Nuzul Quran pada Malam Lailatu Qadar, Secara Bertahap, dan dengan Bahasa Arab



Nuzul Quran pada Malam Lailatu Qadar, Secara Bertahap, dan dengan Bahasa Arab

Para ulama berbeda pendapat tentang tahap penurunan al-Quran. Dalam hal ini ada tiga pandangan ulama yang berbeda yaitu:
Al-Quran diturunkan ke langit dunia pada malam al-Qadar sekaligus, yakni lengkap dari awal hingga akhirnya. Kemudian diturunkan berangsur-angsur sesudah itu dalam tempo 20 tahun atau 23 tahun atau 25 tahun, berdasar kepada perselisihan yang terjadi tentang berapa lama Nabi bermukim di Mekkah sesudah beliau diangkat menjadi Rasul.
Al-Quran ke langit dunia dalam dua puluh kali lailatul Qadar dalam 20 tahun, atau dalam 23 kali lailatul Qadar dalam 23 tahun, atau dalam 25 kali lailatul Qadar dalam 25 tahun. Pada tiap-tiap malam diturunkan ke langit dunia sekedar yang hendak diturunkan dalam tahun itu kepada Muhammad saw. dengan cara berangsur-angsur.
Permulaan al-Quran turunnya ialah di malam al-Qadar. Kemudian diturunkan sesudah itu dengan berangsur-angsur dalam berbagai waktu.

Berdasarkan uraian di atas pendapat pertama adalah pendapat yang lebih kuat. Karena al-Quran diturunkan sekaligus dari Lauh Mahfuzh ke Baitul Izzah pada malam Qadar dan secara berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad saw. selama 20 tahun atau 23 tahun atau 25 tahun, tergantung pendapat ulama tentang berapa lama Rasulullah berdakwah di Mekkah.

Bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas, dan paling tepat untuk dapat menyampaikan makna yang ada di dalam jiwa. Oleh karena itu, Al-Quran kitab yang paling mulia diturunkan dengan bahasa yang paling mulia, kepada Rasul yang paling mulia, melalui utusan Malaikat yang paling mulia, di bumi yang mulia, dan pada malam yang paling mulia yaitu malam lailatul Qadar bulan Ramadhan. Oleh karena itu, al-Qur’an sempurna dari segala aspek, pedoman dan petunjuk bagi manusia. Diturunkan al-Qur’an dengan berbahasa Arab agar mudah untuk dipahami, Allah swt. berfirman:

“Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al-Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” (QS. Yusuf: 2)

Yakni dengan bahasa Arab yang jelas, Allah swt berfirman: “Dengan bahasa Arab yang jelas.” (QS. asy-Syu’araa’: 195).
sumber;makalah



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel