volumenya pun akan mirip dengan tabung ataupun limas. Jika diperhatikan, rumus volume dari kerucut menggunakan πr2yang merupakan rumus luas lingkaran. sementara 1/3 x t digunakan pada rumus colume limas. Maka untuk mengetahui isi ataupun volume dari sebuah bangun ruang yang berbentuk kerucut kalian bisa menggunakan rumus:

Volume Kerucut = 1/3 x πrx t

Berikut ini ada beberapa contoh soal yang bisa dipelajari guna memahami penggunaan rumus di atas:

Contoh Soal Mengenai Cara Mencari Volume Kerucut

Contoh Soal 1
Sebuah nasi tumpeng yang berbentuk kerucut memiliki ukuran jari-jari (r) 7 cm dan tingginya adalah 14cm. Maka berapakah volume dari nasi tumpeng itu?

Jawab:
Volume Kerucut = 1/3 x πr2 x t
Volume Kerucut = 1/3 x 22/7 x 7 x 7 x 14
Volume Kerucut = 1/3 x 154 x 14
Volume Kerucut = 1/3 x 2156
Volume Kerucut = 718,66 cm3

Volume dari nasi tumpeng itu adalah 718,66 cm3

Contoh Soal 2

Diketahui volume dari sebuah topi ulang tahun adalah 4620 cm3 bila jari-jari dari topi tersebut adalah 21cm, maka berapakah tingginya?

Jawab:
Volume Kerucut = 1/3 x πr2 x t

4620 cm3 = 1/3 x 22/7 x 21 x 21 x t

4620 cm3 = 1/3 x 1386 x t

4620 cm3 = 462t

t = 462/462

t = 10

Tinggi dari topi kerucut itu adalah 10 cm

Sekian pembahasan Rumus Cara Mencari Volume Kerucut Beserta Contoh Soalnya. Cermati dengan baik rumus yang diberikan lalu perhatikan langkah-langkah di dalam menjawab soal tentang rumus volume kerucut. Kalian pasti bisa menguasainya dengan baik.

Sumber: http://www.rumusmatematikadasar.com/




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel