Masalah Sosial Remaja Indonesia Terkini

Masalah Sosial Remaja Indonesia Terkini

Sebagaimana lingkup masyarakat, lingkup yang lebih kecil seperti lingkup remaja pun tak luput dari berbagai masalah. Salah satunya masalah sosial remaja yang sering terjadi di sekolah, seperti mencontek, membolos, tawuran. Hal-hal tersebut merupakan sebuah masalah yang sering dterjadi, dan pelaku utamanya sering kali remaja. Untuk yang terkahir, pengangguran, biasanya masalah ini muncul dan semakin bertambah disaat musim akhir jenjang pendidikan berakhir, entah di universitas atau di sekolah menengah.

Kalau kita membicarakan dan membahas tentang pergaulan bebas,sudah pasti kita akan berhubungan dengan anak remaja karena banyak korbannya adalah dari kalangan remaja.Masa remaja bagi semua orang dan juga menurut saya adalah masa yang paling indah atau berseri.Di masa itu juga proses pencarian jati diri seseorang berlangsung.Dan pada proses itulah banyak para remaja yang terjebak ke dalam pergaulan bebas tersebut karena tidak mengetahui dampak buruk bagi dirinya sendiri.Pergaulan bebas di kalangan remaja saat ini telah mencapai titik kekhawatiran yang sangat tinggi atau cukup parah,terutama seks bebas dan penggunaan obat-obatan terlarang. Pada pembahasan ini kita berfokus pada seks bebas.

1. Seks bebas


Pergaulan bebas di kalangan remaja saat ini telah mencapai titik kekhawatiran yang sangat tinggi atau cukup parah, terutama seks bebas dan penggunaan obat-obatan terlarang. Sudah pasti seks bebas memiliki dampak buruk. Dampak buruk seks bebas bagi diri sendiri sudah tentu lebih mengacu pada kesehatan.

Tidak hanya bagi diri sendiri, seks bebas juga berdampak buruk bagi orang lain, terutama keluarga yang akan menanggung malu. Dalam ruang lingkup yang luas, seks bebas juga memiliki dampak buruk bagi bangsa ini, yakni rusaknya moral generasi penerus bangsa. Begitu banyak dampak buruk dari seks bebas. Oleh karena itu, jauhkan diri kita dari seks bebas.

2. Minuman Keras


Mengkonsumsi minuman beralkohol kini seperti menjadi bagian gaya hidup dari sebagian masyarakat Indonesia. Berawal dari sekedar coba-coba, banyak yang kemudian akhirnya ketagihan dengan jenis minuman yang satu ini.

Selama ini dampak negatif dari konsumsi alkohol berlebih yang paling banyak diketahui orang adalah mabuk semata, dan itupun dapat hilang dengan sendirinya. Namun pada kenyataannya, efek negatifnya tidak berhenti pada mabuk saja, alkohol yang terkandung dalam minuman keras tersebut memiliki dampak negatif lain bagi tubuh, seperti merusak sistem metabolisme tubuh manusia, timbulnya ketagihan, dan rusaknya jaringan pada otak. Tidak hanya berefek terhadap diri sendiri, tapi juga orang-orang disekitarnya. Semakin sering seseorang minum alkohol, maka semakin berkurang pemikirannya.

3. Narkoba


Di negara ini, permasalahan tentang narkoba sudah cukup marak. Mulai dari pengedar sampai pengguna obat terlarang itu. Penyalahgunaan narkoba telah diatur dalam perundang-undangan, namun tidak sedikit yang mengabaikan peraturan tersebut dan tetap mengkonsumsi obat-obat terlarang tersebut. Penyalah gunaan narkoba memiliki dampak atau pengaruh, baik bagi diri sendiri atau orang lain. Secara umum, dampak penyalahgunaan narkoba dapat terlihat pada fisik, psikis maupun sosial seseorang.

Dampak penyalahgunaan narkoba pada fisik lebih mengacu kepada kesehatan jasmani yang terganggu. Sedangkan dampak penyalahgunaan narkoba pada psikis yakni terganggunya kejiwaan seseorang. Selain itu, dampak lain narkoba bagi pada sosial yakni anti-sosial dan asusila, dikucilkan oleh lingkungan, merepotkan dan menjadi beban keluarga, Pendidikan menjadi terganggu, serta masa depan suram. Sudah jelas sekali, begitu banyaknya dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba. Maka dari itu, tidak ada alasan lain bagi kita untuk menjauhi penyalahgunaan narkoba dan tetap berhati-hati kepada orang asing yang memberikan sesuatu yang tidak jelas.
sumber:maybekti



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel