Molekul Unsur dan Molekul Senyawa

Molekul Unsur dan Molekul Senyawa

Kalian tentu sudah pernah mendengar istilah unsur dan senyawa bukan? Kamu telah mempelajarinya sewaktu kelas 7. Nah, sekarang adakah diantara kalian yang sudah pernah mendengar tentang molekul?Molekul adalah suatu agregat (kumpulan) yang terdiri dari sedikitnya dua atom dalam susunan tertentu yang terikat bersama oleh ikatan kimia. Suatu molekul dapat mengandung atom-atom dari unsur yang sama atau atom-atom dari dua atau lebih unsur yang bergabung dalam perbandingan tertentu. Sebelumnya kamu telah mengetahui apa itu unsur dan apa itu senyawa, bukan? Sekarang coba ingat kembali pengertian unsur dan senyawa, kemudian hubungkan dengan pengertian molekul yang baru saja dibahas. Dapatkah kamu menyimpulkan pengertian dari molekul unsur dan molekul senyawa?

Hasil gambar untuk molekul dan unsur molekul senyawa biologi

Molekul unsur adalah kumpulan atom-atom yang berasal dari unsur yang sama, sedangkan molekul senyawa adalah kumpulan atom-atom yang berasal dari dua atau lebih unsur. Nah, contoh molekul unsur pada proses respirasi adalah gas oksigen dengan rumus molekul O2, sedangkan contoh dari molekul senyawa yakni gas karbon dioksida dengan rumus molekul CO2serta air (H2O). Contoh lain dari molekul unsur yakni hidrogen (H2), nitrogen (N2), molekul dari unsur-unsur golongan 7A, serta ozon (O3); sedangkan contoh lain dari molekul senyawa yakni karbon monoksida (CO), hidrogen klorida (HCl), dan amonia dengan rumus molekul NH3.


Jadi, suatu molekul tidak harus berupa senyawa, yang, berdasarkan definisi, terbentuk dari dua atau lebih unsur. Misalnya, gas hidrogen adalah suatu unsur murni, tetapi terdiri atas molekul-molekul yang masing-masingnya terbentuk dari dua atom H. Sebaliknya, air adalah senyawa melekular yang mengandung hydrogen dan oksigen dengan perbandingan dua atom H dan satu atom O. Seperti halnya atom, molekul tidak bermuatan listrik (netral).

Proses respirasi melibatkan molekul unsur dan molekul senyawa, dapat dituliskan dalam persamaan reaksi kimia sebagai berikut



Persamaan reaksi kimia diatas menunjukkan bahwa proses respirasi yang terjadi didalam sel seperti yang telah disebutkan pada bagian mekanisme pernapasan, menggunakan oksigen untuk menguraikan glukosa yang didapat dari asupan makanan (karbohidrat) menjadi air, karbon dioksida, serta energi yang dapat digunakan tubuh untuk melakukan aktivitas. Ditinjau dari rumus molekulnya, maka dapat disimpulkan bahwa molekul unsur dalam proses respirasi adalah oksigen, dan molekul senyawa dalam proses respirasi adalah glukosa, air, dan karbon dioksida.

Gambar molekul air:




Gambar molekul oksigen


Gambar molekul karbon dioksida


Sumber Materi:
Chang, Raymond. 2005. Kimia Dasar: Konsep-konsep Inti Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Damin Sumardjo. 2009. Pengantar Kimia: Buku Panduan Kuliah Mahasiswa Kedokteran dan Program Strata I Fakultas Bioeksakta. Jakarta: EGC.
James, Joyce, Colin Baker dan Helen Swain. 2008. Prinsip-prinsip Sains untuk Keperawatan. Jakarta: Erlangga.



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel