Makna Nuzul, dan Tanzil, Inzal, dalam al-Quran, Perbedaan dan Kesamaan

Makna Nuzul, dan Tanzil, Inzal, dalam al-Quran, Perbedaan dan Kesamaan

Kata nuzul adalah mashdar dari kata nazala – yanzilu – nuzulan, yang berarti turun dari yang tinggi ke yang rendah. Kata nazala dan turunannya banyak terdapat dalam al-Quran dalam bentuk yang beragam, mencapai 44 turunan dalam 295 ayat. Sedangkan tanzil dan inzal adalah mashdar dari kata nazzala dan anzala yang merupakan turunan dari kata nazala yang ditambah satu huruf.

Perbedaan antara tanzil dan inzal dalam menggambarkan al-Quran dan malaikat ialah bahwa tanzil bersifat khusus pada satu tempat yang mana al-Quran diturunkan secara terpisah dari yang lainnya dan sekaligus, sedangkan inzal berarti umum Yaitu bahwa al-Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur dan terkait dengan waktu dan keadaan. Menurut al-Jurjaniy, perbedaan antara Inzal dan tanzil adalah bahwa inzal digunakan untuk (turunnya al-Quran) sekaligus sedangkan tanzil untuk berangsur-angsur.

Kata Inzal atau anzala digunakan dalam al-Quran untuk menunjukkan bahwa al-Quran duturunkan sekaligus dari lauh mahfizh ke baitul izza pada malam lailatul qadr. Sebagaimana firman Allah ta’alaa:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.” (QS. al-Qadr: 1)

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan Sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. al-Dukhan: 3)

Sedangkan kata tanzil atau nazzala digunakan untuk menunjukkan bahwa al-Quran diturunkan secara berangsur-angsur, firman Allah:

“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan Sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.” (QS. al-Hijr: 9)

Berkaitan dengan kitab-kitab Allah yang lainnya, kata Nazzal berarti bahwa al-Quran tidak seperti kitab-kitab samawy lainnya. Al-Quran sendiri dengan tegas menjelaskan bahwa al-Quran tidak diturunkan seperti Taurat, Inji, atau Zabur yang diturunkan sekaligus.Allah berfirman:

“Dia menurunkan Al kitab (Al Quran) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil,” (QS. Ali Imran: 3)

sumber;makalah



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel