Sejarah Perkembangan Islam Di Bosnia Dan Herzegovina.

Sejarah Perkembangan Islam Di Bosnia Dan Herzegovina.


Pejalan kaki berjalan dengan Masjid Kaisar dibangun pada jaman Ottoman, masjid tertua di Sarajevo, ibukota dan kota terbesar Bosnia dan Herzegovina.
Muslim di Bosnia dan Herzegovina adalah sedikit di bawah dua juta dalam jumlah dan merupakan 40 persen dari penduduk negara itu (2002 perkiraan) [1] [2]. Para Bosnia yang modern, sering disebut sebagai Muslim Bosnia, turun dari speaker Slavia yang dikonversi ke Islam di abad 15 dan 16. Bosnia adalah Muslim Sunni sangat. Agama dipraktekkan pada tingkat non-intens dan relatif rendah di Bosnia secara umum, baik antar Muslim dan di antara kelompok-kelompok agama lain [1] Kelompok-kelompok agama lainnya adalah Gereja Ortodoks Serbia 31 persen, Gereja Katolik Roma 15 persen, Protestan. 4 persen, dan lain-lain 10 persen. [3]
Isi

• 1 Era Usmani
• 2 Sekularisme
• 3 perang Bosnia
• 4 Peningkatan identifikasi keagamaan
• 5 Status Kebebasan Beragama

Era ustmani
Islam dibawa ke daerah ini oleh Dinasti Utsmani. Turki menguasai sebagian besar Bosnia pada 1463, dan menyita Herzegovina di 1480s tersebut. Di abad setelah invasi, sejumlah besar Slavia Selatan dan dualis Bosnia [4] memeluk Islam oleh Ottoman. Bosnia dan Herzegovina tetap provinsi Kekaisaran Ottoman sampai 1878 Kongres Berlin memberikan kontrol sementara daerah ke Austria-Hongaria. Pada tahun 1908, Austria-Hungaria secara resmi menganeksasi wilayah itu.
Bosnia, bersama dengan Albania, adalah hanya bagian Ottoman Eropa di mana sejumlah besar orang Kristen masuk Islam.
Di bawah pemerintahan Otooman, banyak dari apa yang digunakan untuk menjadi pusat, timur, dan selatan Yugoslavia mengambil karakter jelas Islam.
Untuk beberapa Bosnia yang mengidentifikasi diri mereka sebagai Muslim Bosnia, agama sering berfungsi sebagai pengenal komunitas, dan praktek keagamaan hanya terbatas pada kunjungan sesekali ke masjid atau ritus yang signifikan dari bagian seperti kelahiran, perkawinan kematian, dan. Meskipun ada sejumlah signifikan Bosnia yang mempraktekkan iman mereka untuk berbagai tingkat, untuk orang lain, identitas ini cenderung menjadi sekuler dan didasarkan terutama pada tradisi leluhur dan loyalitas etnis. Bosnia juga memiliki reputasi sebagai "liberal" Muslim. Jilbab bagi perempuan, populer di Timur Tengah negara-negara, yang dipakai hanya oleh minoritas perempuan muslim Bosnia, dan sebaliknya sebagian besar untuk kewajiban-kewajiban agama.
Bosnia yang berpartisipasi dalam atau anak-anak dari etnis perkawinan campuran antara Serbia, Kroasia dan Bosnia populasi di Bosnia dan Herzegovina biasanya tidak religius. Beberapa Bosnia Bosnia warisan yang telah mengidentifikasi diri mereka sebagai kemungkinan Bosnia lebih dari yang lain warisan mereka etno-religius.
perang Bosnia
Genosida selama perang 1992-1995 disebabkan migrasi internal, yang hampir sepenuhnya dipisahkan populasi menjadi terpisah etno-religius daerah. Peningkatan tingkat pengembalian pada tahun 2001-2002 melambat pada tahun 2003-2004, meninggalkan mayoritas penganut Ortodoks Serbia yang tinggal di Republika Srpska dan mayoritas Muslim dan Katolik masih tinggal di Federasi Bosnia dan Herzegovina. Dalam Federasi, yang berbeda daerah mayoritas Muslim dan Katolik tetap. Namun, kembalinya pengikut Ortodoks Serbia dan Muslim ke rumah mereka di Barat sebelum perang Bosnia Canton dan Muslim ke rumah mereka sebelum perang di Bosnia timur dekat Srebrenica telah bergeser komposisi etno-religius di kedua daerah.
Sepanjang Bosnia, masjid dihancurkan oleh pasukan bersenjata dari kelompok etnis utama Kristen. Di antara kerugian paling penting adalah dua masjid di Banja Luka, Arnaudija dan Ferhadija masjid, yang pada Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO) daftar monumen budaya dunia.

Masjid di Bosanska Dubica
identifikasi keagamaan Peningkatan
Para pemimpin agama dari tiga agama besar mengklaim bahwa ketaatan meningkat antara orang-orang muda sebagai ekspresi identifikasi meningkat dengan warisan etnis mereka, sebagian besar karena kebangkitan agama nasional yang terjadi sebagai akibat dari perang Bosnia [5]. Banyak Muslim perempuan telah mengadopsi gaya pakaian Islam yang belum umum, terutama di kota-kota, sebelum perang. Para pemimpin dari tiga komunitas agama utama mengamati bahwa mereka menikmati dukungan yang lebih besar dari orang percaya mereka di daerah pedesaan Bosnia dan Herzegovina daripada pusat-pusat perkotaan seperti Sarajevo modal atau Banja Luka. [5]
Di Bosnia dan Herzegovina, ada delapan Mufti terletak di kota utama di seluruh negeri - Sarajevo, Bihac, Travnik, Tuzla, Goražde, Zenica, Mostar, dan Banja Luka. Kepala Komunitas Islam di Bosnia dan Herzegovina Mustafa Ceric.
Kegiatan misionaris terbatas namun tumbuh dan termasuk sejumlah kecil perwakilan dari organisasi berikut, beberapa di antaranya memiliki kantor pusat mereka untuk wilayah di Zagreb atau kota lain Eropa di luar negeri: Advent Hari Ketujuh, Saksi Yehova, Gereja Methodis , Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir (Mormon), dan Kesadaran Krishna.

Status Kebebasan Beragama
Konstitusi Negara memberikan kebebasan beragama, dan individu umumnya menikmati hak ini di daerah-daerah etnis campuran atau di daerah di mana mereka penganut agama mayoritas.
Pendidikan agama di Bosnia dan Herzegovina sebagian besar desentralisasi, seperti sistem pendidikan pada umumnya. Pemerintah kanton dan entitas dan Brcko Distrik berwenang memiliki tanggung jawab untuk pendidikan, tidak ada kementerian pendidikan nasional atau kebijakan. Sekolah umum menawarkan kelas pendidikan agama, tetapi dengan pengecualian Brcko, sekolah umumnya menawarkan pelajaran agama hanya di agama mayoritas di daerah itu. Secara teori, siswa memiliki pilihan untuk tidak hadir, tetapi dalam prakteknya, siswa dari tekanan mayoritas wajah agama dari guru dan rekan-rekan untuk menghadiri kelas. Sebagai contoh, RS membutuhkan Serbia untuk menghadiri pelajaran agama tetapi tidak memerlukan kehadiran untuk Bosnia dan Kroasia. Jika lebih dari 20 Bosnia atau Kroasia menghadiri sekolah tertentu di RS, sekolah diperlukan untuk mengatur kelas agama atas nama mereka. Namun, di RS pedesaan, biasanya tidak ada perwakilan keagamaan tersedia untuk mengajar studi agama kepada beberapa mahasiswa Bosnia atau Kroasia. Hal ini mirip dengan Federasi, dimana siswa dari etnis mayoritas diwajibkan untuk menghadiri kelas-kelas agama, Bosnia atau Kroasia baik, sedangkan minoritas tidak diperlukan untuk hadir. Dalam lima kanton-kanton Federasi Bosnia dengan mayoritas, sekolah menawarkan pelajaran agama Islam sebagai kursus elektif 2 jam per minggu.
Kisah anti-Semitisme terhadap komunitas kecil Yahudi di negara itu secara signifikan lebih sering daripada di bagian lain Eropa. Namun, Yahudi pemimpin negara bahwa ada kecenderungan yang berkembang di negara itu untuk mencampur sentimen anti-Israel dengan tindakan langka anti-Semitisme, masyarakat umum dan media sering gagal untuk membedakan antara kritik terhadap kebijakan Israel dan anti-Semit retorika. Setelah Bom Istanbul 2003, komunitas Yahudi itu cepat diberikan keamanan polisi di rumah-rumah ibadat dan tidak ada insiden yang dilaporkan.


HASIL PENERJEMAHAN

Nama                                      :AHMAD WILDAN FIRMAN SYAHR

Kelas                                      :XI AGAMA 2 / 04

Pengarang kitab tafsir     :AL BAIDLOWI

Surat                                      :AL FATIHAH

Ayat                                        :AYAT 5

HASIL PENERJEMAHAN

(BAHASA INDONESIA)

TAFSIRAN ASLI

(BAHASA ARAB)

BNYI SURAT

{Waspadalah ibadah dan Anda kami menggunakan} dan dia mengatakan bahwa kualitas nyata untuk pujian, menggambarkan tulang ditandai dari diri lain dan kali bendera terpasang tertentu Khotab tertentu sehingga, setiap hai ini akan N_khask ibadah dan penggunaan, untuk lebih menunjukkan yurisdiksi, dan untuk kemajuan bukti untuk mata dan transisi dari saksi alibi, seakan informasi telah menjadi visual dan wajar penampil, fitnah keberadaan, ia membangun pembicaraan pertama pada apa Prinsip yang mengetahui acara dari pemikiran, laki-laki dan meditasi dalam nama-Nya dan mempertimbangkan berkat-berkat dan Besnaúah penalaran akan besar dan otoritas brilian, kemudian berbalik untuk apa yang sangat memerintahkan dia adalah bahwa menjalankan jurang akses dan menjadi salah satu orang yang melihat Anajia dahi kami visual dan verbal.
Membuat kita kedatangan ke mata tanpa dampak dari pendengar. Hal ini biasanya kecanggihan Arab untuk berbicara dan untuk meninggalkan metode untuk yang terakhir melumasi dan mengaktifkan pendengar, dapat membaca pidato untuk fitnah, dan gosip untuk berbicara dan sebaliknya, artinya: bahkan jika Anda berada di astronomi, dan Green, mengatakan mereka} dan: Tuhan yang mengirimkan angin yang menggerakkan awan membentuk bagian tegang Amrye} dan berkata Qais:
Mempengaruhi Lilac Balathmd ... Nam dan sel tidak berbohong
Hal ini sekarang menjadi malamnya ... Sebuah tumpul Alaaúr Alermd
Dan berita itu datang kepada saya ... Dan pengalaman dari Abu hitam ... Apapun hati nurani pemisahan didirikan, dan Z berikutnya, Kef dan karakter gangguan meningkat berbicara dan untuk menunjukkan pidato dan fitnah tidak punya tempat untuk mengekspresikan, Kalta di dalam kamu dan di Eroatk CAF. Hebron mengatakan: Ea ditambahkan ke dalamnya, dan memprotes diriwayatkan oleh beberapa orang Arab, jika seorang pria mencapai enam puluh Vaaah dan mencemari Ea, seorang gay tidak mendukung itu. Dikatakan bahwa hati nurani, dan apa pun itu adalah Walikota faktor yang tidak dapat dipisahkan dari pidato tunggal aneksasi ke Ea untuk mengendarai sepeda itu, dan dikatakan nurani yang total. Dan telah dibaca {} Jangan Hamzah terbuka dan «Hiak» E. hatinya.
Dan ibadah: kerendahan hati paling maksimum dan kerendahan hati dan dari jalan beraspal dari setiap jinak, dan gaun dengan seorang budak jika berada dalam yang sangat berani, dan karena itu tidak digunakan hanya tunduk pada Allah SWT.
Dan penggunaan: permintaan bantuan: baik perlu atau tidak perlu dan perlu yang bertindak tidak datang tanpa Kaqtdar aktor dan visinya untuk mesin dan bahan untuk melakukan dengan di mana dan kapan mereka bertemu seorang pria digambarkan sebagai mungkin untuk biaya sebenarnya sudah. Dan koleksi yang tidak perlu difasilitasi oleh bertindak dan memfasilitasi Kalrahalh untuk melakukan perjalanan ke tidak bisa berjalan, atau sekitar pelaku untuk bertindak dan mendesak dia, dan bagian ini tidak tergantung pada kesehatan komisioning dan ingin meminta bantuan dalam tugas seluruh, atau dalam kinerja ibadah, anak nurani lahir di Entah pembaca dan nya pasukan penjaga perdamaian, dan kelompok doa saya sekarang. Atau dia dan sisa Muwahidun. Termasuk ibadah dalam ibadah Tdaiv dan kebutuhan pencampuran mereka perlu mungkin menerima Berktha dan menjawabnya dan ini mulai kelompok dan memberikan efek untuk memaksimalkan kepentingan dan arti pada, beberapa karena itu, Ibnu Abbas, semoga Allah senang dengan mereka (berarti menyembah Anda tidak menyembah orang lain) dan apa yang disajikan dalam kehadiran dan alarm yang Abed harus pandangan untuk berhala pertama dan pada khususnya, dan dari sana untuk menyembah, tidak seperti mereka memuja itu membuat, tapi dari mana ia adalah proporsi yang jujur ​​kepadanya dan link ke Sunni antara dia dan kanan, maka berpengetahuan tetapi tepat pada saat kedatangan jika Anda mengambil dalam sebuah catatan kepada Pdt Yerusalem dan absen dari segala sesuatu yang lain, sehingga dia tidak memperhatikan sama keadaan kondisi mereka hanya dalam bahwa mereka mencatat dan berafiliasi untuk itu, dan karena itu lebih suka mengatakan apa yang Allah Habiba ketika ia berkata:

{ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ } ثم إنه لما ذكر الحقيق بالحمد ، ووصف بصفات عظام تميز بها عن سائر الذوات وتعلق العلم بمعلوم معين خوطب بذلك ، أي : يا من هذا شأنه نخصك بالعبادة والاستعانة ، ليكون أدل على الاختصاص ، وللترقي من البرهان إلى العيان والانتقال من الغيبة إلى الشهود ، فكأن المعلوم صار عياناً والمعقول مشاهداً والغيبة حضوراً ، بنى أول الكلام على ما هو مبادي حال العارف من الذكر والفكر والتأمل في أسمائه والنظر في آلائه والاستدلال بصنائعه على عظيم شأنه وباهر سلطانه ، ثم قفى بما هو منتهى أمره وهو أن يخوض لجة الوصول ويصير من أهل المشاهدة فيراه عياناً ويناجيه شفاهاً .

اللهم اجعلنا من الواصلين للعين دون السامعين للأثر . ومن عادة العرب التفنن في الكلام والعدول من أسلوب إلى آخر تطرية له وتنشيطاً للسامع ، فيعدل من الخطاب إلى الغيبة ، ومن الغيبة إلى التكلم وبالعكس ، كقوله تعالى : { حتى إِذَا كُنتُمْ فِى الفلك وَجَرَيْنَ بِهِم } وقوله : { والله الذى أَرْسَلَ الرياح فَتُثِيرُ سحابا فَسُقْنَاهُ } وقول امرىء القيس :

تطاوَلَ ليلُكَ بالإِثمدِ ... ونامَ الخليُّ ولم تَرْقُدِ

وباتَ وباتَتْ له ليلة ... كَلَيْلَةِ ذي العائرِ الأرْمَدِ

وَذَلِكَ منْ نَبَأ جاءني ... وَخبرْتهُ عَن أَبي الأَسْودِ ...وإيا ضمير منصوب من فصل ، وما يلحقه من الياء والكاف والهاء حروف زيدت لبيان التكلم والخطاب والغيبة لا محل لها من الإعراب ، كالتاء في أنتَ والكاف في أرأيتك . وقال الخليل : إيا مضاف إليها ، واحتج بما حكاه عن بعض العرب إذا بلغ الرجل الستين فإياه وإيا الشواب ، وهو شاذ لا يعتمد عليه . وقيل : هي الضمائر ، وإيا عمدة فإنها لما فصلت عن العوامل تعذر النطق بها مفردة فضم إليها إيا لتستقل به ، وقيل : الضمير هو المجموع . وقرىء { إِيَّاكَ } بفتح الهمزة و «هياك» بقلبها هاء .

والعبادة : أقصى غاية الخضوع والتذلل ومنه طريق معبَّد أي مذلل ، وثوب ذو عبدة إذا كان في غاية الصفاقة ، ولذلك لا تستعمل إلا في الخضوع لله تعالى .

والاستعانة : طلب المعونة وهي : إما ضرورية ، أو غير ضرورية والضرورية ما لا يتأتى الفعل دونه كاقتدار الفاعل وتصوره وحصول آلة ومادة يفعل بها فيها وعند استجماعها يوصف الرجل بالاستطاعة ويصح أن يكلف بالفعل . وغير الضرورية تحصيل ما يتيسر به الفعل ويسهل كالراحلة في السفر للقادر على المشي ، أو يقرب الفاعل إلى الفعل ويحثه عليه ، وهذا القسم لا يتوقف عليه صحة التكليف والمراد طلب المعونة في المهمات كلها ، أو في أداء العبادات ، والضمير المستكن في الفعلين للقارىء ومن معه من الحفظة ، وحاضري صلاة الجماعة . أو له ولسائر الموحدين . أدرج عبادته في تضاعيف عبادتهم وخلط حاجته بحاجتهم لعلها تقبل ببركتها ويجاب إليها ولهذا شرعت الجماعة وقدم المفعول للتعظيم والاهتمام به والدلالة على الحصر ولذلك قال ابن عباس رضي الله عنهما ( معناه نعبدك ولا نعبد غيرك ) وتقديم ما هو مقدم في الوجود والتنبيه على أن العابد ينبغي أن يكون نظره إلى المعبود أولاً وبالذات ، ومنه إلى العبادة لا من حيث إنها عبادة صدرت عنه بل من حيث إنها نسبة شريفة إليه ووصلة سنية بينه وبين الحق ، فإن العارف إنما يحق وصوله إذا استغرق في ملاحظة جناب القدس وغاب عما عداه ، حتى إنه لا يلاحظ نفسه ولا حالا من أحوالها إلا من حيث إنها ملاحظة له ومنتسبة إليه ، ولذلك فضل ما حكى الله عن حبيبه حين قال :

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ (5)

Source: ahmadwildan




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel