Konsep Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)


1.         Konsep Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)

Ada 3 kata kunci dalam memahami TIK, yaitu:

Teknologi
Informasi
Komunikasi
a.       Definisi Teknologi
Menurut Nasution (1995) istilah teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu technologia yang menurut Webster Dictionary berarti systematic treatment atau penanganan sesuatu secara sistematis, sedangkan techne sebagai dasar kata teknologi bararti art, skill, science atau keahlian, keterampilan, ilmu. Sejalan dengan pengertian tersebut, Salisbury (1996) mengemukakan bahwa kata teknologi, sebagaimana digunakan oleh para ilmuwan dan para filosofis ilmu pengetahuan menunjuk kepada cara di mana  kita menggunakan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah praktis.

b.      Informasi
Konsep dasar informasi merupakan hasil dari pengolahan data, akan tetapi tidak semua hasil dari pengolahan tersebut dapat menjadi informasi yang siap dipakai.

Ciri-ciri informasi:

Accurate (Akurat)
Akurat berarti menunjukkan kebenaran, kepastian, ketepatan, dan konsistensi, misalnya informasi ilmiah (berdasar ilmu pengetahuan), informasi dari ulama, guru, atau dosen, informasi dalam hukum atau aturan, dan informasi yang disampaikan oleh seorang ditektif (spionase), dsb-dsb. Informasi-informasi tersebut harus akurat.

 2.    Advance (Unggul)
Informasi dikatakan unggul jika mempunyai nilai tambah, mempunyai nilai lebih dari yang lain, dan penghargaan yang tinggi. Informasi unggul harus memenuhi aspek-aspek informasi tingkat tinggi yaitu sangat akurat, sangat penting, dan sangat bermanfaat, misalnya informasi di dalam kitab suci, informasi yang disampaikan pimpinan agama(ulama, dsb.), informasi bidang tertentu yang disampaikan oleh ahlinya, dsb-dsb.

 3.    Clear (Jelas)
Informasi dikatakan jelas apabila mudah dibaca, dilihat, didengar, diraba, dirasakan, danatau dipahami. Jelas bisa berarti jelas tulisannya, gambarnya, suaranya, maknanya, dsb. Jadi, informasi ini tidak menghasilkan kesalah-pahaman, tidak mendua (ambigu), dan tidak munafiq, yaitu informasi apa adanya, jujur. Contoh ciri informasi ini adalah informasi peraturan lalu lintas, informasi di gambar atau peta, informasi yang disampaikan oleh penceramah, dsb-dsb. Informasi yang jelas memang menuntut manusia untuk mengerti dan memahaminya dengan baik.

 4.    Complete (Lengkap)
Informasi yang baik adalah informasi yang lengkap, yaitu memenuhi aspek-aspek yang memang dibutuhkan dan memperjelas, misalnya aspek waktu, tempat, tujuan, alasan, keperluan, biaya, jumlah, cara, media, orang, dsb. Contoh ciri informasi ini adalah informasi dalam suatu undangan atau dalam suatu tiket. Undangan atau tiket hendaknya member informasi yang lengkap tentang waktu, tempat, biaya, dsb.

 5.    Frequent (Frekuensi)
Dalam konteks ini, frekuensi adalah informasi yang sering dimunculkan (disampaikan), sehingga berulang-ulang dilihat, didengar, atau “ditangkap”. Informasi yang diulang-ulang biasanya informasi yang sangat penting dan bernilai tinggi, seperti bacaan surat al-Fatihah yang diulang minimal 17 kali sehari-semalam (bagi yang mendirikan shalat), dan informasi tentang ramalan cuaca atau pembacaan berita.

 6.    Positive Purpose (Tujuan Positif)
Informasi yang bertujuan baik adalah informasi yang berkualitas baik, misalnya bertujuan untuk meningkatkan imtaq (iman-taqwa) seseorang, untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk meningkatkan minat baca-tulis, untuk membangun negara, dsb-dsb.

 7.    Relevant (Relefan/Sesuai) or Objective
Informasi yang baik ialah informasi yang relefan (sesuai) dengan obyek, waktu, tempat, kebutuhan, minat, tujuan, profesi, status-peranan, keadaan alam, dsb. Informasi yang baik sesuai dengan obyeknya. Contoh ciri informasi ini adalah bahwa seorang muslim membutuhkan informasi tentang isi al-Quran dan al-Hadits, syari’ah Islam, aqidah, akhlaq, ibadah, pendidikan, dsb-dsb. Seorang pustakawan memerlukan informasi tentang peraturan perpustakaan, koleksi perpustakaan, buku-buku baru, system katalogisasi, system sirkulasi, sumber-sumber informasi, dsb-dsb. Seorang guru atau dosen membutuhkan informasi tentang perencanaan mengajar, kurikulum, tujuan pendidikan, materi pelajaran (mata kuliah), metode mengajar, media mengajar, cara mengevaluasi siswa, dsb-dsb.

 8.    Responsible, Reliable Source (Sumber Terpercaya, Tanggung Jawab)
Informasi yang baik adalah informasi yang bersumber dari seseorang atau lembaga yang bertanggung jawab, bisa dipercaya (amanah) dan ditelusuri (check and recheck). Sumber informasi yang amanah dan bertanggung jawab dapat dilihat dari akhlaq (moralitas), profesionalitas (otoritas ilmu), dan informasinya akurat, relefan (obyektif), lengkap, dan jelas. Orang-orang yang dikenal baik (jujur, amanah, dsb.) dapat menjadi sumber informasi yang bertanggung jawab. Pemerintah, koran, jurnal, majalah yang baik dapat juga menjadi sumber informasi yang terpercaya.

 9.    Up-to-date (Baru/Terbaru)
Ciri ini dapat diperdebatkan, ada yang setuju, ada yang tidak, karena melihat isi dan konteks informasi masing-masing. Dalam konteks perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau konteks pertukaran mata uang asing, informasi yang baru (terbaru) merupakan informasi yang baik. Informasi baru dikatakan baik jika memang isinya (yang baru) memang sangat dibutuhkan, sehingga informasi yang lama tidak dipakai lagi. Namun demikian, banyak informasi lama yang masih sangat dibutuhkan, seperti isi kitab suci, sebagian teori-teori atau konsep-konsep lama tentang suatu ilmu (misalnya, the Canon of Medicine oleh Avicenna (Ibnu Sina), the Gravitation Law oleh Newton, dsb.), catatan-catatan sejarah yang jujur, dsb-dsb.

 10.     Useful (Manfaat)
Informasi yang baik adalah informasi yang bermanfaat. Pemanfaatan informasi tergantung pada kebutuhan seseorang seperti kebutuhan agama, ekonomi, belajar, karier/pekerjaan, hiburan, hobbi, hubungan social, dsb. Informasi isi al-Quran sangat penting bagi ummat manusia, khususnya muslimin-muslimat. Informasi ilmiah dibutuhkan oleh siswa, guru, atau peneliti. Informasi tentang harga barang, produk barang, perkembangan ekonomi, inflasi, biaya, tren pasar, dsb., sangat bermanfaat bagi para pedagang atau pelaku bisnis. Informasi yang bermanfaat juga berarti kemudahan dalam mencari dan memanfaatkan informasi.

c.       Komunikasi
Proses penyampaian informasi dalam bentuk pesan melalui media dan tanpa melalui media berteknologi dari sumber pesan kepenerima pesan.

Kesimpulan:
jadi dapat disimpulkan bahwa TIK adalah satu prosedur atau pendekatan yang dikembangkan dengan berbasis ide, proses dan hasil dalam rangka menyampaikan informasi melalui sistem komunikasi untuk menciptakan pemahaman tentang satu perubahan.

SASARAN STRATEGIS TIK

(1) Masyarakat menuju knowledge based society.

(2) Publik menuju e-Services.

(3) Pemerintah menuju e-Government.

(4) Industri (termasuk Badan Usaha Milik Negara) menuju industri teknologi informasi dan komunikasi global.

(5) Masyarakat ilmu pengetahuan dan teknologi dan lembaganya menuju kelas dunia.

Secara nasional TIK mencakup fungsi-fungsi sebagai berikut:

–          Meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat Pendidikan.

–          Meningkatkan daya saing bangsa melalui pendidikan.

–          Memperkuat kesatuan dan persatuan nasional melalui pendidikan.

–          Mewujudkan pemerintahan yang transparan.

–          Meningkatkan jati diri bangsa di tingkat internasional melalui ICT for eeducation.

Peran TIK

–          Menyediakan akses dan mengorganisir informasi dan pengetahuan dan keterampilan secara digital

–          Mempercepat dan mereduksi biaya transaksi dan inovasi dalam rangka transfer on konwledge

–          Membentuk hubungan langsung dalam pengelolaan pendidikan

2.         Menentukan dan mengevaluasi bahan TIK
Dalam menentukan bahan tik, berarti kita berbicara bagaimana kita menentukan model dan strategi pembelajaran TIK. Adapun model dan strategi tersebut adalah : teori belajar behaviorisme yaitu diamana proses pembelajaran yang terjadi adalah hasil pengajaran yang disampaikan gurubaik melalui media tapun tidak. Sedangkan teori belajar kontrukstivisme yaitu penggunaan media sebagai langkah yang memberikan kemungkinan siswa secara aktif mengkonstruksi pengetahuan.

KOZMA ,1991: Media dapat dibedakan dari teknologi (mekanik, elektronik, bentuk fisik), sistem simbolik (karakter alpha-numerik, objek, gambar, suara) serta sarana yang digunakan (radio, video, komputer, buku) .

Manfaat strategi dan model pembelajaran:

Menimbulkan dan mempertahankan perhatian siswa.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Mengingatkan kembali prinsip/konsep yang telah dipelajari
Menyampaikan materi.
Memberikan bimbingan belajar.
Memperoleh unjuk kerja siswa
Memberikan umpan balik.
Mengukur hasil belajar.
Memperkuat retensi dan transfer belajar.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan strategi pembelajaran:

SDM
Guru harus mampu mengoperasikan media yang akan digunakan

 Infrastuktur
Infrastruktur yang ada harus mendukung media yang akan digunakan

 Kebijakan
Harus ada kebijakan yang mendukung pemanfaatan media yang akan digunakan

Strategi pembelajaran meliputi :

Persiapan
Mencakup Analisis Kurikulum, analisis kebutuhan maupun desain

Pembelajaran
Metode yang digunakan secara umum adalah :

Klasikal

Metode klasikal, yaitu penggunaan media komputer dengan sebuah media tayang lebar.

Kelompok

Metode kelompok, metode ini dapat diterapkan pada kelas dengan  sejumlah kecil komputer. Sebuah komputer digunakan untuk beberapa siswa. Cara ini memungkinkan siswa untuk saling berdiskusi.

Individual

Metode individual, yaitu satu orang siswa dengan  sebuah komputer.

Metode ini dapat digunakan untuk sekolah yang memiliki banyak komputer (laboratorium).

Siswa juga dapat mengcopy software untuk digunakan di rumah sebagai bahan remedial.

Siswa dapat menggunakan media internet di luar jam sekolah, untuk menerima/kirim tugas, mencari bahan dari luar sekolah.

Evaluasi
Evaluasi diperlukan untuk mengetahui apakah strategi yang digunakan cocok atau tidak

3.         Langkah-langkah pembelajaran TIK
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekurang-kurangnya memuat tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar. Manfaat dari adanya RPP ini adalah agar pembelajaran yang terjadi di dalam kelas dapat mencapai hasil maksimal, karena segala sesuatu yang telah direncanakan terlebih dahulu akan mendapatkan hasil terbaik.

rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam Silabus. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.

(RPP dibawah)

4.         Konsep internet dan aplikasinya
Internet (interconnection networking) : jaringan komputer yang menghubungkan komputer di seluruh dunia sehingga terbentuk ruang maya jaringan komputer dimana antara satu komputer dengan komputer lain dapat saling berhubungan.

Manfaat penggunaan internet :

Media dalam mendapatkan informasi
Media untuk melakukan promosi
Media komunikasi interaktif
Media pembantu kegiatan  bisnis,pendidikan,atau perdagangan online
Fasilitas dan layanan internet :

1. Mailling list : fasilitas yang digunakan oleh sekelompok orang pengguna sbg sarana menukar informasi lewat e-mail.

2. E-mail : fasilitas untuk menerima atau mengirim pesan dalam bentuk surat elektronik.

3. IRC (internet relay chat) : fasilitas untuk berkomunikasi secara interaktif antar pengguna komputer yang saling terhubung dalam jaringan internet.

4. FTP (file transfer protocol) : fasilitas yang digunakan untuk bertukar,menyalin,dan mendapatkan file,data yang tersimpan dalam internet.

5. VOIP (voice over internet protocol) : fasilitas untuk melakukan pembicaraan telephon melalui jaringan internet.

6. Newsgroup : fasilitas untuk mendistribusikan artikel,berita,atau surat ke pemakai internet lain yg tergabung dalam kelompok tertentu.

7. HTTP (hyper text transfer protocol) : fasilitas berbasis www.

5.         Web browser
web browser disebut juga penjelajah web, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web, adapun aplikasi penjelajah web adalah opera, Home, mozilla, Internet explorer, safari, dll.

6.         Cara mencari informasi dengan efektif
Cara mencari informasi di mesin pencari sangatlah mudah, cukup kita ketikkan kata kunci yang akan kita cari, maka secara otomatis akan keluar pilihan pilihan kata terkait apa yang kita cari. Adapun mesin pencari tersebut adalah google, msn, bing, yahoo, dll.

7.         Mendownload informasi dari internet
ada beberapa cara untuk mendownload informasi dari internet, salah satunya alah dengan mengkopi lalu pastekan kelebar kerja Word, yaitu dengan jeblok terlebihdahulu artikel yang ingin di kopi, kemudian tekan Ctrl+c lalu buka lembar kerja World kemudian tekan Ctrl+v, maka otomatis artikel yang kita inginkan terdownload,, ada pula cara Save Paget as, yaitu dengan mengklik opera button pada pojok kiri atas layar, kemudian pilih Paget lalu pilih Save as, selanjutnya pilih destinasi folder tempat kita menyimpan halaman web yang ingin kita download, lalu klik Save. Selesai.

8.         Komunikasi melalui internet
Dengan layanan internet, kita dapat berkomunikasi dari satu komputer kekomputer lain, baik itu dalam wilayah lokal maupun wilayah luar daerah kita. Adapun aplikasi yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan internet adalah facebook, twitter, yahoo mail, google+, email, skype (webcam), dll.

Sumber : Galih



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel