Perang Dunia K-1 Dan Dunia K-2

PERANG DUNIA K-1 DAN DUNIA K-2 

PERANG DUNIA K-1

Pada 28 Juli 1914 sampai 11 November 1918 terjadi Perang Dunia 1 atau Great War. Perang ini terjadi antara dua blok di Eropa, yaitu Triple Alliance, gabungan militer antara Jerman, Austria-Hongary, Italia, dan Turki (Usmani), dimana Negara Jerman yang memegang komando, melawan Triple Etente yang di promotori oleh Prancis, Inggris, dan Rusia. Perang ini tidak hanya terjadi di Eropa saja tetapi sudah menjalar ke Asia, Afrika, New Zealand, dan Australia.
Ketegangan kedua blok ini semakin hari semakin memanas. Puncaknya pada Juni 1914, terjadi pembunuhan Pangeran Franz Ferdinand. Pewaris tahta kekaisaran Austria-Hongaria itu dibunuh oleh kaum nasionalis Serbia yang berusaha menekan pengaruh kekaisaran tersebut di daerah Balkan. Aksi pembunuhan yang terjadi di Serajevo pada tanggal 28 Juni 1914 ini didalangi oleh Danilo Iliae, yang merupakan anggota organisasi rahasia Crna Ruka (tangan Hitam).
Austria-Hongaria menyatakan perang kepada Serbia. Rusia yang merupakan sekutu abadi Serbia, menyatakan perang terhadap Austria-Hongaria. Saat terjadi perang pada Juli1914, Rusia menyuplai senjata pada Serbia. Jerman berusaha menghentikan Rusia tetapi Rusia menanggapinya dengan mengangkat senjata. Kemudian Jerman menambah kekuatan dengan menjalin hubungan dengan Turki. Pada Agustus 1914, Prancis ikut membantu Rusia. Jerman mengambangkan Belgia sebagai basis pertahanan berhasil memenangkan peperangan. Kemudian Inggris ikut menyerang Jerman.
Peran Yahudi dalam Perang Dunia 1, dalam berbagai peran dimainkan oleh keluarga Rothschild. Luois yang memimpin keluarga Rothschild di Austria. Ia berdinas dalam angkatan bersenjata Austria dalam Perang Dunia 1.
Di Perancis keluarga Rothschild sangat dekat dengan penguasa. Melalui Alphonse, Napoleon III berkomunikasi dengan Bismarck. Setelah Alphonse meninggal pada 1905, pimpinan keluarga Roshchild dipegang oleh Baron Edouard, direktur Ban que de Franc dan de de Roshchild Freres. Ia yang memberikan pinjaman kepada Prancis dalam Perang Dunia 1. Setelah Lionel Rothschild meninggal pada 1897, pimpinan keluarga Rothschild di Inggris dipegang oleh Nathaniel. Keluarga ini juga yang merancang ketegangan di Balkan dengan mendanai berbagai organisasi rahasia .
Melalui Max Warburg saudara Paul Warburg (agen Roshchild di Amerika Serikat), keluarga ini pula yang mendanai kubu sentral, yaitu Jerman, Austria-Hungaria, Bulgaria, dan Turki dalam Perang Dunia 1. Perang Dunia 1 menghasilkan salah satu Deklarasi Balfour 1917 yang membuka jalan Yahudi untuk membentuk Negara Israel di Palestina.
Pada musim panas 1918, tentara Amerika Serikat membantu menghalau serangan Jerman terakhir di barat. Kekalahan harus membuat Jerman menyetujui gencatan senjata pada 11 November 1918. Kesepakatan damai tersebut dinamakan Perjanjian Versailles yang ditandatangani pada 12 Januari 1919.
2.      PERANG DUNIA K2
Hitler selalu konsisten dengan penolakannya terhadap Perjanjian Versailles. Oleh karena itu, setelah merasa pasukannya kuat, ia memutuskan untuk merebut kembali satu persatu wilayah yang telah dipisahkan dari Jerman. Sebagai langkah awal, ia memerintahkan pasukannya untuk menduduki Saarland pada 1 Maret 1935. Setahun kemudian, pada 7 Maret 1936, Hitler memerintahkan pasukannya untuk menduduki Rhineland. Karena tidak ada tindakan apapun dari sekutu, Hitler semakin berani dalam mewujudkan ambisisnya. Pada 13 Maret 1938, sehari setelah memulai operasi pendudukan Austria, ia menganeksasi Negara ini ke dalam wilayah Jerman.
Awalnya Benito Mussolini, pemimpin Italia memepelopori gerakan fasis dengan cita-cita membentuk Italia Raya. Selang beberapa waktu, Hitler juga telah membentuk partai Nazi yang menggerakn Ultra Nasionalisme di negeri Bavaria itu. Sementara di belahan timur Kaisar Meiji juga menggerakan fasisme militer Asia. Bertiga mereka membentuk sebuah pakta yang di sebut Pakta Axis pada 27 September1940. Ketiga Negara fasis itu telah mengobarkan perang demi kejayaan Negara.
Jatuhnya Polandia dan terlambatnya pasukan sekutu yang saat itu dimotori oleh Gamelin dari Prancis, membuat Jerman serta Italia leluasa untuk menyerbu Negara-negara lemah di Eropa. Operasi Fall gelb pada 10 Mei 1940 dilakukan Jerman Untuk menduduki Prancis. Prancis menyerah dan mendeklarasikan gencatan senjata pada 22 Juni 1940. Kini Jerman akan melancarkan serangan ke Inggris. Pertempuran Inggris atau battle of Britain, sebuah pertempuran udara angkatan udara Jerman yang disebut Lutwaffe melawan angkatan udara Inggris yang disebut Royal Air Force pada 1940. Lutwaffe berhasil dikalahkan dan tentara Jerman membatalkan opersi singa laut atau seelow untuk menginvasi daratan Inggris.
Hasil perundingan di Munich pada 29 September 1938, yang dihadiri oleh Hitler, Perdana Menteri inggris Sir Neville Chamberlin, Perdana Menteri prancis edouard Daladier, dan Diktator Italia Bennito Mussolini, Sudetenland akhirnya secara resmi diserahkan kepada Jerman pada 1 Oktober 1938.
Setelah memeperoleh Sudetendland, pada 14 Maret 1939, Hitler mensponsori berdirinya Negara Indpenden Slowakia. Keesokan harinya, setelah pada dini hari pasukan Jerman memasuki wilayah Chekoslowakia dengan menempuh badai salju, Hitler mengumumkan pembubaran Negara ini. Sisa wilayah Chekoslowakia, yaitu Bohemia dan Moravia, selanjutnya dibentuk sebagai Negara protektorat Jerman.
Sejarah resmi menyebutkan bahwa, pendudukan Bohemia dan Moravia merupakan penghianatan terhadao kesepakatan dalam perundingan Munich karena dalam perundingan ini Hitler telah berjanji bahwa ia tidak akan mengajukan tuntutan territorial baru di Eropa setelah memperoleh sudetendland. Chamberlain menanggapi atas manuver Hitler bahwa Inggris tidak punya kewenangan untuk melindungi Chekoslowakia karena Negara ini sebenarnya tidak lagi ada setelah Slowakia mengumumkan kemerdekaannya pada 14 Maret.
Yahudi internasional telah mengumumkan perang terhadap Jerman. Pernyataan ini dikarenakan reaksi atas pengangkatan Hitler sebagai kanselir. Di Inggris perang yang dikobarkan Yahudi internasional mendapat dukungan dari sejumlah politisi, terutama Winston Churchil dan Lord Halifax (sekretaris luar negeri). Kedua pejabat tinggi ini, terutama Churchil mendapat dukungan dana dari Sir Robert Waley-Cohen, ketua komunitas Yahudi Inggris dan salah satu pimpinan Shell Oil yang dikendalikan oleh Roshchild. Selain itu, terdapat banker-bankir yang menyokong dana dari belakang.
Pada tanggal 17 September 1938 Chamberlain telah mengubah pendiriannya. Ia kini menyatakan bahwa Inggris tidak akan mengalah dan siap berperang bila hitler kembali melakukan ekspansi territorial.
Pada tanggal 1 September 1939 pukul 4.45, Hitler meyerang Polandia karena telah menolak penyelesaian damai yang di tawarkan oleh Hitler. Polandia menolaknya karena sudah mendapat jaminan dari Inggris. Pada 3 September 1939, dua hari setelah agresi Polandia dimulai, Prancis dan Inggris serempak menyatakan perang terhadap Jerman. Untuk menghadapi berperang di dua front, Hitler kemudian mengadakan kesepakatan nonagresi dengan Stalin, yang ditandatangani oleh Perdana Menteri Joachim von Ribbentrop dan Vyacheslav Molotov di Kremlin pada 23 Agustus 1939.
Perang juga terjadi di laut Atlantik, ketika kapal-kapal laut Jerman (U-Boat) berusaha menenggelamkan kapal dagang yang membawa suplai kebutuhan ke Inggris dari Amerika Serikat. Inilah alasan mengapa Amerika bergabung memerangi Jerman. Italia menyerah pada 8 September 1943. Dalam perang Normandia Jerman mengalami kekalahan dan semua kota-kota besar di Jerman mendapat serangan dan Berlin sebagai pusat kekuasaan Hitler diserang habis-habisan. Pada tanggal 30 April 1945, Hitler dan dan istrinya Eva Braun beserta beberapa orang terdekatnya bunuh diri. Jenderal Alfred jodl, menandatangani surat pernyataan kekalahan Jerman di markas besar tentara Sekutu di Reims, Prancis.
3.      PERANG DINGIN
Perang Dingin adalah sebutan bagi sebuah periode dimana terjadi sebuah konflik, ketegangan, dan kompetisi antara Amerika Serikat beserta sekutunya yang disebut Blok Barat dan Uni Soviet beserta sekutunya yang disebut Blok Timur yang terjadi antara tahun 1947-1991. Istilah perang dingin diperkenalkan tahun 1947 oleh Bernard baruch dan Walter Lippman dari Amerika Serikat untuk menggambarkan hubungan yang terjadi di antara kedua Negara adikuasa tersebut. Persaingan yang terjadi antar kedua Negara tersebut mencakup berbagai bidang.
Amerika Serikat Muncul sebagai salah satu Negara pemenang perang di pihak sekutu setelah Perang Dunia II. Peran Amerika Serikat sangat besar membantu Negara-negara Eropa Barat untuk memperbaiki kehidupan perekonomiannya. Uni Soviet juga muncul sebagai Negara besar pemenang perang dan berperan membangun perekonomian di Eropa Timur.
Berakhirnya Perang Dunia II pada 1945 telah mengubah perkembangan politik dunia. Amerika Serikat dan Uni Soviet mempunyai perbedaan ideologi, Amerika berideologi Liberal-Kapitalisme, seangkan Uni Soviet berideologi Sosialis-Komunis. Ada dua karakter yang muncul dalam permusuhan tersebut, pertama adanya keprihatinan akan ambisi rivalnya yang menimbulkan pesimisme. Kedua, Amerika Serikat dan Uni Soviet merupakan kekuatan militer yang sangat kuat dan memiliki kemampuan untuk menghancurkan musuhnya dengan senjata atom sehingga muncul kecurigaan.
Sebuah doktrin dikeluarkan Stalin pada Februari 1946, “tak terhindarnya konflik dengan kekuatan kapitalis”. Kemudian Presiden Harry S. Truman bereaksi dan mendeklarasikan Doktrin Truman. Amerika Serikat dan sekutunya membentuk Organisasi Pertahanan Atlantik (North Atlantic Treaty Organization/ NATO) yang berdiri pada tanggal 4 April 1949 di Washington, AS. Uni Soviet di pihak lain dan sekutunya membentuk Pakta Warsawa (Warsawa Pact) pada 14 Mei 1955di Praha-Cekoslowakia. Diberbagai kawasan muncul blok-blok yang memihak salah satu Negara adidaya tersebut.
Uni Soviet menjalin kerjasama dengan RRC pada 1950 serta membentuk Cominform (The Communist Information Bureau) di Beograd, Yugoslavia 1947. Perang dingin juga diwarnai dengan mata-mata yang dimiliki kedua Negara tersebut. KGB (Komitet Gusudarstvennoy Bezopasnosti) adalah dinas rahasia Uni Soviet dan CIA (Central Intelligence Agnecy) merupakan dinas rahasia Amerika Serikat. Keduanya selalu berusaha memperoleh informasi rahasia tentang segala hal yang menyangkut Negara-negara yang berada dibawah kekuasaan kedua pihak, serta informasi dari lawannya sendiri.

Sumber : https://tentangkudus.blogspot.co.id/2016/04/perang-dunia-12-dan-perang-dingin.html



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel