4 Jenis Handphone Pertama & Paling Bersejarah di Dunia

4 Jenis Handphone Pertama & Paling Bersejarah di Dunia


Rasanya kebutuhan akan komunikasi dan informasi telah menjadui kebutuhan utama. Berbekal penemuan high technology, membuat handphone bukanlah menjadi suatu barang mewah lagi. Berikut 4 fakta mengenai penemuan handphone pertama kalinya hadir di pasaran.

1. Motorola Dyna TAC 8000X diklaim menjadi handphone pertama di dunia.

4 Jenis Handphone Pertama & Paling Bersejarah di DuniaTIME.com
 
Motorola menjadi perusahaan pertama yang memproduksi ponsel mobile genggam. Pada tahun 1983, seorang peneliti dan eksekutif di Motorola bernama Martin Cooper menciptakan handphone pertama di dunia. Prototipe ponsel genggam itu konon memiliki berat 1,1 kilogram dan berukuran panjang 23 sentimeter.

Pada zamannya, ponsel genggam ini hanya memiliki kapasitas maksimal percakapan selama 30 menit, memerlukan waktu 10 jam untuk pengisian ulang daya baterai dan hanya mampu menyimpan 30 kontak. Untuk kisaran harga pada saat itu, diperkirakan sekitar 3.999 dolar AS atau lebih dari Rp 50 juta.

2. Handphone dengan layar sentuh pertama di dunia yakni Simon Personal Communicator.

4 Jenis Handphone Pertama & Paling Bersejarah di Duniabusinessinsider.com

Kebanyakan orang akan menilai bahwa Apple Inc ataupun Samsung adalah pelopor fitur kayar sentuh pada handphone. Memang, iPhone ataupun Samsung menjadi ponsel yang mempopulerkan pertama kali penggunaan sistem touchscreen.

Merujuk pada sejarahnya, teknologi handphone layar sentuh pertama kali di tahun 1994 silam. Jauh sebelum Apple meluncurkan iPhone. Pada tanggal 16 Agustus 1994, IBM secara resmi meluncurkan IBM Simon Personal Communicator. IBM Simon merupakan ponsel pintar dengan sistem operasi Datalight ROM-DOS yang sudah mengusung teknologi layar sentuh.
Simon sendiri merupakan produk unggulan dari IBM dan menjadi smartphone pertama yang menggabungkan fungsi telepon seluler dan PDA (Personal Data Assistant) dalam satu perangkat. Simon menjadi tipe smartphone pertama yang dibekali layar sentuh monochrome berukuran 4,5 inci dan sebuah stylus untuk mengoperasikan fitur di dalamnya. Dan telah dilengkapi dengan stylus untuk pengoperasian, serta berbagai fungsi seperti kalender, kalkulator, buku alamat, world clock,  email serta games, serta notepad.

Saat resmi dirilis pada 1992 lalu, Simon diperkirakan dijual pada harga 899 dolar AS dengan sistem kontrak atau setara dengan 1.435 dolar AS saat ini.

3. Nokia 6650 adalah handphone dual mode (GSM/WCDMA) pertama di dunia.

4 Jenis Handphone Pertama & Paling Bersejarah di Duniawikiwand.com
 
Ponsel yang memiliki kemampuan bergerak secara dual mode (GSM/WCDMA) pertama di dunia adalah Nokia 6650. Ponsel ini diluncurkan pada tanggal 26 September tahun 2002.

4. Xun Chi 138 menjadi handphone terkecil pertama di dunia.

4 Jenis Handphone Pertama & Paling Bersejarah di Duniatrendhunter.com
 
Bentuknya yang unik dan mini dengan panjang 2.64 inci (6.7 cm) dan berat kurang dari 2 ons (56.69 gram), Xun Chi 138 mungkin adalah ponsel terkecil di dunia. Meskipun terlihat seperti ponsel mainan, Xun Chi 138 telah didukung layar touch screen beresolusi 260 ribu warna, kamera 1.3MP, VGA camera dengan video recording & webcam,, photo editor, MP3 player w/EQ settings, voice recorder, memori 121 MB, multimedia messaging, WAP browser, GPRS dan lain sebagainya. Untuk pilihan warna tersedia pink/putih, biru/putih dan grey/light grey.

Xun Chi 13 memiliki keterbatasan jangkauan jaringan GSM yang hanya dapat dioperasikan di Eropa dan sebagian Asia, tidak mendukung jaringan GSM Amerika Utara.

sumber :
Dikutip dari TechShout, Xun Chi 138 diperkirakan dijual pada harga 235 dolar AS di luar biaya pengiriman



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel