Sejarah Dan Penemu Dari Bola Voli

Ini Sejarah Dan Penemu Dari Bola Voli

Bola Voli merupakan salah satu olahraga yang banyak di gemari di dunia. Bola Voli dimainkan oleh dua tim yang berlawanan dimana masing-masing team berjumlah 6 orang.
Penemu Bola Voli bernama William G. Morgan, seorang pria berkebangsaan Amerika Serikat. Dan Sejarah Bola Voli sendiri dimulai pada tahun 1895. Bola voli pada awalnya bernama Mintonette.
Daftar Isi
Profil Penemu Bola Voli

William G. Morgan dilahirkan di wilayah lockport, New York pada tahun 1870. Ia menghabiskan waktunya dengan bersekolah dan membantu ayahnya bekerja di Old Erie Canal.
Di tahun 1891, Morgan kemudian bersekolah di Mt. Hermon Preparatory School di wilayah Northfield, Massachusetts. Disini ia bertemu dan bersahabat dengan James A. Naismith yang kemudian dikenal sebagai penemu bola basket.

Naismith kagum dengan kemampuan atletik dari Morgan. Ia kemudian menyarankan Morgan untuk melanjutkan pendidikannya Young Men’s Christian Association Training School di wilayah Springfield.

Di YMCA, Morgan sempat bergabung dalam tim sepakbola kampus. Dan di tahun 1894, ia lulus dan menerima tawaran sebagai direktur fisik di Maine YMCA.
Mulainya Sejarah Permainan Bola Voli
Pada tahun berikutnya, ia menerima tawaran serupa dari Holyoke YMCA. Di Holyoke, Morgan kemudian mengembangkan program kepelatihan untuk para pria dewasa.
Program atau model kepelatihan yang dilakukan oleh Morgan banyak disukai membuat kelas kepelatihannya menjadi semakin banyak.

Disini, Morgan kemudian menyadari bahwa ia memerlukan sebuah model permainan baru yang menghibur dan tidak membuat bosan siswanya dan juga kompetitif.
Walaupun kala itu permainan bola basket sudah mulai digemari namun menurut Morgan, Bola Basket terlalu cepat untuk diajarkan kepada siswanya.

William G. Morgan kemudian mulai mengembangkan sebuah model permainan baru berdasarkan metode latihannya serta pengalamannya selama mengajar di YMCA.
Awalnya ia memikirkan model permainan seperti tenis, namun menurut Morgan, Tenis membutuhkan banyak peralatan seperti raket, jaring, bola serta peralatan tambahan lainnya.
Ia kemudian mencoba gagasan penggunaan jaring dan bola pada permainan barunya. Jaring tersebut kemudian dipasang pada ketinggian 2 meter.
Bola Voli Pertama
Untuk Bola, Morgan awalnya menggunakan Bola Basket namun menurutnya bola basket ukurannya terlalu besar dan juga berat. Ia kemudian meminta kepada perusahaan A. G. Spalding & Bros untuk membuatkan bola sesuai dengan permintaannya. Hasilnya ukuran bola tersebut cukup memuaskan untuk Morgan.
Lahirnya Permainan Bola Voli
Kemudian di tahun 1896, pada sebuah pertemuan yang dihadiri para direktur olahraga YMCA, Morgan kemudian mendemonstrasikan permainan barunya.
Pada awalnya, Morgan menamakan permainan barunya dengan nama ‘Mintonette’ yang pemainnya terdiri dari dua tim yang masing masing tim berjumlah lima orang.

Morgan menjelaskan kepada para peserta yang hadir dalam pertemuan tersebut bahwa permainan ciptaannya dapat dimainnkan di dalam maupun diluar gedung. Dimana tujuan dari permainan ciptaannya yakni menjaga bola agar dapat melewati jaring dan jatuh di dalam wilayah lawan.
Setelah demonstrasi permainan dari Morgan Selesai, seorang professor bernama Alfred T. Halstead menyarankan Morgan agar nama pemainannya diubah dari Mintonette menjadi Volley Ball atau Bola Voli.

Morgan kemudian menyetujui saran dari Professor Alfred. Ia juga menyusun aturan dari permainan Bola Voli dan memberikannya kepada para peserta yang hadir. Peraturan Bola Voli yang disusun oleh Morgan kemudian terbit pada bulan juli 1896.
Setelah lama bekerja di YMCA, Morgan kemudian mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai direktur fisik. Ia kemudian bergabung dengan General electric dan juga Westinghouse.
Meskipun begitu ia tetap menaruh perhatian pada permainan Bola Voli ciptaannya. Permainan Bola Voli kemudian berkembang dengan pesat sejak ditemukan oleh William G. Morgan.
Penghargaan William G. Morgan
William G. Morgan bahkan diundang sebagai tamu kehormatan dalam Springfield College Alumni Dinner mengingat kapasitasnya sebagai penemu dari Bola Voli.

William G. Morgan meninggal pada tanggal 28 desember 1942 di Lockport, New York, AS. Asosiasi Bola Voli Amerika kemudian memberikan penghargaan kepada William G. Morgan dalam Volleyball Hall of Fame di Massachusetts, Amerika Serikat pada tahun 1985.

sumber : buku sejarah olahraga dunia hal 106




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel