Hubungan antara Kemajuan Ilmu Teknologi dan Tingkat Kesejahteraan Manusia


Pengertian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Ilmu pengetahuan adalah sebuah bekal yang penting bagi manusia yang ingin mencapai suatu tujuan yang diharapkannya. Ilmu pengetahuan memberikan manusia ilmu-ilmu dasar untuk melakukan sesuatu. Sedangkan teknologi adalah penerapan ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk memecahkan masalah-masalahserta untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang mungkin dihadapi. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak dapat kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu, ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan dua hal yang tak terpisahkan dalam peranannya untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Peran IPTEK untuk meningkatkan kesejahteraan manusia

  • Memberikan berbagai kemudahan terutama yang berhubungan dengan kegiatan perindustrian dan telekomunikasi. Dalam bidang perindustrian, misalnya, dahulu manusia masih menggunakan peralatan tradisional dalam membajak sawah, kini sudah menggunakan peralatan mesin. Dalam bidang telekomunikasi, manusia telah diberi kemudahan untuk berkomunikasi melalui telepon seluler.
  • Mempermudah meluasnya informasi. Pada masa dahulu, kegiatan untuk mendapatkan dan memperluas informasi masih sangat sulit dan lambat yang dikarenakan kegiatan tersebut masih dilakukan secara tradisional seperti menggunakan sepucuk surat. Namun sekarang, manusia lebih mudah untuk mendapatkan dan memperluas informasi baik melalui media cetak maupun media elektronik. 
  • Bertambahnya pengetahuan dan wawasan. Seiring dengan perkembangan iptek, peralatan elektronik seperti komputer, internet, dan handphone sudah menjadi benda yang menjamur. Di mana tidak hanya orang-orang tertentu saja yang mampu menggunakannya, bahkan anak-anak di bawah umur pun dapat menggunakannya. 
  • Penyediaan sandang, pangan, papan, serta peningkatan dalam bidang kesehatan.


Dampak Negatif dari perkembangan IPTEK

  • Mempengaruhi pola pikir seseorang. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang agresif dan penasaran serta suka dengan hal baru. Dengan berkembangnya IPTEK pada era globalisasi saat ini dapat berdampak pada pola pikir seseorang tanpa mengenal batasan usia. Terlebih lagi setiap harinya masyarakat kita di sajikan dengan berbagai siaran yang kurang bermanfaat dari berbagi media elektronik.
  • Hilangnya budaya tradisional. Perkembangan IPTEK melibatkan hilangnya budaya tradisional seperti kegiatan jual-beli yang dulunya dikenal sebagai pasar tradisional dan kini berubah menjadi pasar modern. tidak hanya itu, pergaulan anak-anak dan remaja pun sekarang sudah mengarah kepada pergaulan bebas.
  • Banyaknya berbagai kerusakan. Dengan kemajuan teknologi, Indonesia yang terkenal penuh dengan pepohonan kini penuh dengan gedung-gedung bertingkat. Akibatnya aktifitas tradisional lumpuh, hutan gundul sehingga banyak menimbulkan berbagai macam bencana seperti banjir, tanah longsor serta polusi terjadi di mana-mana. Inilah dampak yang harus di terima masyarakat kita hingga ke anak cucu.  


Dengan memperhatikan perkembangan dan kemajuan zaman dengan sendirinya pemanfaatan dan penguasaan IPTEK mutlak diperlukan untuk mencapai kesejahteraan bangsa. Selain itu pula, perkembangan IPTEK di berbagai bidang di tengah perkembangan zaman yang semakin pesat semestinya dapat meningkatkan kualitas SDM.

Sumber : Khairiahshabrina



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel