Bunyi Hukum Coulomb Terlengkap

Bunyi Hukum Coulomb

Bunyi Hukum Coulomb. Hukum coulomb adalah hukum yang berkenaan dengan gaya tarik menarik dan tolak menolak yang terjadi pada benda yang bermuatan listrik. Hukum Coulomb dicetuskan oleh Charles Agustin de Coulomb, seorang fisikawan berkebangsaan Perancis pada tahun 1785. Oleh karena itu hukum tersebut di berinama sesuai dengan namabelakang Charles, yaitu coulomb.   Hukum coulomb di hasilkan dari penelitian yang dilakukan oleh Charles yang ketika beliau sedang mengamati dan meneliti hubungan gaya listrik dengan dua muatan dan jarak keduanya dengan menggunakan sebuah neraca Putir

Bunyi Hukum Coulomb

Hukum Coulomb berbunyi:

Besar gaya tarik-menarik atau tolak menolak antara dua benda bermuatan listrik adalah sebanding  dengan besarnya masing-masing muatan dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda tersebut”.

Gaya tarik-menarik dan gaya tolak menolak antara dua muatan listrik disebut sebagai Gaya Coulomb(Fc). Ada dua kemungkinan gaya berlaku dari hukum coulomb, yaitu gaya tarik menarik dan gaya tolak menolak. Besar Gaya Coulomb yang timbul pada suatu benda bermuatan listrik tergantung Pada :

Besar masing-masing muatan (Q1 dan Q2)

Kuadrat jarak antara dua muatan masing masing (rxr)

Sumber: bukufisika




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel