Pengertian Seni Berdasarkan Visual Terlengkap

Pengertian Seni dan Seni Rupa

Kata "seni" adalah sebuah kata yang semua orang di pastikan mengenalnya, walaupun dengan kadar pemahaman yang berbeda. Menurut sejarah kata seni berasal dari kata "SANI" yang kurang lebih artinya "Jiwa Yang Luhur/ Ketulusan jiwa" atau juga dapat diartikan dengan keberangkatan orang/ seniman saat akan membuat karya seni.
Namun menurut kajian ilmu di Eropa mengatakan "ART" (art visual) yang artinya kurang lebih adalah barang/ atau karya dari sebuah kegiatan. Namun kita tidak usah mempersoalkan makna ini, karena kenyataannya kalau kita memperdebatkan makna yang seperti ini akan semakin memperkeruh suasana kesenian, biarlah orang memilih yang sesuai dengan pemahaman mereka masing-masing.
Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

 
Pengertian Seni berdasarkan visual/penampakan rupa
Seni rupa atau seni yang tampak adalah salah satu bentuk kesenian visual atau tampak ada yang tidak hanya bisa di serap oleh indera penglihatan, tetapi juga bisa oleh indera peraba, maksudnya adalah teksturnya dapat di rasakan, misalnya kasar, halus, lunak, keras, lembut, dsb. Namun tidak menutup kemungkinan tekstur ini adalah tekstur maya (ada namun tidak nyata) atau tekstur ini seolah-olah ada yang di karenakan mata kita dikelabui oleh sesuatu yang tampak, misalnya sebuah foto kayu: di foto kayu tersebut seolah-olah kita melihat adanya tekstur namun kenyataannya tekstur itu tidak ada jika kita merabanya.
Seni tampak/seni rupa adalah sebuah titik kulminasi atau titik puncak dari kecakapan tekhnis, daya imajinasi, kepekaan rasa dan intelektualitas untuk melahirkan ekspresi kreatif yang artistik yang merupakan prosedur dalam menciptakan atau memindahkan obyek-obyek tertentu yang mampu membentuk susunan daya rangsang bagi pengalaman estetik seseorang.
Ada dua pemakaian istilah yang mencoba memberi makna seni tampak :
1.     Seni tampak dalam pengertian dahulu kala, menyatakan seni tampak       identik dengan seni lukis dan seni patung.
2.     Dalam pendidikan akademik masih menggunakan seni rupa karena belum di sepakati adanya proses penghilangan sekat antara cabang- cabang seni. Untuk lebih jelas bisa dilihat di buku diktat seni rupa atau buku - buku yang berkaitan dengan hal seni rupa. Dalam pendidikan akademik menyatakan seni rupa terdiri dari : seni lukis, patung, grafis, kriya, komunikasi visual, desain produk, desain interior- eksterior, dan fotografi, instalasi, dll.
Ditinjau dari bentuknya seni tampak dapat dibedakan menjadi 3 macam, yakni:

1.     Seni tampak dua dimensi (2D)
Karyanya hanya dapat di lihat dari depan saja/ hanya mempunyai panjang dan lebar/datar atau lengkung.
2.     Seni tampak tiga dimensi (3D)
Karyanya bisa di nikmati dari segala arah (kanan, kiri, depan, belakang, atas, atau bawah. Sifatnya mempunyai volume dan massa.
3.     Seni tampak empat dimensi (4D)
Karyanya hanya dapat di lihat pada layar monitor komputer yang sudah dihubungkan dengan internet. Kenapa di sini juga menyebutnya karya 4 dimensi, hal ini disebabkan karena karya ini sudah bisa lepas dari batas ruang dan waktu. Artinya dimanapun kamu berada / kapanpun kamu dapat melihat karya itu asalkan kamu mengunakan sarana internet dan masuk pada situs yang menyajikan karya itu. Dan satu syarat lagi kamu hanya dapat melihat karya yang sama jika karya tersebut masih di pamerkan pada sebuah galeri yang ada di situs.

Sumber : http://reza-rahmat.blogspot.co.id/2012/06/pengertian-seni-dan-seni-rupa.html?m=1




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel