Pengertian Psikologi Secara Umum dan Kedudukan Psikologi Perkembangan

Pengertian Psikologi Secara Umum dan Kedudukan Psikologi Perkembangan
Psikologi terdiri dari dua kataYunani, yaitu psyche yang berarti jiwa dan logosyang berarti ilmu. Jadi secara harfiah psikologi berarti ilmu tentang jiwa atau ilmu jiwa (Dalyonc: 1997). Akan tetapi pengertian definitifnya, terdapat perbedaan di kalangan para ahli psikologi yang akan diuraikan sebagai berikut.
a. Woodwort dan Marquis (1947) mendefinisikan psikologi sebagai suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari aktivitas individu dari sejak masih dalam kandungan sampai meninggal dunia dalam hubungan dengan alam sekitar.
b. Jhon Bbroadus Watton (1832-1920) berpendapat bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku lahiriah dengan menggunakan metode observasi yang objektif seperti rangsangan (stimulus) dan respons (jawaban) terhadap rangsangan-rangsangan, bukannya mempelajari tentang kesadaran.
c. William Wundt: Psikologi adalah ilmu tentang kesadaran manusia (the science of human consciousness).
Akibat berbagai definisi psikologi berbeda satu sama lain misalnya:
a. Psikologi adalah ilmu mengenai kehidupan mental (the science of mental life).
b. Psikologi adalah ilmu mengenai pikiran (the science of mind).
c. Psikologi adalah ilmu mengenai tingkah laku (the science of behavior).
Dari berbagai pengertian di atas psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang berusaha memahami bagaimana berpikir dan berperasaan.


2. Pengertian Dan Kedudukan Psikologi Perkembangan
1. Pengertian Psikologi Perkembangan
Psikologi perkembangan merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang pertumbuhan dan perkembangan jiwa manusia baik dari prenatal maupun sudah lanjut usia.
Psikologi perkembangan, yaitu psikologi yang membicarakan perkembangan psikis manusia dari masa bayi sampai tua yang mencakup :
1. Psikologi Anak (mencakup masa bayi)
2. Psikologi Puber dan Addolesensi (psikologi pemuda)
3. Psikologi Orang Dewasa
4. Psikologi Orang Tua


2. Kedudukan Psikologi Perkembangan
Kedudukan psikologi perkembangan merupakan psikologi khusus, karena lapangan penyelidikannya terkhusus pada perkembangan yang ada pada manusia. Sehingga psikologi perkembangan dapat dikategorikan sebagai bagian dari ilmu psikologi.



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel